Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos Atau Fakta Telur Menyebabkan Jerawat? Cari Tahu Disini!

List Artikel
12 Juni 2021 | 2 Komentar

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang kerap membuat menjadi tidak percaya diri. Kemunculan jerawat ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah di wajah yang terkadang disertai juga dengan nanah. Dari sekian banyak penyebab munculnya jerawat di wajah ada satu nih yang paling banyak jadi pembahasan yaitu telur menyebabkan jerawat. Lantas, apakah hal tersebut mitos atau fakta telur menyebabkan jerawat? Mari cari tahu selengkapnya melalui artikel PergiKuliner yang satu ini!


Faktor Penyebab Jerawat

Ketahuilah bahwa jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak sebum berlebih. Hal tersebut bisa menimbulkan peradangan dan penyumbatan pada pori-pori kulit yang kemudian menimbulkan jerawat di wajah. Jerawat bisa muncul karena beberapa faktor yaitu faktor internal yang dipengaruhi ketidakseimbangan hormon atau proses metabolisme tubuh. Faktor lainnya, adalah faktor eksternal yang umumnya dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah atau kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan. Berikut adalah penjelasannya:



Sumber: Pergikuliner.com


1. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan kulit seseorang menjadi lebih kering atau berminyak. Jerawat karena ketidakseimbangan hormone bisa disebabkan karena dua hal yaitu kelebihan hormon androgen atau kekurangan hormon estrogen. Kelebihan hormon androgen terjadi ketika wanita sedang mengalami masa pubertas, masa kehamilan atau akibat mengonsumsi pil KB. Sementara, kekurangan hormon estrogen terjadi ketika wanita sedang mengalami masa menstruasi atau menjelang menopause.


2. Stres

Tingkat stres yang tinggi juga dapat memengaruhi gaya hidup seseorang termasuk pola makan. Meski tidak stres bukanlah penyebab langsung timbulnya jerawat, namun hal ini tidak bisa disepelekan. Karena muncul satu jerawat saja dapat mengganggu dan kerap berdampak pada suasana hati seseorang. Hal ini justru bisa membuat tingkat stres makin bertambah.


3. Penggunakan Kosmetik

Bagi kulit yang sensitif tentu terlalu lama memakai alat rias pada wajah atau salah memilih produk kosmetik bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Karena penggunaan kosmetik setiap hari bisa membuat pori-pori tersumbat dan berminyak. Apalagi jika kamu adalah tipe wanita yang malas membersihkan wajah setelah memakai kosmetik, hal itu bisa memperparah jerawat di wajahmu.


Kandungan Gizi Telur



Sumber: Goop.com


Telur merupakan salah satu bahan makanan hewani yang kerap dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari.  Telur dapat diolah menjadi beragam menu hidangan yang lezat. Salah satunya yang paling simple dimasak adalah telur ceplok. Meski kerap dijadikan menu makanan sehari-hari nyatanya ada sebagian orang yang mengeluhkan jika mereka mengalami masalah muncul jerawat setelah keesokan harinya mengonsumsi telur. Lantas, ada apa saja sih kandungan gizi pada telur? Benarkah telur menyebabkan jerawat?


Telur sendiri dikenal sebagai sumber protein alami yang paling mudah ditemukan. Selain itu, terkandung banyak nutrisi lainnya di dalam telur seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B12, lemak, zat besi, fosfor, folat, yodium dan berbagai mineral. Banyak kandungan nutrisi dan mineral dalam telur membuat makanan hewani ini kerap disebut juga sebagai superfood yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap yang diperlukan oleh tubuh.


Jadi, mitos atau fakta telur menyebabkan jerawat jawabannya tentu adalah mitos. Faktanya, tidak ada kaitan antara telur dan jerawat. Telur bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya jerawat. Melainkan terdapat beberapa faktor lainnya yang bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah. Jika jerawat kerap muncul setiap kali mengonsumsi telur, sejatinya hal tersebut perlu dikonsultasikan kepada dokter. Bisa saja karena proses pemasakan pada telur yang digoreng sehingga asupan minyak yang dikonsumsi semakin banyak dan memicu wajah berminyak yang akhirnya menimbulkan jerawat. Atau, kamu memiliki alergi tertentu terhadap kandungan pada telur yang memengaruhi metabolisme tubuh atau produksi hormon-hormon tertentu, sehingga memicu jerawat di wajah.


Tips Merawat Wajah Agar Terhindar Dari Jerawat

Jerawat bisa timbul karena berbagai faktor, termasuk gaya hidup, pola makan dan kebiasaan buruk yang bisa berdampak pada kesehatan kulit wajah kita. Untuk itu, PergiKuliner akan kasih beberapa tips merawat wajah agar terhindar dari masalah jerawat, bisa langsung dipraktekkan di rumah karena tipsnya sangat simple seperti berikut ini:


1. Menjaga Kebersihan Wajah

Kurangnya merawat dan menjaga kebersihan kulit wajah tentu bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Disarankan bagi kamu untuk rutin mencuci wajah setidaknya 2 kali dalam sehari. Hal ini guna menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah. Selain itu, mencuci wajah 2 kali sehari juga dapat membuat kulit tidak terlalu berminyak, sehingga jerawat akan menjadi berkurang. Namun jangan terlalu sering juga mencuci wajah karena dapat menimbulkan masalah kulit kering atau iritasi. Jangan lupa, hindari juga menyentuh wajah dengan tangan, karena bakteri yang ada bisa berpindah dan memicu masalah jerawat baru.


2. Gunakan Produk Sesuai Jenis Kulit

Penting untuk mengenali jenis kulitmu, karena hal ini dapat membantu kamu dalam memilih produk skincare dan kosmetik yang tepat. Produk untuk kulit kering tentu tidak cocok digunakan pada jenis kulit berminyak, begitu juga sebaliknya. Ada pun jenis kulit kombinasi, dimana area T zone yaitu sekitar hidung dan dahi cenderung lebih berminyak, sedangkan area U zone yaitu pipi dan dagu cenderung lebih kering. Jadi, pastikan kamu cocok dengan produk skincare dan kosmetik yang digunakan ya.


3. Perhatikan Asupan Makanan

Mungkin kamu sudah sering mendengar atau kerap diberi peringatan dari orang lain bahwa jangan terlalu banyak makan telur, karena nanti bisa jerawatan. Namun benarkah telur yang memiliki kandungan protein tinggi bisa menyebabkan jerawat? Sejauh ini, belum ada penelitian yang mengatakan adanya pengaruh signifikan antara protein telur dan jerawat. Namun jika kamu memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti protein telur, hal tersebut bisa saja memperparah kondisi jerawatmu. Ada baiknya kamu mengkonsultasikan diri pada dokter terpercaya mengenai masalah jerawat ini, karena kulit dan metabolisme setiap orang berbeda-beda.

Sophie Authentique

Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique

Toast Box

Foto Toast Box
Foto Toast Box
Foto Toast Box

H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Martabak Pecenongan 65A

Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A
Foto Martabak Pecenongan 65A

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
IXGKupmaqTZ
hodge4378@gmail.com | 12 Jun 2021 pk. 04:35 AM
Foto user umum
hcdHAMYFgL
hodge4378@gmail.com | 12 Jun 2021 pk. 04:35 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?