Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa tapi Tak Sama, Cek Perbedaan Mantau dan Bakpao

List Artikel
1 Juni 2023 | 0 Komentar

Keberadaan kuliner Tionghoa di Indonesia sudah sangat terkenal. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya restoran Chinese food yang menjual beragam kuliner khas Tionghoa seperti mantau dan bakpao. Mantau dan bakpao menjadi dua kuliner khas Tionghoa yang sering kali salah dikenali. Pasalnya, kedua kuliner ini sama-sama termasuk dalam kategori roti khas Tionghoa yang cara memasaknya dengan cara dikukus sehingga dijuluki dengan nama roti kukus ala Tionghoa. Meskipun demikian, roti mantau juga bisa digoreng, tapi kebanyakan memang dimasak dengan cara dikukus. Berhubung sama-sama roti kukus, tak heran jika keduanya ini sering salah dikenali. Padahal mantau dan bakpao ini sangat berbeda, baik itu dari segi tampilan, isian, tekstur, dan rasanya. Supaya kamu bisa membedakan keduanya dengan mudah, yuk langsung kita cek bersama perbedaannya di bawah ini!

 


Sumber: pergikuliner.com


Dari Segi Tampilan

Jika dilihat dari segi tampilannya, mantau dan bakpao ini terlihat sangat berbeda. Mantau memiliki tampilan yang lebih kecil dengan bentuk agak memanjang seperti pipa yang terbelah. Sementara untuk bakpau berbentuk bulat dengan bagian bawah yang pipih rata. Pada bakpao, kita bisa menjumpai bagian atas yang membulat utuh atau yang berbentuk merekah seperti bunga. Perbedaan bentuk atas dari bakpao ini menandakan isian yang ada di dalamnya. Biasanya untuk bakpao dengan isian daging, bagian atasnya akan dibuat mekar seperti bunga.

 

Dari Segi Bahan Pembuatan dan Isian

Jika dilihat segi bahan-bahan pembuatannya, keduanya ini memang tidak jauh berbeda. Bahan dasar pembuatan mantau dan bakpao adalah sama-sama dibuat dari bahan dasar tepung terigu, gula pasir, ragi, dan mentega. Meski bahan dasarnya sama, isian dari bakpao dan mantau ini sangat jauh berbeda karena mantau tidak memiliki isian alias polos begitu saja. Bakpao aslinya hanya memiliki satu isian yakni daging babi yang dicincang lalu dibumbui dengan bumbu rempah. Nama bakpao sendiri diambil dari kata ‘bak’ yang berarti bungkusan dan ‘pao’ yang artinya adalah daging. Jadi, jika kedua nama tersebut digabungkan akan memiliki artian bungkusan daging. Meski aslinya menggunakan isian daging, sekarang ini bakpao sudah memiliki banyak ragam isian, mulai dari isian pasta kacang hijau, cokelat, keju, hingga sayuran.

 


Sumber: cookpad.com


Dari Segi Tekstur dan Rasa

Jika dilihat dari segi teksturnya, bakpao dan mantau sama-sama memiliki tekstur yang sangat lembut karena dibuat dengan cara dikukus. Meski demikian, tekstur bakpau jauh lebih lembut dari tekstur mantau karena ada campuran sedikit tepung berasnya. Ditambah lagi, proses proofing pada bakpao terbilang lebih lama dibandingkan dengan mantau. Sementara untuk mantau, teksturnya cenderung lebih padat dan agak kenyal karena proses proofing-nya juga tidak terlalu lama. Jika dilihat dari segi rasanya, keduanya ini sudah pasti berbeda karena bakpao punya banyak ragam isian sehingga rasanya bisa bervariasi, ada yang gurih dan ada yang manis. Sedangkan untuk mantau rasanya cenderung manis.

 

Dari Segi Cara Penyajian

Perbedaan yang terakhir bisa dilihat dari segi cara penyajiannya. Untuk cara penyajiannya, bakpao disajikan begitu saja alias tidak ditambahkan apa pun karena roti kukus ini sudah kaya akan rasa dengan isian yang ada di dalamnya. Berbeda dengan mantau yang tidak memiliki isian sehingga disajikan dengan pelengkap susu kental manis. Dengan ditambahkan cocolan susu kental manis, maka mantau akan memiliki tambahan rasa yang manis.

 

Bagaimana menurut kamu mengenai perbedaan mantau dan bakpao yang ada di atas? Apakah setelah melihat penjelasan di atas, kamu bisa mengenali keduanya dengan lebih mudah? Buat kamu yang ingin menyantap bakpao dan mantau khas China, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Bapao Legenda

Foto Bapao Legenda
Foto Bapao Legenda
Foto Bapao Legenda

Yinyang Dimsum

Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum

Bakpao Song Bie Pak Dargo

Foto Bakpao Song Bie Pak Dargo
Foto Bakpao Song Bie Pak Dargo
Foto Bakpao Song Bie Pak Dargo

Bakpau A Satu

Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?