Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan antara Teh Hijau Jepang (Green Tea) dan Matcha

List Artikel
5 Oktober 2015 | 0 Komentar
Dewasa ini, banyak sekali minuman atau makanan yang menggunakan matcha sebagai bahan campuran. Namun, tahukah kamu bahwa teh hijau Jepang (green tea) dengan matcha adalah dua hal berbeda? Jangan ngaku pecinta matcha kalau kamu tidak tahu perbedaan keduanya. Penasaran perbedaan teh hijau Jepang (green tea) dengan matcha? Simak ya!


1. Proses Pembuatan


Sumber: wartakesehatan.com

Proses pengolahan teh hijau Jepang (green tea) hampir sama dengan teh hitam, yaitu melakukan pengeringan pada daun, setelah itu dikemas menjadi teh celup atau diseduh langsung dengan air panas. Lain halnya dengan matcha, setelah daun dikeringkan lalu ditumbuk sampai halus. Hal inilah, yang menyebabkan seluruh daun pada matcha dapat dikonsumsi sedangkan teh hijau Jepang (green tea) tidak. 
 

2. Kegunaan


Sumber: pergikuliner.com

Karena bentuknya yang berupa bubuk, matcha bisa dijadikan bahan campuran hampir semua jenis makanan dan minuman, sedangkan teh hijau Jepang (green tea) jarang sekali dijadikan bubuk.
 

3. Kandungan


Sumber: wartakesehatan.com

Kandungan antara matcha dan teh hijau Jepang (green tea) juga berbeda. Matcha mengandung kafein, polifenol, antioksidan lebih tinggi (termasuk EGCG), dan L-Theanine lebih banyak daripada rata-rata teh hijau Jepang (green tea). Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa matcha dapat menurunkan berat badan karena memiliki kemampuan membakar lemak, mencegah kanker, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi.
 

4. Warna dan Rasa


Sumber: pergikuliner.com

Warna matcha hijau terang dan pekat sedangkan teh hijau Jepang (green tea) lebih gelap juga lebih jernih. Untuk rasa teh hijau Jepang (green tea) mempunyai rasa yang segar sedangkan matcha lebih creamy.
 

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Coffee Kulture

Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture

Shirokuma

Foto Shirokuma
Foto Shirokuma
Foto Shirokuma

Matchafuku Japanese Dessert

Foto Matchafuku Japanese Dessert
Foto Matchafuku Japanese Dessert
Foto Matchafuku Japanese Dessert

Jadi, kamu lebih suka teh hijau Jepang (green tea) atau matcha?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?