Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gandum Vs Oats, Ternyata Ini Perbedaan dan Manfaatnya!

List Artikel
13 November 2020 | 0 Komentar

Gandum dan oats merupakan dua jenis bahan makanan yang ternyata berasal dari satu famili yaitu serelia. Tak jarang kalau kita melihat di pusat-pusat perbelanjaan masih saja ada beberapa orang yang keliru dan sering salah menyebut antara gandum dengan oats. Kedua bahan makanan ini memang dapat dijadikan makanan yang bernama sereal. Namun meski begitu, keduanya tetaplah berbeda satu sama lain.



Sumber: Alodokter.com


Gandum adalah bahan makanan yang tidak bisa dimakan langsung, melainkan harus mengalami sebuah proses pengolahan hingga menjadi tepung. Dari tepung gandum inilah biasanya akan diproses kembali menjadi makanan seperti sereal, roti, dan lainnya. Sedangkan, oats merupakan bahan makanan yang dapat dinikmati langsung seperti bubur oatmeal yang sering kita jumpai di supermarket. Lalu perbedaan lainnya juga menunjukkan bahwa gandum termasuk jenis rumput-rumputan, sementara oats tergolong dalam jenis biji-bijian.



Sumber: Pergikuliner.com


Sebagai info tambahan, keduanya ini memang bagus sebagai makanan diet yang dapat menurunkan berat badan. Baik gandum maupun oatmeal memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menjaga perut dari rasa lapar dan mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama. Disamping itu pula, kedua bahan makanan ini ternyata bersahabat dengan penderita penyakit jantung karena kandungannya yang rendah kolestrol.


Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada gandum dan oats. Ternyata kandungan gizi dari oats jauh lebih unggul dibandingkan dengan gandum yakni setiap 100 gram oats terdapat serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sebanyak 16 gram. Sementara itu, gandum hanya mengandung 2,2 gram serat larut dan 13,7 gram protein.



Sumber: Pedulisehat.info


Untuk lebih lengkapnya, kita juga harus mengetahui manfaat dari masing-masing bahan makanan ini untuk kesehatan. Gandum memiliki segudang manfaat untuk mengurangi resiko diabetes, menghindari terjadinya peradangan akut, menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan organ pencernaan, mencegah penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan asma, serta menjaga berat badan agar tetap stabil.

Manfaat oat sendiri sebenarnya juga hampir sama dengan gandum yakni oats dapat dikonsumsi oleh penderita celiac (tidak bisa mencerna senyawa gluten yang terdapat pada gandum), mengurangi kadar kolestrol, kaya akan antioksidan, mencegah penyakit kanker payudara, menghindari penyakit diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan berat badan.


Nah itulah sekilas pembahasan tentang karakteristik dan manfaat dari kedua bahan makanan ini, baik gandum maupun oats sama-sama kaya manfaat dan sangat bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh. Nah, jika teman PergiKuliner ingin bergaya hidup dengan makan-makanan yang sehat, bisa coba mencicipi makanan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?