Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Bagian Daging Sapi Terbaik yang Populer dan Banyak Diolah

List Artikel
30 Juli 2020 | 0 Komentar

Daging sapi menjadi salah satu makanan yang kaya akan protein hewani. Di antara jenis daging-daging lainnya, daging sapi memang yang paling banyak disantap oleh masyarakat dunia selain daging ayam. Daging sapi menghadirkan cita rasa yang lezat dengan tekstur daging yang berserat sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat disantap. Daging sapi biasanya paling umum diolah menjadi steak, tumisan, dijadikan campuran sup, dan diolah menjadi daging burger. Meski sekilas terlihat sama, tapi daging sapi memiliki banyak bagian yang perlu kamu ketahui. Masing-masing bagian daging sapi ini memiliki karakteristik tersendiri yang menghadirkan tekstur serta cita rasa yang berbeda. Dari beberapa bagian daging sapi, ada tujuh bagian yang paling populer dan banyak digunakan dalam dunia kuliner, yaitu:


1. Sirloin



Sumber : Amazonaws.com


Bagian daging sapi yang paling populer karena paling sering dijadikan sebagai olahan steak. Sirloin adalah daging sapi has luar. Sirloin memiliki rasa yang lebih gurih dan kenyal karena bagian daging sapi ini punya lapisan lemak yang cukup tebal pada bagian luarnya sehingga pada saat dimasak akan mengeluarkan minyak alami yang dapat melapisi bagian dalam daging sehingga tetap juicy dan kenyal. Selain untuk steak, sirlon juga sering dijadikan tumisan atau sup.


2. Tenderloin



Sumber: Shopify.com


Bagian kedua daging sapi yang paling populer adalah tenderloin. Tenderloin merupakan bagian daging sapi has dalam.Perbedaan dari daging sapi had dalam ini dengan daging has luar adalah kadar lemaknya. Daging has dalam atau tenderloin ini memiliki lemak yang jauh lebih sedikit sehingga tekstur dagingnya jauh lebih lembut dan pastinya harganya lebih mahal jika dibandingkan sirloin. Tenderloin lebih sering dijadikan steak atau BBQ.


3. Brisket



Sumber: Jesspryles.com


Brisket menjadi bagian daging sapi terbaik lainnya yang banyak digunakan pada dunia kuliner. Mungkin bagi kamu, nama brisket tidak terlalu dikenal karena di Indonesia daging brisket lebih dikenal dengan nama daging sandung lamur. Daging sandung lamur ini banyak digunakan pada masakan yang berkuah seperti soto, opor, semur, hingga sup. Tapi selain itu, masyarakat Indonesia juga sering menggunakan daging sandung lamur ini untuk diolah menjadi rendang.


4. Gandik



Sumber: Agromeatshop.com


Berikutnya ada gandik yang merupakan bagian terluar paha belakang sapi. Teksturnya padat dan berlemak. Saat dimasak, daging gandik akan memiliki cita rasa yang gurih karena lemaknya bisa berubah menjadi minyak alami. Daging gandik ini banyak digunakan pada olahan kuliner dari Sumatera seperti dendeng dan rendang karena serat dagingnya padat sehingga sangat mudah untuk dipotong-potong.


5. Sengkel



Sumber: Daging.co.id


Daging sengkel sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Daging sengkel merupakan bagian depan atas kaki sapi. Bagian daging ini punya kandungan kolagen yang sangat tinggi sehingga seringkali dimasak menjadi olahan rebusan seperti semur, sup, soto, dan gulai. Rebusan kaldu daging sengkel memiliki cita rasa yang sangat kaya. Untuk teksturnya sendiri, daging sengkel sebenarnya agak kenyal karena punya lemak yang cukup banyak.


6. Iga Sapi



Sumber: Kompas.com 


Iga sapi di Indonesia sangat terkenal karena bisa diolah menjadi aneka olahan beragam, mulai dari sup iga, soto iga, hingga iga bakar. Sesuai dengan namanya, iga sapi adalah bagian iga dari sapi. Dagingnya memang tidak sebanyak bagian daging sapi lainnya, tapi daging iga sapi memiliki cita rasa yang sangat gurih dan lebih terasa cita rasanya karena bagian dagingnya menempel pada tulang.


7. Tanjung




Sumber: Buffyprimecuts.wordpress.com


Terakhir ada daging sapi bagian punggung. Bagian daging ini punya karakteristik yang unik karena meski banyak lemaknya, tekstur dagingnya ini terbilang cukup lembut dan lunak. Inilah yang membuatnya banyak disukai. Di Indonesia,daging tanjung banyak digunakan sebagai olahan sate, sup, atau tumisan. Sementara di luar negeri lebih sering dimasak menjadi sup.


Itulah beberapa bagian dari daging sapi yang sangat populer dan banyak digunakan pada aneka kuliner. Dari ketujuh daging sapi di atas, kamu lebih suka mengolah atau mengkonsumsi yang mana nih?

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Altitude Grill

Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill

Social House

Foto Social House
Foto Social House
Foto Social House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?