Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Simpan Tahu Agar Tak Mudah Basi Sebelum Digunakan

List Artikel
1 Februari 2023 | 0 Komentar

Teman Kuliner suka makan tahu? Tahu merupakan salah satu kuliner yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Pasalnya tahu memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, tahu juga mudah dijumpai, baik di pasar tradisional hingga pasar swalayan. Tahu juga kaya akan kandungan nutrisi, mulai dari protein dan vitamin di dalamnya. Jadi tak heran kalau tahu sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. 



Sumber: Liputan6.com


Sayangnya tahu ini sangat mudah sekali basi. Biasanya jika dibiarkan saja di suhu ruangan, tahu hanya bisa bertahan 1-2 hari, tergantung dari jenis tahunya. Indonesia memiliki banyak sekali jenis tahu seperti tahu cokelat, tahu sumedang, tahu sutera, tahu kacang hijau, tahu kuning, hingga tahu susu. Untuk itu PergiKuliner sudah siapkan tips dan trik cara menyimpan tahu yang baik dan benar agar tidak mudah basi. Dibaca baik-baik ya!



Sumber: Indonesiapropertiexpo.com



Simpan di Dalam Kulkas atau Freezer

Tips simpan tahu agar tak mudah basi sebelum digunakan pertama adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas atau lemari pendingin. Udara dingin di dalam kulkas bisa menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan tahu mudah berjamur dan basi. Jika disimpan di dalam kulkas, tahu jenis apapun bisa awet bertahan 3-5 hari ke depan. Tapi jika kamu menyimpannya di dalam freezer, tahu bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Namun kamu perlu mengingat bahwa tahu yang disimpan di dalam freezer bisa berkurang kadar airnya sehingga teksturnya akan berbeda menjadi kurang lentur dan lembut.

 

Simpan dalam Wadah Tertutup

Tips menyimpan tahu agar tidak mudah basi selanjutnya adalah selalu menyimpan tahu di dalam wadah yang tertutup rapat, baik itu disimpan di dalam kulkas maupun freezer. Tahu jenis apapun harus selalu disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat supaya nantinya tidak terkontaminasi bakteri. Jika tidak ada wadah yang tertutup rapat, kamu bisa menggunakan kantong plastik yang nantinya diikat rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya. Cara ini berlaku untuk menyimpan aneka jenis tahu.


Ganti Air Tahu dengan Air Mineral yang Diberi Garam

Tips selanjutnya untuk menyimpan tahu agar tidak mudah basi adalah mengganti air tahu dengan air mineral. Cara ini berlaku untuk segala jenis tahu kecuali tahu sumedang dan tahu cokelat segitiga. Saat membeli tahu biasanya tahu akan direndam dalam air untuk menjaga kelembapan dan juga teksturnya. Kamu harus mengganti air tahu dengan air mineral yang lebih steril. Jika tahu belum digunakan keesokan harinya, maka ganti lagi airnya setiap hari agar tahu lebih awet. Berhubung mengganti air tahu bisa membuat rasa asin dari tahu berkurang, kamu juga bisa menambahkan garam di dalam air tahu sehingga rasa asinnya tidak berkurang. Dengan menambahkan garam, tahu bisa lebih awet.

 

Kukus Tahu Sebelum Disimpan

Tips lainnya jika ingin menyimpan tahu adalah dengan cara mengukusnya terlebih dahulu. Dengan mengukusnya, bakteri yang ada di dalam tahu bisa hilang. Setelah dikukus selama kurang lebih 5-10 menit, kamu bisa menyipannya di dalam wadah tertutup dan disimpan di suhu ruangan atau kulkas. Sebelum menutup wadah penyimpanan, pastikan kalau tahu sudah benar-benar dingin sehingga tahu bisa lebih awet saat disimpan.



Sumber: Pergikuliner.com


Itu dia beberapa tips menyimpan tahu agar tidak mudah basi. Cukup mudah dilakukan bukan? Kalau kamu merasa tidak mau ribet tapi kepingin banget menyantap aneka olahan tahu, kamu bisa mampir ke beberapa tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

Kupat Tahu Gempol

Foto Kupat Tahu Gempol
Foto Kupat Tahu Gempol
Foto Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo
Foto Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Tahu Susu Cihuni

Foto Tahu Susu Cihuni
Foto Tahu Susu Cihuni
Foto Tahu Susu Cihuni

Mo Tahu Aja!

Foto Mo Tahu Aja!
Foto Mo Tahu Aja!
Foto Mo Tahu Aja!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?