Fakta Unik Tentang Mustard yang Aslinya Ternyata Bukan Berwarna Kuning

3 Maret 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sangat gemar menyantap aneka kuliner barat? Bagi pecinta kuliner barat pastinya sudah tidak asing lagi dengan mustard, saus yang berwarna kuning dan sering mendampingi mayonaise dan saus tomat serta saus sambal dalam kuliner cepat saji seperti hotdog, burger, hingga pizza. Selain itu, mustard juga sering dijumpai pada sajian salad karena sering dijadikan paduan pada salad dressing. Berbicara tentang mustard, meski terkenal di Amerika, tapi tidak ada yang tahu apakah mustard ini benar-benar asli dari sana atau bukan. Keberadaan mustard ini memang sangat populer, tak hanya di Amerika saja, tetapi juga di luar negeri. Cita rasanya yang pedas dengan tampilan warna kuning cerah bisa mempercantik tampilan masakan dan juga memperkaya cita rasanya. Berbicara tentang mustard, tahukah kamu kalau ada beberapa fakta unik dari mustard yang perlu kita tahu, yaitu:



Sumber : Leitesculinaria.com 


Berbentuk Biji

Menurutmu, mustard awalnya terbuat dari apa? Mustard berasal dari biji sebuah tanaman bunga yang nantinya akan dikeringkan lalu dihaluskan dan dimasak. Biji mustard ini bentuknya sangat kecil dan mirip sekali dengan biji wijen. Hanya saja bentuknya lebih bulat dan kecil. Warnanya cokelat kehitaman dengan aroma yang tidak terlalu menyengat.

 

Masih Kerabat dengan Sawi dan Brokoli

Tahukah kamu kalau tanaman biji mustard ini ternyata masih satu golongan dengan brokoli dan sawi? Tanaman penghasil biji mustard adalah sesawi yang masuk dalam golongan yang sama atau berkerabat dengan sawi, kembang kol, kubis,serta lobak. Daun dari tanaman mustard biasa digunakan untuk campuran salad karena cita rasanya yang agak manis dengan tekstur garing dan renyah.

 

Warna Kuning Bukanlah Warna Asli Mustard

Selama ini kita mengenal kalau mustard sangat identik dengan warna kuning. Tapi nyatanya, warna asli mustard bukanlah kuning, melainkan putih kekuningan atau bisa dikatakan lebih ke arah krem. Lantas warna kuningnya ini berasal dari mana? Warna kuning pada mustard dihasilkan dari tambahan bubuk kunyit di dalamnya. Fakta ini benar mengejutkanmu bukan?

 

Mustard Ada Banyak Jenisnya

Menurutmu, ada berapa jenis mustard yang ada di dunia? Beberapa dari kita pasti menyangka kalau mustard hanya memiliki satu jenis saja. Tapi nyatanya, mustard ada banyak loh jenisnya. Perbedaan jenis mustard ini dibedakan dari jenis biji mustard yang digunakan. Ada sesawi putih, hitam dan cokelat. Untuk cita rasa ketiganya ini berbeda, sesawi hitam punya cita rasa yang paling pedas dibanding yang lainnya. Sedangkan untuk sesawi putih yang rasanya tidak terlalu pedas.

 

Mustard Kaya Akan Vitamin

Mustard memang termasuk salah satu jenis saus yang kegunaannya menjadi pendamping makanan. Meski demikian, mustard ini sangat kaya akan kandungan vitamin loh. Dalam biji-bijian mustard terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi, selenium, kalsium, magnesium, omega 3 dan omega 6. Jadi, kalau kamu mengkonsumsinya secara rutin, pastinya kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh nantinya.

 

Itulah beberapa fakta unik dari mustard. Semoga dengan adanya informasi di atas, pengetahuan kulinermu jadi bertambah ya! Nah, sekarang mari nikmati aneka sajian yang menggunakan bahan mustard dulu yuk di bawah ini!

Flip Burger

Dope Burger & Co.

Lawless Burgerbar

Burger Bakar Qebul

Stack


Topik artikel ini: