Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Agar-Agar, Jeli dan Puding

List Artikel
19 Januari 2021 | 0 Komentar

Kamu penikmat makanan manis dan dingin? Kalau begitu kamu pastinya sudah familiar dengan jenis dessert berikut ini yaitu agar-agar, jeli dan puding. Sekilas tampilan ketiga makanan ini terlihat sama dan bahkan sulit dibedakan. Secara umum, bahan dasar untuk membuatnya pun sama yaitu rumput laut dan gelatin. Agar-agar, jeli dan puding memiliki kadar air dan serat yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan. Kandungan air dan seratnya bisa membantu melancarkan pencernaan. Meskipun tampilan dan bahan dasarnya sama, namun sebenarnya agar-agar, jeli dan puding itu berbeda lho. Mengapa bisa demikian? Mari cari tahu perbedaan selengkapnya dari ketiga dessert kenyal ini yuk!


1. Agar-Agar



Sumber: Pinterest.com


Agar-agar terbuat dari ekstrak rumput laut atau alga merah. Biasanya agar-agar yang sering ditemui di pasaran adalah agar-agar yang berbentuk bubuk dengan merek seperti Swallow Globe atau Agarasa. Untuk mengolahnya, agar-agar dilarutkan dalam air, kemudian kemudian dimasak hingga mendidih. Setelah itu, dididinginkan sejenak di suhu ruangan hingga teksturnya memadat. Agar-agar juga bisa diolah dengan campuran gula atau buah-buahan untuk memberikan penguat rasa. Tekstur agar-agar kenyal, namun tidak sekenyal jeli. Agar-agar bisa lebih mudah hancur dan tidak lentur ketika disentuh. Agar-agar juga cenderung lebih padat dan berair dibandingkan jeli dan puding.


2. Jeli



Sumber: Pinterest.com


Mirip dengan agar-agar, jeli juga terbuat dari olahan rumput laut. Bedanya, rumput laut yang digunakan untuk mengolah jeli sudah dipadukan dengan umbi iles-iles atau konyaku. Konyaku dikenal juga dengan nama konjac, yaitu sejenis tanaman yang banyak ditemukan negara-negara di Asia seperti Jepang. Konyaku dikenal sebagai pengganti gelatin yang berguna untuk mengenyalkan atau menambah tekstur pada makanan. Itulah mengapa jeli memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan agar-agar. Selain itu, tambahan lain pada jeli seperti gula, pektin dan aroma perasa seperti cokelat dan buah-buahan. Tekstur jeli cenderung lebih lentur ketika disentuh berbeda dengan agar-agar yang padat. Jeli biasanya berwarna bening atau transparan. Cara mengolahnya sama seperti agar-agar, namun jeli yang dijual di pasaran biasanya sudah berbentuk bubuk dan siap santap tanpa perlu penambahan bahan-bahan lainnya karena sudah terdapat gula dan perasa di dalamnya. Sedangkan, agar-agar rasanya cenderung plain sehingga harus diberi tambahan gula lagi.


3. Puding



Sumber: Pinterest.com


Puding merupakan variasi dari olahan agar-agar. Namun, ada juga yang mengolahnya dari jeli sebagai bahan dasarnya. Selain itu, terdapat penambahan bahan lainnya pada puding seperti gula, telur, susu, santan dan tepung. Kombinasi bahan-bahan ini membuat puding lebih kaya rasa dibanding agar-agar dan jelly. Tekstur pudding sangat lembut dan tidak terlalu kenyal, namun juga tidak terlalu padat. Puding biasanya disajikan dengan topping seperti fla, cokelat bubuk, yoghurt maupun potongan buah-buahan. Pudding juga memiliki warna yang lebih solid dibanding agar-agar dan jeli, karena adanya campuran susu dan santan di dalamnya. Di berbagai acara spesial seperti acara pernikahan dan ulang tahun, puding juga kerap disajikan sebagai hidangan penutup.


Itulah sedikit perbedaan yang dapat kamu ketahui dari agar-agar, jeli dan puding. Sebagai tambahan info, ketiga dessert kenyal ini memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan karena terbuat dari rumput laut, konyaku dan gelatin. Selain kaya serat, rumput laut mengandung zat gizi seperti magnesium, mangan, dan zat besi yang bagus untuk membentuk energi, sistem syaraf, dan perbaikan gen. Sementara, konyaku sendiri diketahui bermanfaat untuk mencegah wasir, mengatur pergerakan usus, menurunkan kadar kolesterol dan kadar glukosa darah. Sedangkan, gelatin yang tinggi protein dan kolagen sangat berguna untuk membangun energi, membantu menutrisi kulit, tulang dan sendi. 

Nah, buat teman kuliner yang tertarik makan agar-agar, jeli atau puding yang sudah diinovasikan menjadi aneka macam dessert, PergiKuliner punya nih rekomendasi tempatnya. Cek di bawah ini ya!

La Mouette

Foto La Mouette
Foto La Mouette
Foto La Mouette

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Puyo Silky Desserts

Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts

Fat Bubble

Foto Fat Bubble
Foto Fat Bubble
Foto Fat Bubble

RUTSU Dessert Factory

Foto RUTSU Dessert Factory
Foto RUTSU Dessert Factory
Foto RUTSU Dessert Factory

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?