Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos atau Fakta, Makanan Fermentasi Lebih Sehat untuk Pencernaan

List Artikel
14 April 2016 | 0 Komentar

Fermentasi dalam dunia kuliner dikenal sebagai salah satu cara untuk mengawetkan makanan. Meski biasanya makanan yang difermentasikan tampilannya kurang menarik dan baunya agak menyengat, tapi makanan yang difermentasikan terbukti lebih awet dan terasa lebih sedap disantap apalagi dikreasikan dengan kuliner lainnya. 


Biasanya jenis makanan yang difermentasikan adalah buah dan sayuran. Sebut saja acar mentimun yang sering kamu jumpai saat menyantap burger. Rasanya pasti akan terasa lebih nikmat dibanding burger tanpa acar mentimun.


Makanan fermentasi membunuh bakteri

Proses fermentasi ini ternyata mampu membunuh bakteri berbahaya yang ada dalam makanan. Bakteri yang tersisa hanyalah bakteri Lactobacillus yang dapat mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam laktat. Bakteri menyehatkan ini membuat pencernaan terutama usus kamu mampu mencerna makanan dengan lebih baik. 


Selain itu juga dapat mengembalikan keseimbangan sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh bekerja lebih baik. Makanan fermentasi juga bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki iritasi usus, penyakit inflamasi usus, serta ampuh mengatasi perut kembung (begah). 


Beda negara beda jenisnya

Jika di Amerika, makanan fermentasi yang sangat terkenal adalah acar mentimun. Di Korea makanan fermentasi yang paling terkenal adalah kimchi. Kalau kamu penggemar drama Korea, kamu pasti sering melihat adegan makan daging BBQ yang dibarengi dengan daun selada dan kimchi.


Menambahkan makanan fermentasi saat menyantap daging ternyata mampu membuat kerja pencernaan kita menjadi lebih ringan sehingga daging yang sudah kita makan lebih mudah dicerna dalam tubuh. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemukan makanan fermentasi dalam bentuk asinan seperti asinan buah dan sayur yang difermentasikan dalam toples-toples kaca. Asinan yang paling terkenal di Indonesia adalah asinan Betawi dan asinan Bogor.


Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?