Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Uniknya 5 Es Khas Indonesia yang Menggunakan Campuran Roti Tawar

List Artikel
19 Oktober 2021 | 2 Komentar

Indonesia menjadi salah satu negara beriklim tropis yang ada di Asia Tenggara. Berhubung punya iklim tropis, maka tidak heran kalau kita bisa menjumpai aneka minuman dingin atau kuliner dingin yang bisa melepaskan dahaga saat cuaca sedang terik. Masing-masing daerah di Indonesia selalu punya minuman es khasnya sendiri, di antaranya ada yang menggunakan campuran roti tawar. Mendengar nama roti tawar dalam sajian es pastinya akan mengingatkan kita akan es krim Singapura yang menyajikan es krim batangan yang diapit dengan roti tawar layaknya sandwich. Tapi roti tawar dalam es khas Indonesia tidak seperti itu. Kebanyakan dari roti tawar dalam es khas Indonesia dijadikan sebagai topping hingga celupan. Daripada penasaran, yuk langsung lihat apa saja es khas Indonesia yang menggunakan campuran roti tawar!


1. Es Doger



Sumber: Sweetrip.id


Es khas Indonesia yang menggunakan campuran roti tawar adalah es doger. Es doger adalah es asal Cirebon yang identik dengan makanan kaki lima karena banyak dijual di pedagang gerobak. Bahan dasar pembuatannya adalah santan yang dicampur dengan sirup merah dan dibekukan lalu dihancurkan kemudian ditambahkan kelapa muda, ketan hitam, mutiara, tape ketan, dan pastinya roti tawar yang dipotong kotak dadu kecil. Untuk menambah rasa manis akan disiram dengan sedikit susu kental manis. Warnanya yang memiliki perpaduan merah muda, putih, dan cokelat sehingga terlihat cantik.


2. Es Podeng



Sumber: Twitter.com


Es podeng adalah salah satu es khas Indonesia yang menggunakan campuran roti tawar. Es ini juga termasuk dalam kategori jajanan kaki lima karena memang banyak dijual di gerobak pinggir jalan. Tidak diketahui secara pasti asal dari es podeng ini, tapi banyak yang nenduganya berasal dari Jawa Barat. Es podeng dibuat dari campuran es putar, sagu mutiara, potongan agar jelly, roti tawar kotak, kacang tanah sangrai, meises, dan susu kental manis. Beberapa orang menyebut es podeng adalah es dung-dung.


3. Es Kapal



Sumber: Facebook.com


Es kapal mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tapi bagi masyarakat Solo, es ini sangat populer. Es kapal diketahui sudah ada sejak tahun 50-an. Es kapal dibuat dari bahan dasar es serut yang disiram dengan santan kelapa cair dan susu kental manis yang disajikan dalam sebuah gelas berukuran cukup besar. Sebelum disajikan, akan ada roti tawar utuh yang diselipkan ke bagian dalam gelas. Jadi Teman Kuliner nantinya bisa menyantap roti tawar ini dengan dicocolkan ke es serut yang ada di dalam gelas.


4. Es Santan Ketan Hitam



Sumber: Petualang.travelingyuk.com


Selanjutnya ada es ketan hitam yang juga menjadi es khas Indonesia dengan campuran roti tawar. Es ketan hitam sudah pasti dibuat dari bahan dasar ketan hitam yang dikukus terlebih dahulu, lalu disajikan bersama dengan santan, sirup merah, dan es serut. Keunikan dari es ketan hitam ini adalah adanya roti tawar yang disajikan dalam keadaan utuh seperti es kapal. Roti tawar tersebut akan diselupkan secara utuh ke dalam gelas yang berisi es ketan hitam. Dengan adanya roti tawar, maka tekstur dari es ini akan menjadi lebih beragam karena ada tekstur kenyal dan lembut.


5. Es Campur Sirup Roti Tawar



Sumber: Sweetrip.id


Es khas Indonesia dengan roti tawar yang terakhir adalah es campur sirup roti tawar. Es ini dibuat dari bahan dasar roti tawar yang dipotong dadu besar lalu disajikan dengan santan, es serut atau es batu, cincau, sagu mutiara, susu kentak manis, dan aneka bahan lainnya. Teman Kuliner bisa menjumpai es campur sirup roti tawar tidak hanya di pedagang es, tapi biasanya juga ada di kedai bakso dan mie ayam karena sering dijadikan sebagai makanan penutup.

 

Bagaimana menurut Teman Kuliner? Aneka es khas Indonesia yang menggunakan campuran roti tawar di atas terlihat menggiurkan bukan? Nah, buat Teman Kuliner yang kepingin langsung makan yang segar-segar dan manis kayak es-es di atas, langsung aja yuk mampir ke kedai-kedai di bawah ini!

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Sinar Garut

Foto Sinar Garut
Foto Sinar Garut
Foto Sinar Garut

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Es Podeng GM

Foto Es Podeng GM
Foto Es Podeng GM

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
QUGRIeiyrg
mallissa9ap8d50@gmail.com | 19 Oct 2021 pk. 08:32 AM
Foto user umum
QbsZeCctIuFJy
mallissa9ap8d50@gmail.com | 19 Oct 2021 pk. 08:32 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?