Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Psst, Ternyata Ini Dampak Sering Menahan Lapar bagi Kesehatan

List Artikel
23 Juni 2023 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sering menahan lapar? Tak sedikit orang yang sering menahan rasa lapar karena lupa atau disibukkan dengan beragam aktivitas. Padahal waktu sudah menunjukan jam makan, tapi karena pekerjaan atau aktivitas yang sedang dilakukan, maka orang memilih untuk menunda waktu makan. Akibatnya, perut akan dibiarkan kosong dalam waktu cukup lama. Rasa lapar memang muncul dikarenakan perut sedang dalam keadaan kosong sehingga memberikan sinyal kepada otak supaya kita segera makan untuk mengisi perut. Rasa lapar ini kerap kali disepelekan karena dianggap biasa. Padahal, sering menahan rasa lapar ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lho. Lantas apa saja dampak negatif dari sering menahan lapar bagi kesehatan?


 

Sumber: bbci.co.uk


Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan

Dampak yang pertama dari sering menahan lapar bagi kesehatan adalah bisa mengganggu sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Gangguan sistem pencernaan yang bisa terjadi saat kamu menunda makan adalah maag yang menimbulkan rasa perih dan pedih pada bagian lambung, meningkatnya gas pada lambung yang dikenal dengan istilah GERD, menipisnya dinding lambung dikarenakan tidak adanya makanan yang bisa dicerna, hingga berbagai penyakit lambung lainnya.

 

Terganggunya Sistem Metabolisme

Hal kedua yang terjadi saat kamu sering menahan rasa lapar adalah terganggunya sistem metabolisme. Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang didapat dari makanan. Jika kamu menunda makan hingga perut terasa lapar maka otomatis tubuh tidak bisa mendapatkan nutrisi yang seharusnya didapat. Akibatnya, sistem metabolisme tubuh akan terganggu. Sistem metabolisme ini berkaitan erat dengan imunitas tubuh. Jadi jangan heran kalau saat kamu sering menahan lapar, tiba-tiba tubuh akan mudah sakit.

 

Tubuh Mudah Lelah dan Letih

Tubuh kita selalu memerlukan energi supaya bisa beraktivitas dengan baik. Energi tersebut didapat dari makanan yang kita santap. Tapi jika kamu sering menahan lapar maka tubuh tidak bisa mendapatkan energi sehingga tubuh akan cepat merasa lelah dan letih. Tidak hanya mudah merasa lelah saja, tapi kamu juga akan sulit untuk berkonsentrasi dan pastinya daya pikir jadi ikut menurun.

 

Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Dampak lain dari sering menahan lapar bagi kesehatan adalah bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Saat menahan lapar, tubuh akan menahan keinginan untuk menyantap makanan sehingga ketika kita makan, maka tubuh akan kesulitan untuk mengontrol nafsu makan. Tidak adanya kontrol pada nafsu makan karena terlalu lapar pastinya bisa menyebabkan kenaikan berat badan karena kita akan makan seperti orang yang kelaparan sehingga lupa berapa porsi makanan yang sudah disantap.  

 

Suasana Hati yang Menurun

Dampak terakhir dari sering menahan lapar adalah suasana hati yang menurun. Pasalnya, perut yang lapar akan membuat otak kesulitan untuk mengontrol beberapa hormon, termasuk hormon yang memicu stres. Tak heran kalau orang akan mudah marah, tersinggung, hingga merasa cemas ketika sedang lapar. Jika terlalu sering menahan rasa lapar, dampaknya bisa membuat suasana hatimu mudah sekali berubah atau menjadi cepat emosional.  

 

Ternyata ada banyak dampak sering menahan lapar bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya mulai sekarang kamu jangan sering menahan lapar lagi, ya! Buat kamu yang lagi merasa lapar dan ingin menikmati hidangan lezat, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat yang punya kuliner enak untuk memuaskan perut dan memanjakan lidahmu!

Leisola by Aljazeerah

Foto Leisola by Aljazeerah
Foto Leisola by Aljazeerah
Foto Leisola by Aljazeerah

Roemah Legit

Foto Roemah Legit
Foto Roemah Legit
Foto Roemah Legit

Gyumbox

Foto Gyumbox
Foto Gyumbox
Foto Gyumbox

Maikeru

Foto Maikeru
Foto Maikeru
Foto Maikeru

Animale Restaurant

Foto Animale Restaurant
Foto Animale Restaurant
Foto Animale Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?