Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Menu Prasmanan Nikahan yang Jadi Favorit Tamu Undangan

List Artikel
26 September 2023 | 0 Komentar

Pesta pernikahan tidak hanya terfokus pada pengantin dan dekorasinya saja, tapi juga makanan yang disajikan. Di Indonesia, sistem hidangan pesta pernikahan untuk para tamu undangan umumnya menggunakan konsep prasmanan. Prasmanan merupakan cara menjamu makan dengan mempersilakan tamu mengambil dan memilih sendiri hidangan yang sudah ditata di meja panjang. Konsep prasmanan ini biasanya digunakan di pesta pernikahan, acara arisan, hingga restoran hotel bintang lima. Dalam sebuah konsep prasmanan, akan ada banyak menu makanan yang disajikan. Rata-rata akan menyajikan kurang lebih 7-10 menu, tapi ada juga yang lebih banyak. Dari sekian banyak menu prasmanan nikahan, berikut ini ialah 7 menu prasmanan nikahan yang jadi favorit tamu undangan.

 

1. Sate Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Menu prasmanan nikahan pertama yang jadi favorit tamu undangan adalah sate ayam. Menu ini sangat disukai para tamu undangan karena merupakan hidangan yang sederhana tetapi lezat. Sate ayam cocok disantap dengan nasi maupun lontong. Rasa daging ayam yang gurih dengan kombinasi bumbu kacang yang manis ini membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk tamu undangan. Ditambah lagi, cara menyantapnya pun sangat mudah karena daging ayam sudah dipotong kecil-kecil dan ditusuk sate sehingga cocok untuk setiap kalangan usia. Jika ingin rasa yang pedas, kamu harus menambahkan sambal cabai ke dalam bumbu kacangnya. Dengan begitu, akan ada perpaduan rasa pedas dan manis yang bisa bikin ketagihan.

 

2. Ikan Goreng Asam Manis



Sumber: doyanresep.com


Ikan goreng asam manis menjadi salah satu menu prasmanan nikahan yang juga disukai tamu undangan. Ikan goreng asam manis sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat hingga nasi goreng. Jenis ikan goreng digunakan adalah ikan gurame hingga ikan kakap yang banyak dagingnya. Untuk membuat ikan goreng asam manis, daging ikan harus difilet lalu dibumbui. Setelah bumbu meresap, ikan dibalur dengan tepung lalu digoreng hingga garing. Setelah matang, ikan akan dicampur dengan saus asam manis. Perpaduan rasa gurih dari ikan dan saus asam manis yang lezat ini membuatnya menjadi menu yang disukai banyak tamu undangan. Selain itu, menu ikan goreng asam manis ini biasanya disajikan dalam potongan yang mudah dimakan sehingga tamu bisa dengan mudah mengambil sebagian kecil untuk dinikmati.

 

3. Daging Sapi Lada Hitam



Sumber: diahdidi.com


Daging sapi lada hitam juga sangat difavoritkan oleh tamu undangan. Untuk membuatnya, daging sapi yang digunakan adalah daging sapi biasa yang diiris tipis-tipis. Setelah diiris tipis, daging sapi akan ditumis bersama dengan bumbu seperti bawang putih, kecap asin, bawang bombay, cabai, saus tiram, minyak wijen, dan lada hitam. Daging sapi lada hitam memiliki rasa yang manis, asin, dan ada rasa pedas dari lada hitam. Aromanya sangat wangi sehingga menggugah selera. Rasa yang kompleks serta aroma yang kuat dari menu hidangan ini sering kali menjadi daya tarik utama bagi banyak orang. Penyajian dagingnya yang diiris tipis-tipis ini pun membuat hidangan ini mudah disantap oleh para tamu undangan.

 

4. Ayam Goreng Mentega



Sumber: unileverfoodsolutions.com


Menu olahan ayam goreng merupakan salah satu menu yang kerap muncul dan menjadi favorit dalam menu prasmanan nikahan. Olahan ayam goreng yang paling sering dijumpai pada menu prasmanan nikahan adalah ayam goreng mentega. Ayam goreng mentega dibuat dengan cara membumbui ayam dengan bumbu lalu digoreng hingga matang dan garing. Setelahnya, ayam akan ditumis dengan bumbu saus mentega seperti bawang bombay, saus tiram, saus sambal, saus tomat, dan pastinya mentega. Penggunaan mentega tidak hanya bisa membuat olahan ayam ini menjadi lebih wangi, tetapi juga membuat rasanya lebih enak. Selain rasanya yang lezat, ayam goreng mentega juga memiliki tampilan yang mengkilap dan warna yang menarik sehingga kerap menggugah selera para tamu undangan.

 

5. Nasi Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Meski terdengar klasik, nyatanya nasi goreng menjadi salah satu menu yang paling banyak disantap saat pesta pernikahan. Biasanya, sebagian tamu undangan mungkin merasa bosan menyantap nasi putih sehingga memilih nasi goreng sebagai alternatif yang lebih memanjakan lidah. Rasa nasi goreng yang gurih dan kaya akan bumbu ini membuatnya jadi pilihan populer yang bisa memenuhi selera berbagai tamu. Nasi goreng ini disantap dengan aneka lauk-pauk di atas seperti ikan goreng asam manis, ayam goreng mentega, sate ayam, daging sapi lada hitam, dan sebagainya. Nasi goreng yang disajikan adalah jenis nasi goreng klasik Indonesia yang berwarna agak oranye dengan campuran suwiran ayam, bakso, dan sayuran.

 

6. Sup Kimlo



Sumber: kurioapps.com


Saat melihat menu prasmanan nikahan, kamu pasti sering menjumpai menu sup kimlo. Sup kimlo sebenarnya diadaptasi dari masakan China tetapi dibuat supaya lebih familiar di lidah masyarakat Indonesia. Di dalam sup kimlo, terdapat isian wortel, jamur kuping, bihun atau soun, daun seledri, suwiran dada ayam, kembang tahu, hingga bunga sedap malam. Rasa dari sup kimlo sangat segar dan gurih sehingga cocok disantap dengan nasi putih hangat. Tampilannya yang berwarna-warni pun jadi daya tarik tersendiri sehingga bisa menggugah selera para tamu undangan untuk mencicipnya. Selain itu, faktor lainnya yang membuat sup kimlo menjadi pilihan favorit tamu undangan ialah makanan ini cocok untuk semua usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

 

7. Capcay



Sumber: pergikuliner.com


Selain sup kimlo, ada capcay yang menjadi pilihan lain untuk menu sayur-sayuran pada acara pernikahan. Capcay dibuat dengan mencampurkan berbagai macam sayur-sayuran seperti wortel, kembang kol, sawi hijau, sawi putih, hingga kapri. Semua sayuran tersebut ditumis bersama dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, lada, saus tiram, dan kecap asin. Selain sayuran, capcay juga terkadang diberi campuran irisan bakso, sosis, dada ayam filet, atau aneka seafood seperti udang hingga cumi. Kombinasi bahan-bahan tersebut membuat capcay memiliki tampilan warna yang menarik serta rasa dan tekstur yang kompleks dari capcay membuatnya menjadi hidangan yang menggugah selera, sehingga makanan ini kerap jadi favorit banyak tamu undangan.


Itulah beberapa menu prasmanan nikahan yang jadi favorit para tamu undangan. Dari ketujuhnya, manakah yang paling kamu sering santap saat menghadiri pesta pernikahan? Setiap menu prasmanan nikahan tentu memiliki daya tariknya sendiri yang dapat memenuhi selera berbagai tamu undangan yang berbeda-beda. Jika kamu ingin menjelajahi kelezatan kuliner Indonesia, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran yang bisa kamu kunjungi!

Roemah Legit

Foto Roemah Legit
Foto Roemah Legit
Foto Roemah Legit

Plataran Menteng

Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng

Michael's Garden

Foto Michael's Garden
Foto Michael's Garden
Foto Michael's Garden

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

RM Bumi Aki

Foto RM Bumi Aki
Foto RM Bumi Aki
Foto RM Bumi Aki

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?