Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Nikuman Si Bakpao Asal Jepang Yuk!

List Artikel
9 September 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner suka bakpao? Bakpao menjadi salah satu kuliner yang sangat populer di negara- negara Asia. Bakpao adalah salah satu varian dumpling asal Tionghoa yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu ragi yang nantinya akan dimasak dengan cara dikukus. Jadi bisa dikatakan kalau bakpao adalah roti kukus karena dibuat dengan campuran ragi dan dikukus.


Selain di Tionghoa, ada negara Jepang yang juga punya bakpao bernama nikuman. Nikuman adalah bakpau khas Jepang yang bisa Teman Kuliner jumpai hampir di seluruh daerah yang ada di Jepang. Kuliner ini sangat populer dan banyak disukai. Tak hanya karena rasanya saja yang lezat, tapi juga karena teksturnya yang lembut tapi kenyal. Di balik kelezatan rasanya, ada beberapa hal tentang nikuman ini yang perlu Teman Kuliner ketahui nih. Yuk, simak bersama-sama!



Sumber: Livejapan.com


Sudah Ada Sejak Tahun 1927

Nikuman sebenarnya adalah kuliner yang diadaptasi dari kuliner Tionghoa yakni bakpao. Menurut ceritanya, pada tahun 1927, bakpao masuk ke negara Jepang. Pada masa itu, nama dari bakpao adalah  chukaman. Setelah mencicip chukaman tersebut, masyarakat Jepang  pun membuat roti kukus yang serupa dengan chukaman. Hanya saja isiannya dibuat dari bahan dan bumbu yang berbeda.

 

Roti Kukus Daging Khas Jepang

Nikuman adalah roti kukus khas Jepang yang dibuat dengan isian daging. Bisa daging sapi atau daging babi. Bahan dasarnya tepung terigu, ragi, dan air yang diadon hingga kalis lalu diberi isian. Isiannya ini dibuat dari bahan dasar daging cincang, bawang putih, bawang bombay, jamur shitake, dan lain sebagainya. Nikuman dibuat dengan cara dikukus. Tekstur nikuman sangat lembut dan isiannya sangat juicy. Masyarakat Jepang biasa menyantap nikuman ini dengan tambahan tare atau karashi yang merupakan saus khas nikuman.



Sumber: Tasteatlas.com


Hanya Ada pada Musim Dingin

Nikuman sangat populer di Jepang pada saat musim dingin. Hal ini dikarenakan nikuman selalu disajikan dalam keadaan masih panas. Nikuman memang dijual dalam wadah kukusan elektrik sehingga suhunya selalu dalam keadaan panas. Jadi tak hanya bisa mengenyangkan perut, nikuman yang masih hangat saat disantap bisa menghangatkan badan juga. Teman Kuliner akan kesulitan untuk menjumpai nikuman pada saat musim panas dan musim semi karena cuaca yang panas sangat tidak cocok untuk menyantap nikuman. Saking populernya di musim dingin, nikuman selalu menjadi penanda musim dingin. Jadi kalau toko-toko mulai menjual nikuman, itu tandanya musim dingin akan segera datang. Selain musim dingin, nikuman juga sering dijumpai pada saat musim gugur di Jepang.


Banyak Dijual di Minimarket

Nikuman banyak dijual di minimarket hingga toko kelontong. Harganya terbilang murah dan sangat terjangkau. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa nikuman banyak disukai oleh pelajar dan mahasiswa. Tentunya selain pelajar dan mahasiswa, pekerja kantoran juga sering membelinya setelah pulang kantor untuk dijadikan sebagai kuliner pengganjal rasa lapar sebelum menyantap makan malam.



Sumber: Timeout.com


Roti Kukus Lain Khas Jepang

Ternyata selain nikuman, ada juga roti kukus khas Jepang lainnya. Jenis roti kukus khas Jepang ada banyak sekali. Beragamnya jenis roti dikarenakan masyarakat Jepang sangat suka dengan roti kukus. Beberapa roti kukus khas Jepang adalah anman yang dibuat dengan isian selai kacang merah selain rasanya manis. Selain itu juga ada curry man yang pastinya dibuat dengan bahan isian kari khas Jepang yang punya aroma wangi dan rasa yang autentik.


Itu dia sederet fakta tentang nikuman yang merupakan dumpling asal Jepang. Bentuk dan isiannya mirip dengan bakpao kan, Teman Kuliner? Menurut kamu, rasanya akan mirip dengan bakpao juga atau tidak ya?

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Bakpau A Satu

Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu

Teck Kee Tang Lin Pau

Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau

Mandoya

Foto Mandoya
Foto Mandoya
Foto Mandoya

Bakpau & Kue B Delapan

Foto Bakpau & Kue B Delapan
Foto Bakpau & Kue B Delapan
Foto Bakpau & Kue B Delapan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?