Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Bisa Menetralisir Konsumsi Daging Merah

List Artikel
9 Oktober 2015 | 0 Komentar
Siapa yang gemar makan rendang atau makanan lain yang berbahan dasar daging? Nah, tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengonsumsi daging merah tidak bagus untuk kesehatan? Konsumsi daging merah yang berlebih dapat memicu kolesterol jahat, lho. Oleh karena itu, kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan lain yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja? Simak ya!


1. Oatmeal

Sumber: pergikuliner.com

Oatmeal mengandung zat yang disebut beta-glucan yang mampu menyerap LDL atau kolesterol jahat yang didapat dari menyantap daging merah lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh. Bagi kamu yang tidak suka rasa oatmeal yang otentik, kamu bisa mencoba olahannya seperti Dory en Oats yang ada di Excelso


2. Alpukat


Sumber: pergikuliner.com

Buah ini merupakan buah yang bisa dipadukan dengan dessert apapun termasuk es krim potong seperti yang ada di Raymond Lim. Alpukat dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Hal itu karena alpukat mengandung beta sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.


3. Bawang Putih


Sumber: pergikuliner.com

Kamu tidak perlu menelan bawang putih mentah-mentah guys, tapi kamu bisa makan kuliner dengan bumbu bawang putih yang lebih banyak seperti beberapa menu kuliner yang ada di Mad for Garlic. Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.


4. Apel


Sumber: pergikuliner.com

Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu apel sehari (atau lebih) dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel. Apel bisa dikonsumsi begitu saja atau dijus bersama dengan paduan buah lainnya seperti di Judas Kitchen.


5. Green Tea


Sumber: pergikuliner.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau green tea alias teh hijau mampu memberikan efek santai bagi tubuh kita. Green tea juga kaya antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum green tea memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu bisa menyeruput minuman sehat ini di Flow Coffee.


6. Kedelai


Sumber: pergikuliner.com

Ada banyak menu olahan kedelai yang bisa kamu nikmati seperti susu kedelai dan pudding. Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang kamu konsumsi. Di Daizu Beancurd ada olahan pudding dari kedelai yang rasanya bisa membuat kamu ketagihan loh.


7. Minyak Zaitun


Sumber: pergikuliner.com

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik. Salah satu restoran di Senayan yang bernama Soup Restaurant, selalu menggunakan minyak zaitun untuk memasak.

Mad for Garlic

Foto Mad for Garlic
Foto Mad for Garlic
Foto Mad for Garlic

Soup Restaurant

Foto Soup Restaurant
Foto Soup Restaurant
Foto Soup Restaurant

Judas Kitchen

Foto Judas Kitchen
Foto Judas Kitchen
Foto Judas Kitchen

Flow Coffee

Foto Flow Coffee
Foto Flow Coffee
Foto Flow Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?