Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
23 Maret 2016 | 0 Komentar
Lada hitam, kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis bumbu dapur yang satu ini. Lada hitam memang seringkali digunakan untuk bumbu campuran berbagai masakan. Rasa pedasnya yang khas bisa menambah ketajaman rasa sebuah masakan. Nah ternyata, lada hitam menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan lho. Mau tahu manfaat apa saja yang terkandung dalam lada hitam? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Mencegah kanker
Lada hitam dapat mencegah kanker karena kandungan piperine di dalamnya. Kandungan piperine diketahui dapat mencegah tumbuhnya sel kanker payudara.

2. Kaya vitamin
Ternyata lada hitam juga mengandung vitamin lho, di antaranya vitamin A dan C, serta terdapat juga flavonoid, karoten, dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan juga dapat melindungi tubuh dari kanker dan penyakit.

3. Menurunkan berat badan
Nah bagi kamu yang berencana menurunkan berat badan, kamu bisa menaburkan lada hitam dalam makanan yang akan dimakan. Kandungan fitonutrien dapat membantu memecahkan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

4. Meredakan perut kembung
Lada hitam diketahui mempunyai sifat karminatif yaitu zat yang dapat mencegah pembentukan gas. Lada hitam dapat meringankan perut kembung dan nyeri. Menambahkan bubuk lada hitam pada makanan, terbukti efektif meredakan perut kembung.

5. Mencerahkan kulit
Selain digunakan dalam tambahan bumbu pada makanan, lada hitam juga bisa digunakan sebagai tambahan scrub. Lada hitam yang sudah dihaluskan bisa dijadikan scrub wajah yang berguna untuk membantu mengelupas kulit mati dan membantu kulit dari infeksi seperti jerawat.

6. Mehilangkan hidung tersumbat
Sifat antibakteri pada lada hitam adalah obat alami yang efektif untuk mengurangi hidung yang tersumbat dan mengurangi batuk. Rasa hangat dan pedas dari lada hitam dapat membantu melonggarkan dahak dan meringankan hidung tersumbat. Caranya adalah dengan menaburkan lada ke dalam sup panas. Hal ini akan segera melonggarkan dahak dan membantu bernapas menjadi lebih mudah.

Nah itulah tadi beberapa manfaat dari lada hitam yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi perlu diingat, konsumsi lada hitam secukupnya ya! Karena sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Pepper Lunch

Foto Pepper Lunch

Golden Leaf

Foto Golden Leaf

Fajar Restaurant

Foto Fajar Restaurant

Pondok Sedap Malam

Foto Pondok Sedap Malam

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?