Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sedapnya 5 Kuliner Khas Korea dengan Bumbu Dasar Gochujang

List Artikel
25 Juni 2022 | 2 Komentar

Kuliner Khas Korea di Indonesia rasanya sudah tidak asing lagi. Hal ini disebabkan maraknya K-drama dan K-pop yang sudah menjamur di Indonesia. Jadi tak heran kalau kebudayaan serta kuliner khas Korea juga semakin dikenal. Selain kimchi yang menjadi kuliner khas Korea, ada gochujang yang merupakan bumbu dasar dari berbagai macam kuliner khas Korea. 


Nama gochujang diambil dari kata ‘gochu’ yang dalam bahasa Korea berarti cabai dan ‘jang’ yang artinya bumbu. Jadi kalau digabungkan artinya menjadi bumbu cabai. Gochujang dibuat dari bahan dasar cabai merah yang dikeringkan lalu dihaluskan menjadi bubuk kemudian diberi campuran tepung ketan, kecap asin, kecap ikan, gula pasir, dan lain sebagainya lalu difermentasikan dalam jangka waktu tertentu. Gochujang bisa menjadikan kuliner Korea punya cita rasa unik, yakni perpaduan legit, manis, dan pedas. Ada banyak sekali kuliner khas Korea dengan bumbu dasar gochujang, tapi ada beberapa yang paling terkenal di Indonesia, yaitu:

 

1. Tteokbokki



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Korea dengan bumbu dasar gochujang yang pertama adalah tteokbokki. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar tteok atau kue beras yang berbentuk panjang, lalu dimasak dalam kaldu ikan yang diberi campuran bumbu dasar gochujang, bawang putih, kecap asin, serta sedikit sirup jagung. Biasanya tteokbokki juga dimasak dengan odeng dan campuran sayuran seperti bawang bombay, kubis, daun bawang, dan wortel.

 

2. Bibimbap



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner yang kedua adalah bibimbap. Pastinya kamu sudah tahu kuliner yang satu ini, kan? Bibimbap diambil dari kata ‘bibim’ yang dalam bahasa Korea artinya mencampur dan ‘bap’ yang artinya nasi. Jadi bibimbap adalah nasi campur khas Korea. Untuk membuatnya, kamu perlu mencampur nasi dengan sayur dan saus gochujang. Berhubung bahan dasarnya nasi dan sayur-sayuran serta memiliki cita rasa pedas, kuliner ini menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia.

 

3. Kimchi Jjigae



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Korea dengan bumbu dasar gochujang berikutnya adalah kimchi jjigae. Jjigae dalam bahasa Korea berarti sup, jadi kimchi jjigae adalah sup kimchi. Untuk membuatnya dibutuhkan kimchi yang sudah matang, gochujang, bubuk cabai, minyak wijen, kecap asin, serta tambahan bumbu lainnya. Cita rasa kimchi jjigae ini sangat unik karena perpaduan rasa antara kimchi dan gochujang. Jadi rasanya bercampur antara asam, manis, dan pedas menjadi satu. Kimchi jjigae biasa disantap dengan nasi putih hangat dan tambahan lauk pauk lainnya.

 

4. Budae Jjigae



Sumber: pergikuliner.com


Selain kimchi jjigae, ada jenis jjigae lain yang juga sangat populer di Indonesia, yakni budaejjigae. Budae jjigae ini merupakan kuliner yang asalnya muncul pada masa peperangan Korea sehingga tak heran kalau kuliner ini juga mendapat julukan sebagai army base stew. Pada saat itu, para tentara mencampur dan memasak semua bahan yang ada di tempat mereka sehingga isian budae jjigae menjadi sangat ramai. Di dalamnya terdapat tuna kaleng, sosis, mie, tteok, telur, hingga aneka sayuran seperti sawi, jamur, daun bawang, bawang bombay, dan lain sebagainya. Tentu saja untuk bumbu dasarnya adalah gochujang sehingga cita rasanya terbilang cukup pedas.

 

5. Yangnyeom Tongdak



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Korea dengan bumbu dasar gochujang yang terakhir adalah yangnyeom tongdak atau yang lebih dikenal dengan sebutan ayam goreng khas Korea. Kuliner ini sebenarnya merupakan ayam goreng tepung yang crispy biasa. Hanya saja yang membedakannya adalah baluran saus gochujang yang melapisi bagian luarnya sehingga citarasanya jadi lebih lezat dan kaya rasa. Di Korea, yangnyeom tongdak disantap begitu saja tanpa nasi, tapi masyarakat Indonesia lebih suka menyantapnya dengan tambahan nasi putih hangat.

 

Itulah beberapa kuliner khas Korea dengan bumbu dasar gochujang di dalamnya? Warna merahnya terlihat sangat menggoda bukan? Dari kelimanya ini, manakah yang sudah sering kamu coba? Mana yang paling menjadi favoritmu?

 

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Taeyang Sung

Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
jRlLIhZvyewdi
kendrix879619y026bp@outlook.com | 25 Jun 2022 pk. 06:56 PM
Foto user umum
bVKPWSrJIHFpcysE
kendrix879619y026bp@outlook.com | 25 Jun 2022 pk. 06:56 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?