Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

3 Faktor Kenikmatan Kopi yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
13 November 2020 | 0 Komentar

Kopi memang bukan pendatang baru di dalam dunia kuliner, namun penikmat kopi di Indonesia bisa dibilang meningkat setiap tahunnya. Selain banyaknya penikmat kopi di Indonesia, Indonesia terkenal akan aneka jenis kopi dengan rasanya yang khas, mulai dari kopi Gayo, Lampung, Toraja, Arabica dari Papua, Kintamani dari Bali, dan masih banyak lagi. Para pecinta kopi di Indonesia mungkin sudah hafal dengan jenis dan karakteristik kopi-kopi yang ada. Namun, tahukah kamu ada banyak faktor yang membuat rasa kopi terasa lebih nikmat. Dari sekian banyak faktor, ada tiga yang paling utama dan wajib diketahui oleh para penikmat kopi. Berikut tiga faktor yang mempengaruhi kenikmatan kopi, yaitu:



Sumber: Pergikuliner.com


1. Pemilihan Biji Kopi

Kopi yang nikmat merupakan hasil kombinasi dari biji kopi berkualitas. Untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas, pertama harus memperhatikan jenis kopi yang dipilih. Karakter tiap biji dari tiap daerah berbeda-beda. Selain itu kesegaran biji kopi pun sangat berpengaruh selain itu lama penyimpanan kopi setelah di panen hanya enam bulan. Biji-biji kopi yang melalui perjalanan panjang hingga sampai dan dijual di suatu tempat memerlukan  penanganan khusus agar rasanya bisa tetap enak.


2. Penggunaan Mesin Kopi

Setelah itu peralatan atau mesin pengolah kopi yang tepat. Sebuah mesin kopi akan sangat berpengaruh terhadap hasil racikan kopi seorang barista, karena semakin canggih fiturnya akan semakin meningkatkan keakuratan seorang barista dalam meracik kopi terbaik. Belakangan banyak yang menggunakan mesin kopi dengan volume metric karena kopi tidak akan menggumpal serta rasanya menjadi lebih konsisten.


3. Keahlian Barista

Kedua faktor di atas tidak akan ada artinya jika tidak memiliki barista yang ahli. Jam terbang barista sangat menentukan karena barista yang sudah berpengalaman pasti akan memiliki banyak teknik sehingga lebih ahli. Mereka juga pasti sudah banyak mengeksplor bahan dan lebih paham tentang karakteristik biji kopi suatu daerah.


Bagi pecinta kopi, menikmati kopi memang memiliki makna dan filosofinya tersendiri. Maka dari itu, banyak aspek-aspek penting yang harus diketahui para pecinta kopi pemula ketika ingin menjadi pecinta kopi sejati. Salah satunya adalah mengetahui tiga faktor kenikmatan kopi tadi. Nah, untuk menguji lidah kamu akan cita rasa kopi sekarang waktunya kamu mampir ke coffee shop rekomendasi Pergikuliner di bawah ini yuk!

Signal Coffee

Foto Signal Coffee
Foto Signal Coffee
Foto Signal Coffee

Bukan Ruang

Foto Bukan Ruang
Foto Bukan Ruang
Foto Bukan Ruang

Coffee Tea'se Me

Foto Coffee Tea'se Me
Foto Coffee Tea'se Me
Foto Coffee Tea'se Me

Kopimana27

Foto Kopimana27
Foto Kopimana27
Foto Kopimana27

Kyo Coffee

Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?