Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengulik Ragam Minuman Tradisional Khas Indonesia

List Artikel
8 Juli 2015 | 1 Komentar

Indonesia memiliki banyak sekali ragam minuman khas dari berbagai daerah, mulai dari Sabang hingga Merauke. Minuman tradisional khas Indonesia tersebut dibagi menjadi dua kelompok besar, yakni minuman dingin yang cocok disantap saat terik matahari di siang hari dan minuman hangat yang cocok diseduh sebagai penghangat tubuh. Apa aja sih minuman-minuman tradisional khas Indonesia tersebut? Nah, ini dia 9 minuman khas Indonesia yang terkenal dari Sabang sampai Merauke versi PergiKuliner!



1. Cendol



Sumber: pergikuliner.com


Cendol terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda, minuman ini dikenal dengan nama cendol, sedangkan di Jawa Tengah minuman ini lebih dikenal dengan nama dawet.



2. Es Pisang Ijo



Sumber: pergikuliner.com


Berasal dari Makassar, es ini terbuat dari pisang raja yang dililit dengan adonan tepung beras dan diberi warna hijau. Dalam penyajiannya, es ini biasanya ditaburi dengan kacang merah, es serut, sirup, dan juga susu kental manis. Es pisang ijo menghadirkan rasa yang manis, kenyal, dan segar dalam waktu yang bersamaan.



3. Bajigur


Sumber: Selasar


Bajigur merupakan minuman khas dari Sunda. Bahan utamanya terdiri dari gula aren dan santan. Biasanya, minuman ini diberi sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili untuk tambahan rasa. Minuman panas ini biasa disantap di malam hari sebagai minuman penghangat tubuh.



4. Sekoteng



Sumber: Tempat Berwisata Murah

 

Berasal dari Jawa Tengah, minuman yang terbuat dari jahe ini biasanya dihidangkan selagi masih panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Sama seperti bajigur, sekoteng juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.



5. Es Teler



Sumber: Flickr


Es teler merupakan minuman yang berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa susu kental manis dan sirup. Es yang digunakan dalam minuman ini biasanya berupa es serut atau es batu.



6. Es Oyen



Sumber: Flickr


Konon katanya es oyen berasal dari Bandung. Tetapi nyatanya, es ini lebih terkenal di daerah Surabaya. Es oyen berisi buah-buahan seperti alpukat, nangka, mangga, dan kelapa muda yang kemudian disiram dengan santan, susu kental manis, dan juga es serut.



7. Es Selendang Mayang



Sumber: Ensiklopedia Indonesia


Es selendang mayang berasal dari Betawi. Rasanya yang legit dan manis paling enak dimakan dalam keadaan dingin. Es ini terdiri dari kue yang dibuat dari adonan sagu aren yang diwarnai merah, hijau, dan putih. Kue tersebut kemudian dipotong-potong lalu disiram dengan gula merah cair, kuah santan, dan es batu. 



8. Es Doger



Sumber: Ibu Kita


Es doger sangat populer dalam kebudayaan Betawi. Es ini biasa disajikan dengan serutan kelapa muda, pacar cina, ketan hitam, serta tape. Jika dulunya es doger banyak kita jumpai di pinggir jalan, saat ini kita akan banyak menemukannya di acara hajatan atau pernikahan sebagai menu dessert.



9. Wedang Ronde



Sumber: Dapur Solo


Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Jawa. Minuman hangat ini terbuat dari  seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Minuman ini biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, kolang-kaling, dan potongan roti.


Nah, itu dia beberapa minuman tradisional khas Indonesia. Jadi ngiler kan pengen nyobain? Biar ngidamnya kesampean, samperin yuk kedai-kedai minuman khas Indonesia berikut ini!


Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Fantasi Ronde

Foto Fantasi Ronde

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho

Oma Ronde

Foto Oma Ronde

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
yuk mampir untuk melihat minuman tuak di http://sahabatjrsaragih.com/2016/06/20/minuman-tuak-khas-simalungun/
sapta.sandi@yandex.com | 02 Jul 2016 pk. 08:57 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?