Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Hebat, 5 Superfood Ini Bantu Cegah Penuaan Dini

List Artikel
23 Juni 2023 | 0 Komentar

Para pencita kuliner pastinya pernah mendengar istilah superfood. Superfood merupakan sebutan untuk makanan atau minuman yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Berhubung dikenal sebagai kuliner dengan nutrisi tinggi, maka tak heran kalau superfood ini juga termasuk dalam kategori kuliner yang menyehatkan tubuh. Superfood terdiri dari banyak jenis, mulai dari yang ada pada kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, hingga sayur-sayuran. Dari sekian banyak superfood, ternyata ada beberapa yang bisa membantu kita untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini biasanya akan dialami setelah memasuki usia 40 tahun, tapi jika sebelum usia tersebut kita sudah mulai mengonsumsi superfood maka penuaan dini bisa diperlambat. Untuk aneka superfood yang bisa mencegah penuaan dini, kamu bisa melihatnya langsung di bawah ini!

 

1. Kacang Pistaschio



Sumber: demandstudios.com


Superfood pertama yang bisa membantu mencegah penuaan dini adalah kacang pistaschio. Kacang ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini, seperti mengurangi kerutan pada kulit. Kamu bisa mengonsumsi kacang pistaschio ini sebanyak kurang lebih 50-100 gram per hari untuk bisa merasakan manfaatnya. Kacang pistaschio bisa dipanggang atau disangrai terlebih dahulu sebelum disantap. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau mencampurnya dengan cokelat hitam hingga salad.

 

2. Sayuran Berwarna Hijau Gelap



Sumber: unlochfood.ca


Sayuran berwarna hijau gelap sudah sangat dikenal sangat kaya akan nutrisi sehingga termasuk dalam kategori superfood. Sayuran berwarna hijau gelap memiliki kandungan vitamin E dan K yang bisa membantu menjaga fungsi otak dan memori yang mulai menurun akibat bertambahnya usia. Sayuran hijau terbaik yang termasuk superfood adalah kale, bayam, dan pokcoy. Semakin gelap warna hijaunya, maka semakin tinggi kandungan nutrisinya.

 

3. Buah Beri



Sumber: sugargeekshow.com


Tak hanya sayuran berwarna hijau gelap, buah beri juga dikenal sebagai superfood. Buah beri seperti blueberry, raspberry, strawberry, hingga cranberry memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa memerangi efek radikal bebas pada kulit seiring bertambahnya usia. Buah beri juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Buah beri lebih bagus jika dikonsumsi begitu saja tanpa diolah. Jika diolah menjadi selai atau dimasak maka nutrisinya akan berkurang.

 

4. Ikan Salmon



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada ikan salmon yang juga termasuk superfood untuk mencegah penuaan dini. Ikan salmon sudah sangat dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi, terutama untuk otak. Selain bisa bermanfaat untuk otak, ikan salmon juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Di dalam ikan salmon, terdapat kandungan omega-3 yang tak hanya bisa menjaga massa otot sehingga bagus untuk mencegah penuaan dini. Ikan salmon bisa disantap dalam bentuk mentah seperti dijadikan sushi, sashimi, atau poke bowl hingga dimasak matang seperti dijadikan steak.

 

5. Tomat


Sumber: a-z-animals.com


Superfood terakhir yang bisa mencegah penuaan dini adalah tomat. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi berjenis likopen yang bisa melawan radikal bebas penyebab keriput serta bintik hitam pada wajah. Tidak hanya itu, tomat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang menyebabkan risiko penyakit jantung hingga stroke. Tomat bisa disantap dalam bentuk salad atau memasaknya menjadi saus pasta hingga memanggangnya untuk disantap bersama dengan kuliner lainnya.

 

Itulah beragam superfood yang bisa mencegah penuaan dini. Dari kelima superfood yang ada di atas, manakah yang kira-kira akan kamu konsumsi setiap harinya? Buat yang ingin menyantap kuliner yang kaya akan nutrisi, di bawah ini ada beberapa tempat yang bisa didatangi!

 

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Nutrisi Cafe

Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Lula Bakery & Coffee

Foto Lula Bakery & Coffee
Foto Lula Bakery & Coffee
Foto Lula Bakery & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?