Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unik Tentang Makanan India yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
24 Maret 2017 | 1 Komentar

Salah satu makanan asing yang sekarang bisa dengan mudah kamu jumpai di Indonesia adalah makanan India. Makanan India memiliki citarasa yang unik dan berbeda sehingga tak sama dengan makanan asing lainnya. Makanan India yang memiliki pengaruh dari Timur Tengah membuatnya kaya akan rempah-rempah. Dalam setiap makanannya, ada lebih dari lima rempah-rempah yang digunakan sehingga memasak makanan India bukanlah hal yang mudah. Buat kamu yang sering menyantap makanan dari negara Bollywood ini, tentunya kamu harus tahu beberapa fakta unik tentang makanan India. Yuk, langsung lihat!

 


Sumber: pergikuliner.com


1. Makan Pakai Tangan Kanan

Selain Indonesia, India juga lebih suka menyantap makanan dengan menggunakan tangan. Tangan yang digunakan tentunya harus dicuci bersih terlebih dahulu dan harus menggunakan tangan kanan. Jika di Indonesia makan dengan tangan lebih nikmat rasanya jika beramai-ramai dengan menggunakan alas daun pisang, di India mereka tidak membolehkan berbagi makanan alias makan beramai-ramai dalam satu wadah karena takut makanan mereka terkontaminasi.

 

2. Makan Tiga Kali Sehari

Makan tiga kali sehari mungkin terdengar biasa dan tidak ada unik-uniknya sama sekali. Tapi bagaimana jika makan tiga kali sehari dengan porsi besar layaknya makan besar? Bagi kebanyakan orang, menyantap sarapan adalah seperlunya, makan siang dengan porsi cukup besar, dan makan malam dengan porsi setengahnya dari makan siang. Hal ini tidak berlaku loh di India. Mereka selalu menyantap makanan dengan porsi besar dan karbohidrat yang banyak saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

 

3. Tradisi Mengunyah Sirih

Meski masyarakat India makan tiga kali sehari dengan porsi makan yang cukup banyak, tapi kenapa mereka jarang ada yang memiliki tubuh gemuk ya? Ternyata setelah selesai makan, masyarakat India mengunyah daun sirih atau paan yang dipercaya dapat memperlancar pencernaan. Daun sirih ini diberikan olesan yang terbuat dari campuran kapulaga, jinten hitam, gula, dan kelapa parut.


4. Suka Makanan Manis

Masyarakat India tak jauh berbeda dengan masyakarat Jawa yang yang juga suka makanan dengan citarasa yang manis. Oleh karena itu, ada banyak sekali makanan India yang bercitarasa manis seperti Kulfi yang merupakan es krim khas India dengan campuran kacang pistachio, mangga, dan daun mint. Lalu ada kheer yang merupakan sejenis rice pudding, dan jalebis, yaitu kue yang bentuknya menyerupai pretzel yang digoreng dan dicelupkan ke dalam sirup saffron. Jadi buat kamu yang tak suka makanan manis, jangan lupa untuk memesan air putih saat kamu makan makanan India ya!

 

5. Teh dan Kopi Manis

Tak hanya makanan manis yang disukai masyarakat India, tapi juga minuman manis. Mereka tak tanggung-tanggung untuk menyendokkan gula ke dalam teh dan kopi mereka sehingga citarasanya jadi sangat manis. Terkadang mereka bahkan menambahkan madu atau susu kental manis. Satu lagi yang unik, kedua minuman ini pun seolah tak terpisahkan karena biasanya masyarakat India selalu memesan teh dan kopi sekaligus.

 

6. Penggunaan Madu

Terakhir adalah penggunaan madu yang melebihi peggunaan gula di India. Sebelum Portugis memperkenalkan gula ke India, negara ini hanya menggunakan madu dan buah-buahan sebagai pemanis alami pada makanan. Hal ini membuat citarasa makanan India terasa lebih berbeda karena mereka lebih banyak menggunakan madu sebagai pengganti gula dan penyedap buatan.


Itulah fakta seputar masakan India yang harus kamu tahu. Jadi pingin makan masakan India? Nggak perlu jauh-jauh ke India ya, cukup cek restoran dengan menu masakan India yang telah tim Pergi Kuliner rekomendasikan di bawah ini!

Kinara

Cafe dengan interior yang terkesan kental nuansa India / Middle East ini sudah buka lebih dari 10 tahun yang lalu. Wah lama juga ya!

Foto Kinara
Foto Kinara
Foto Kinara

Taj Mahal

Don't judge a book by its cover! Dari luar keliatannya kecil, dalemnya juga suasananya kurang oke, but when it comes to the food, EXTRAORDINARY!

Foto Taj Mahal
Foto Taj Mahal

Taal

Satu2nya makanan India di Benton yang gada matinya!

Foto Taal
Foto Taal
Foto Taal

Go! Curry

Curry yang bikin kangen..

Foto Go! Curry
Foto Go! Curry
Foto Go! Curry

Queen's Tandoor

Really really love Indian food!! And i claimed this place is the best for Indian food in Jakarta heheehe.

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

Mau tau lebih banyak lagi restoran India yang ada di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com ya! Jangan lupa untuk tulis review pengalaman unik kamu ketika makan masakan India. Atau kamu punya rekomendasi restoran India favorit kamu? Bisa info ke kita lho!


Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Masakan India sangat menarik untuk dinikmati
elokb14@gmail.com | 22 Apr 2017 pk. 07:27 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?