Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur

List Artikel
11 Juni 2022 | 0 Komentar

Pernah tidak kamu merasa sangat lapar sebelum tidur? Makan sebelum tidur memang tidak disarankan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Biasanya kalau kamu makan malam, usahakan untuk memberikan jeda setidaknya 3 jam sebelum tidur. Tapi kalau kita merasa sangat lapar bagaimana? Kondisi yang lapar malam-malam kerap kali membuat kita susah tidur. Meski makan sebelum tidur tidak disarankan, tapi tidur dengan rasa lapar juga sebaiknya tidak terjadi. Sebenarnya, kamu boleh-boleh saja makan sebelum tidur dengan porsi yang cukup dan pastinya ada beberapa kuliner yang sebaiknya dihindari sebelum tidur. Makanan-makanan ini sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi sehingga kalau dikonsumsi sebelum tidur bisa menyebabkan penumpukan lemak. Lantas, makanan apa saja yang wajib dihindari sebelum tidur? Cek dulu, yuk!

 

1. Burger



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur adalah burger. Burger memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Dalam satu buah burger, rata-rata mengandung sekitar 290-300 kkal lebih. Hal ini dikarenakan dalam burger terdapat kandungan karbohidrat dan protein yang cukup besar, mulai dari roti burger, daging burger, serta keju yang disertakan sehingga membuatnya lebih cocok untuk dijadikan sebagai makan siang ketimbang makan malam.

 

2. Pizza



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan lainnya yang sebaiknya dihindari sebelum tidur adalah pizza. Kandungan kalori dalam pizza tidak setinggi burger, tapi tetap saja kandungan kalorinya terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 250-270 kkal. Hal ini dikarenakan dalam pizza terdapat roti, keju, serta bacon atau smoked beef atau daging cincang yang membuatnya punya kandungan kalori tinggi. Jika ingin mengonsumsi pizza, waktu yang tepat adalah pada saat makan siang atau makan sore.

 

3. Fried Chicken



Sumber: Pergikuliner.com


Berikutnya ada fried chicken. Fried chicken ini seringkali dipesan sebagai menu santapan malam atau menu favorit pada saat begadang. Padahal, friedchicken ini cocoknya disantap untuk makan siang atau sore dikarenakan kandungan kalorinya cukup tinggi. Dalam friedchicken terdapat kandungan kalori sekitar 240-250 kkal tergantung bagian ayamnya. Untuk bagian dada menjadi yang paling rendah kandungan kalorinya.

 

4. French Fries



Sumber: Pergikuliner.com


Tahukah kamu kalau di antara ketiga kuliner di atas, french fries-lah yang sebenarnya mendapat urutan pertama dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur.  Per 100 gram, french fries mengandung sebanyak 300-310 kkal. Jadi meski menyantap sedikit saja, tubuh kita bisa mendapatkan kalori yang sangat tinggi dari french fries. Ini disebabkan kentang menyerap banyak minyak saat digoreng. Jika ingin nyemil french fries, maka lakukanlah saat siang hari atau sebelum melakukan aktivitas supaya kamu bisa mendapatkan kalori lebih.

 

5.Cake



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir adalah cake. Meski merasa tidak lapar, tapi pastinya beberapa dari kita sering kali ingin mengonsumsi cake saat malam hari. Alasannya bisa karena sedang kepengen atau ingin melepaskan stres setelah beraktivitas dengan makan yang manis-manis. Tapi ternyata cake ini menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur karena cake mengandung sekitar 250 kkal per 100 gramnya. Oleh karena itu kamu tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Jika ingin konsumsi cake, lebih baik di siang atau sore hari.

 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur malam. Lantas apakah kita tidak boleh makan sebelum tidur malam? Sebenarnya makan sebelum tidur tidaklah dianjurkan. Tapi kalau perutmu terasa lapar, masih ada makanan lainnya kok yang bisa dimakan seperti smoothie, salad, hingga aneka kuliner yang terbuat dari campuran buah dan sayur. Berhubung rendah kalori, maka makanan yang terbuat dari buah dan sayur masih bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Untuk rekomendasi gerai makanan sehat, kamu bisa cek di bawah ini!

 

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Burgreens Eatery

Foto Burgreens Eatery
Foto Burgreens Eatery
Foto Burgreens Eatery

RBoJ Ray's Bottle of Joe

Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe
Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe
Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe

WH Vegetarian

Foto WH Vegetarian
Foto WH Vegetarian
Foto WH Vegetarian

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?