Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Wangi, Ini Manfaat Kayu Manis yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
24 Juni 2020 | 0 Komentar

Kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah yang terbilang langka dan sulit didapat. Tapi tentu saja hal ini tidak berlaku di Indonesia karena kayu manis bisa kamu dapatkan dengan mudah di negara yang kaya akan rempah-rempahnya seperti Indonesia. Berhubung mudah didapat dan harganya juga sangat terjangkau, maka tak heran kalau kayu manis digunakan dalam berbagai masakan dan juga olahan dessert. Kayu manis memiliki aroma rempah yang sangat wangi dan kuat. Dengan ciri khas ini, maka kita bisa tahu apakah masakan dan dessert yang disantap ada campuran kayu manisnya atau tidak. Tapi tak hanya wangi saja, ternyata kayu manis juga punya banyak manfaat untuk tubuh, seperti:



Sumber: Kumparan.com


Bisa Menangkal Radikal Bebas

Manfaat yang pertama dari kayu manis adalah bisa menangkal radikal bebas karena di dalam kayu manis terdapat kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang sangat tinggi. Ditambah lagi adanya kandungan yang bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mencegah beragam penyakit kronis yang membahayakan tubuh.


Menurunkan Gula Darah

Kayu manis jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan gula darah secara teratur. Adaya kandungan antioksidan dalam katu manis bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah, memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Kayu manis juga terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke dalam aliran darah setelah makan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah enzim pencernaan untuk memperlambat penguraian karbohidrat pada saluran pencernaan.


Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau kayu manis ternyata bisa mengurangi resiko kadar kolesterol jahat dan menstabilkan kolesterol baik sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Dengan kayu manis sebanyak 120 mg per hari dapat memunculkan manfaat pengurangan dari resiko penyakit jantung.


Mencegah Resiko Penyakit Kanker

Kayu manis juga dapat mencegah resiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan dalam kayu manis terdapat enzim detoksifikan yang ada pada usus besar sehingga bisa melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Kamu bisa mengonsumsi kayu manis yang dicampur dengan minuman teh atau kopi sehingga dapat dikonsumsi setiap hari.


Memerangi Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat yang terakhir dari kayu manis adalah bisa memerangi infeksi bakteri dan jamur yang menyerang tubuh. Kayu manis memiliki kandungan senyawa cinnamaldehyde yang bekerja dalam mengobati infeksi saluran pernafasan yang dapat disebabkan oleh jamur. Tak hanya itu saja, kayu manis juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti listeria dan salmonella.  


Itulah beberapa manfaat dari kayu manis yang perlu kamu ketahui. Jadi mulai sekarang, kamu tak perlu ragu lagi mengonsumsinya ya!

Street Churros

Foto Street Churros
Foto Street Churros
Foto Street Churros

Filosofi Kopi

Foto Filosofi Kopi
Foto Filosofi Kopi

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

J.CO Donuts & Coffee

Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?