Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pecinta Buah Wajib Tahu Jadwal Musim Buah di Indonesia

List Artikel
17 Maret 2021 | 0 Komentar

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki tanah sangat subur sehingga cocok untuk ditanami beragam jenis tanaman, termasuk tanaman buah-buahan. Tak heran kalau di negara ini, kita bisa dengan mudah menjumpai aneka buah-buahan tersebut dan pastinya bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Meski demikian, buah-buahan tersebut tidak setiap bulannya berbuah, melainkan ada musimnya tersendiri. Ketika musim buah tersebut datang, kita bisa menikmati buah tersebut sepuasnya karena jika sedang panen maka buahnya bisa melimpah. Bagi para pecinta buah, berikut ada jadwal musim buah yang perlu teman kuliner ketahui!

 


Sumber: Artprintimages.com


Januari-Februari

Pada bulan Januari dan Februari, jadwal musim buah di Indonesia ini akan punya banyak jenis buah yang sedang panen. Beberapa di antaranya adalah rambutan, manggis, sawo, kedondong, salak, alpukat,dan raja buah yakni durian. Buah-buahan ini sangat melimpah di bulan Januari dan jumlahya akan mulai sedikit di bulan Februari. Sementara itu untuk buah jambu biji, belimbing, jeruk nipis, duku, jeruk bali, nangka, pepaya, dan pisang akan lebih banyak di bulan Februari.


Maret-April

Di bulan Maret, buah-buahan yang ada di bulan Februari sebenarnya masih ada, hanya saja langka sekali sehingga hanya bisa dijumpai sedikit. Tapi untuk jadwal buah di bulan Maret akan ada beberapa buah yang masih panen seperti kedondong, salak, jambu biji, duku, jeruk bali, nangka, pepaya, dan sirsak. Sementara di bulan April, ada beberapa buah di bulan Maret yang masih bisa dijumpai di bulan April tapi tidak banyak seperti buah sirsak, jambu biji, pepaya, pisang, dan jeruk bali. Sebenarnya di bulan April tidak terlalu banyak buah yang panen, meskipun panen, hasilnya tidak terlalu banyak.


Mei-Juni

Jadwal musim buah selanjutnya ada di bulan Mei hingga Juni. Tak jauh berbeda dari bulan sebelumnya, kedua bulan ini juga tidak banyak buah yang dipanen. Hal ini karenakan buah-buah masih belum matang betul untuk dipanen. Beberapa buah yang sudah bisa dipanen pada bulan Mei dan Juni adalah sawo, kedondong, jambu biji, jeruk, pisang, pepaya, nangka, sirsak, dan kedondong. Meski sudah bisa dipanen tapi jumlahnya tidak banyak sehingga harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.


Juli-Agustus

Selanjutnya kita beralih ke bulan Juli hingga Agustus. Jadwal musim buah di bulan Juli hingga Agustus adalah buah jeruk manis, sirsak, nangka, jambu mete, jambu bol, jambu biji, jambu air, pepaya, dan pisang. Di bulan Juli hingga Agustus ini buah-buahan memang banyak yang belum bisa dipanen. Hanya saja di bulan depan, sudah mulai banyak buah yang bisa dipanen.


September-Oktober

Memasuki bulan September adalahjadwal musim buah melon. Kamu bisa dengan mudah menjumpai buah ini dengan harga yang sangat terjangkau karena memang sedang panen. Jenis melon yang bisa didapat adalah melon skyrocket, goldenmelon, hingga rock melon. Selain melon, ada beragam jenis jambu yang juga panen di bulan September hingga Oktober. Mulai dari jambu biji, jambu air, jambu mede, hingga jambu kristal. Tak hanya dua buah tersebut, buah pisang, sirsak, kedondong, nangka, jeruk bali, dan pepaya juga masih tersedia.


November-Desember

Memasuki penghujung tahun yakni bulan November hingga Desember, ada panen alpukat, manggis, durian, dan rambutan yang sangat melimpah  buahnya. Buah-buahan seperti pepaya, pisang, sirsak, nangka, kedondong, dan jambu air juga masih bisa kamu jumpai di kedua bulan ini. Hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak, terutama untuk sirsak dan kedondong.


Itulah jadwal musim buah di Indonesia yang sudah Pergikuliner rangkum informasinya buat teman kuliner. Setelah tahu apa saja musim buah di Indonesia, teman kuliner kepingin nunggu buah-buah tersebut panen sesuai jadwalnya atau justru sudah tidak sabar mengonsumsi aneka buah-buahan tersebut nih?. Kalau teman kuliner sudah ngidam banget, mampir aja ke tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini, karena teman kuliner tidak perlu menunggu buah favorit teman kuliner panen untuk dikonsumsi berupa smoothies atau jus buah.

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?