Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Tradisi Kuliner Saat Natal di Italia

List Artikel
15 Desember 2023 | 0 Komentar

Menjelang perayaan Natal, kita pasti akan disibukkan dengan segala macam persiapan. Di Indonesia tentu saja kita memiliki tradisi kuliner Natal yang berbeda-beda tergantung dari daerah tempat tinggalmu. Biasanya tradisi kuliner Natal ini dipengaruhi oleh kuliner setempat atau kuliner tradisional yang ada di daerah tersebut. Tapi tak hanya di Indonesia saja, di Italia juga ada tradisi kuliner saat Natal yang bisa kamu tiru untuk merayakan Natal dengan cara yang berbeda dari biasanya. Seperti yang kita ketahui, Italia merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Beberapa kuliner Italia bahkan sudah mendunia seperti pasta, pizza, espresso, dan masih banyak lagi. Ketika Natal tentu saja akan ada tradisi kuliner yang berbeda dari biasanya. Apa saja tradisinya? Intip penjelasannya di bawah ini!


1. Feast of The Seven Fishes



Sumber: Eatthis.com


Tradisi kuliner saat Natal di Italia yang pertama adalah feast of the seven fishes. Tradisi kuliner ini yang paling populer dibanding tradisi kuliner saat Natal lainnya di Italia. sesuai dengan namanya, feast of the seven fishes merupakan sebuah kuliner yang menyediakan tujuh jenis seafood di dalamnya. Mulai dari ikan baccala, udang, kerang, tuna, belut, gurita, dan lain sebagainya. Kuliner ini selalu disajikan  setiap malam perayaan Natal di Italia. Tradisi kuliner saat Natal di Italia ini sudah ada sejak zaman Katolik Roma dan tetap dilestarikan hingga sekarang. Awalnya feast of the seven fishes hadir sebagai bentuk pilihan kuliner pengganti daging atau kalkun pada saat Natal, tapi kemudian menjadi tradisi yang berlangsung hingga sekarang.


2. Makan Natal di Siang Hari dengan Olahan Daging Khas Italia



Sumber: Notquitenigella.com


Di Italia, jamuan perayaan Natal tak hanya pada saat malam Natal saja, tapi juga pada saat siang harinya. Pada saat hari Natal tiba, waktu makan siang menjadi saat berkumpul bersama dengan keluarga dan saudara terdekat. Berbeda dengan malam Natal yang menyajikan feast of the seven fishes. Pada saat makan siang, biasanya masyarakat Italia akan menyantap pasta, daging kering, salumi, aneka keju Italia, hingga artichoke yang dikukus atau dipanggang. Jenis pasta yang digunakan pada jamuan makan siang Natal ini berbeda-beda tergantung daerahnya. Pada bagian Italia Selatan dan Pusat, masyarakatnya lebih suka menyantap pasta panggang gurih. Sementara orang-orang di Italia Utara lebih suka menyantap pasta berjenis lasagna dan pasta padat seperti manicotti dan raviolli.


3. Santo Stefano's Lunch


Sumber: Theweek.co.uk


Bagi masyarakat Italia, perayaan Natal tak hanya berlangsung pada tanggal 24 malam dan tanggal 25 saja, tetapi juga pada tanggal 26 Desember. Tradisi kuliner saat Natal di Italia ini dinamakan santo stefano lunch. Tradisi makan siang ini dilakukan guna menghabiskan makanan sisa dari perayaan Natal kemarin. Meski demikian, hidangan sisa tersebut tidak disajikan begitu saja, melainkan dimodifikasikan dengan beragam tambahan menu lainnya sehingga menghadirkan rasa yang berbeda.


4. Kue Pandoro dan Panettone yang Tak Boleh Ketinggalan



Sumber: Eataly.com


Pada perayaan Natal di Italia, selalu ada dua jenis kue yang tak boleh ketinggalan untuk disajikan di atas meja makan, yakni kue pandoro dan panettone. Hampir semua rumah yang ada di Italia menyajikan kedua menu kue ini ketika perayaan Natal. Kue pandoro merupakan jenis kue Natal yang asalnya dari kota Verona dan sudah ada sejak abad ke-18 sehingga termasuk dalam jenis kue klasik Italia. Tampilannya mirip frustum atau seperti limas yang di dalamnya terdapat isian krim atau cokelat dan bagian atasnya ditabur gula halus. Cita rasanya manis legit. Sementara kue panettone adalah kue bergaya Milan yang miirp muffin dengan isian manisan buah dan aneka buah-buahan kering.


5. Sajian Abbacchio Pada Malam Natal



Sumber: Mday.info


Tradisi kuliner saat Natal di Italia yang terakhir adalah tradisi penyakian abbacchio pada saat malam perayaan Natal. Abbacchio ini dibuat dari daging domba yang dipanggang dan disajikan dengan kentang. Tidak seperti negara-negara Eropa kebanyakan yang mengonsumsi kalkun panggang pada saat malam Natal, masyarakat Italia justru lebih suka mengonsumsi daging domba panggang pada malam Natal. Tradisi mengonsumsi daging domba ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan masih berlangsung hingga sekarang.


Itu dia lima tradisi kuliner saat Natal di Italia, seru dan unik-unik ya teman kuliner? Nah, kalau kamu jadi ingin menikmati malam Natal dengan memakan masakan khas Italia, PergiKuliner sudah punya rekomendasi restoran Italia terbaik buat kamu datengin di bawah ini!

The Garden Osteria

Foto The Garden Osteria
Foto The Garden Osteria
Foto The Garden Osteria

Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam

Foto Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam
Foto Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam
Foto Le Gran Cafe - Hotel Gran Mahakam

Plataran Tiga Dari

Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari

NIX Kitchen & Bar

Foto NIX Kitchen & Bar
Foto NIX Kitchen & Bar
Foto NIX Kitchen & Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?