Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tanda Kalau Makanan Bekumu Sudah Tak Layak Makan

List Artikel
26 Juni 2022 | 0 Komentar

Membekukan makanan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga makanan tetap awet disimpan dalam jangka waktu yang lama. Dengan cara dibekukan, makanan bisa bertahan hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya. Hal ini dikarenakan ketika makanan dibekukan di dalam freezer, bakteri yang ada di dalamnya tidak mudah berkembang sehingga makanan bisa awet lama. Tak hanya bisa awet, tekstur dan cita rasa makanan juga bisa tetap terjaga. 


Tapi tahukah kamu kalau makanan beku juga bisa basi atau tak layak dikonsumsi lagi. Meski dibekukan, tapi yang namanya makanan pastinya punya daya tahan tersendiri sehingga jika tak cepat dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, makanan beku tersebut tidak layak dikonsumsi lagi. Kita memang seringkali tidak memperhatikan hal ini. Nah, supaya kamu bisa dengan mudah mengetahui kalau makanan bekumu masih layak makan, di bawah ink ada beberapa tanda kalau makanan bekumu sudah tak layak makan lagi, yaitu:

 


Sumber: Okezone.com


Daging Sudah Berubah Warna


Sumber: Hipwee.com


Salah satu makanan yang paling banyak disimpan dengan cara dibekukan adalah daging. Untuk mengetahui tanda kalau makanan bekumu sudah tak layak makan lagi, cobalah cek warnanya. Jika warna daging sudah berubah menjadi agak abu-abu keunguan, itu tandanya daging sudah tak segar lagi. Tanda ini berlaku pada daging ayam, sapi, domba, kambing, dan lain sebagainya. Perubahan warna menjadi tanda kalau makanan sudah bersentuhan dengan udara sehingga ada bakteri yang menempel.

 

Warna Sayuran Berubah Kusam


Sumber: Klikdokter.com


Tak jauh berbeda dari daging, sayuran beku yang berubah warna juga menjadi tanda kalau makanan bekumu sudah tak layak makan lagi. Membekukan sayuran juga menjadi salah satu cara membuatnya tetap awet. Biasanya warna sayuran yang berubah kusam ini dikarenakan kamu tidak tepat menyimpannya. Usahakan untuk menyimpan sayuran dalam wadah kedap udara. Membiarkannya terkena udara, meski dalam freezer bisa membuatnya mudah berubah warna dan teksturnya berubah.

 

Terlalu Banyak Kristal Es Pada Kemasan Makanan



Sumber: Kompas.com


Tanda kalau makanan bekumu sudah tak layak dikonsumsi adalah terlalu banyak kristal es pada kemasan makanan. Hal ini banyak terjadi pada makanan beku yang kemasan segelnya sudah kamu buka lalu disimpan di freezer. Banyaknya kristal es pada kemasan makanan menandakan kalau molekul air dalam makanan keluar menuju area yang lebih dingin (freezer). Kondisi ini menyebabkan makan kehilangan kelembapannya. Meski sebenarnya masih bisa dikonsumsi, tapi rasa dan teksturnya akan rusak.

 

Makanan Berbau Tengik atau Tidak Sedap

Tanda kalau makanan bekumu sudah tak layak makan yang terakhir adalah memiliki bau yang tak sedap atau tengik. Makanan beku bisa berbau tak sedap dikarenakan suhu dalam freezer kurang dingin sehingga proses pembusukan makanan jadi lebih cepat. Biasanya hal ini berlaku jika freezer-mu sudah terlalu penuh sehingga suhu dalam freezer tidak terlalu dingin lagi. Oleh karena itu, jangan memaksakan memasukkan makanan hingga penuh dalam freezer. Beri ruang untuk makanan bekumu supaya nantinya bisa freezer bisa dingin secara optimal.

 

Itulah beberapa tanda kalau makanan bekumu sudah tak layak dikonsumsi lagi. Jadi selalu perhatikan makanan beku yang kamu simpan sebelum mengonsumsinya ya! Meskipun makanan beku bisa awet disimpan lama, tapi lebih baik segera kamu konsumsi supaya cita rasa dan teksturnya masih tetap terjaga kualitasnya. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu!

Bebek BKB

Foto Bebek BKB
Foto Bebek BKB
Foto Bebek BKB

Bakso Mas Kumis

Foto Bakso Mas Kumis
Foto Bakso Mas Kumis
Foto Bakso Mas Kumis

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Goobne Chicken

Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken
Foto Goobne Chicken

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?