Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Minuman Fermentasi dari Seluruh Negara

List Artikel
8 November 2020 | 0 Komentar

Kuliner fermentasi tak hanya berlaku pada makanan saja. Selama ini kita sudah sering melihat makanan yang difermentasikan seperti tempe, oncom, hingga tape. Sedangkan untuk minuman fermentasi tidak terlalu sering. Hal ini dikarenakan minuman fermentasi biasanya akan mengandung alkohol, mulai dari yang kadarnya ringan hingga tinggi. Tak berbeda jauh dengan makanan berfermentasi, minuman berfermentasi ini juga dibuat dengan cara mencampur bahan minuman dengan ragi atau bahan lainnya lalu didiamkan dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga nantinya akan muncul bakteri baik yang nantinya bagus untuk sistem pencernaanmu. Di Indonesia, minuman fermentasi yang terkenal adalah tuak yang dibuat dari fermentasi air nira, beras, dan gula. Selain Indonesia, masih ada negara lain yang juga punya minuman fermentasi, seperti:


1. Kombucha



Sumber: Thehivebulkfoods.com


Aneka minuman fermentasi dari seluruh negara yang pertama adalah kombucha. Kombucha ini merupakan minuman hasil fermentasi dari teh hitam atau teh hijau yang dicampur dengan jamur ragi atau yang disebut "scoby" Kombucha asal Jepang ini tak hanya terkenal di negara asalnya saja, tetapi juga terkenal di Asia, terutama kawasan Asia Timur. Kombocha punya perpaduan citarasa asam dan  manis di mulut. Meski kombucha ini adalah minuman fermentasi, tapi uniknya, tekstur kombucha ini terasa sangat ringan saat kamu minum.


2. Makgeolli



Sumber: Eater.com


Minuman fermentasi lainnya yang masih berasal dari Asia Timur adalah makgeolli dari Korea. Makgeolli dibuat dari hasil fermentasi beras putih yang didiamkan dalam jangka waktu yang lama. Sekilas minuman fermentasi ini memang mirip dengan sake, hanya saja warnanya lebih keruh dan teksturnya lebih kental. Makgeolli tak hanya punya cita rasa yang lezat, tapi minuman fermentasi ini juga bagus untuk kulit sehingga seringkali digunakan sebagai bahan perawatan wajah masyarakat Korea.


3. Kvass



Sumber: Theculturetrip.com


Aneka minuman fermentasi lainnya datang dari kawasan Eropa Timur, yakni Kvass. Kvass adalah minuman fermentasi yang dibuat dari rotigandum hitam, kismis, gula, dan air. Citarasanya cukup asam dengan warna yang cokelat gelap. Kvass adalah minuman tradisional bagi bangsa Slavia dan Baltik dan masih dilestarikan hingga sekarang. Biasanya masyarakat Eropa Timur meminum kvass dalam keadaan dingin pada saat musim panas karena bisa menyegarkan dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.


4. Tepache



Sumber: Ediblecommunities.com


Kita beralih ke tepache yang asalnya dari Meksiko. Aneka minuman fermentasi yang satu ini warnanya memang lebih cerah sehingga lebih menggoda. Tepache dibuat dari bahan dasar campuran nanas, larutan gula piloncillo, air, dan ragi. Jadi bisa dikatakan kalau tepache adalah minuman fermentasi nanas. Tak seperti minuman fermentasi lainnya yang harus didiamkan selama berhari-hari hingga berminggu-minggu, tepache bisa langsung dikonsumsi setelah difermentasikan dalam waktu 2-3 hari saja. Cita rasanya manis bercampur asam.  


5. Sima



Sumber: Girlcooksworld.com


Terakhir ada sima yang menjadi salah satu aneka minuman fermentasi asal Finlandia. Sima dibuat dari bahan dasar buah lemon, brown sugar, kismis, ragi, dan air. Cita rasanya sudah pasti ada campuran antara asam dan manis. Minuman ini sangat menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Sima termasuk dalam minuman tradisional sehingga bisa dengan mudah ditemukan. Biasanya sima dijual dalam bentuk botol besar berukuran 1 liter. Saat perayaan-perayaan besar di Finlandia, sima tak pernah absen dari daftar minuman terfavorit masyarakat setempat.


Itu dia lima aneka minuman fermentasi dari seluruh negara. Tidak semua orang menyukai rasa minuman fermentasi seperti di atas. Tapi, kalau kamu dateng ke tempat-tempat rekomendasi Pergikuliner di bawah ini, dijamin minuman dengan bahan makanan fermentasi ini justru bisa bikin kamu ketagihan. Cobain yuk!

Yomie's Rice X Yogurt

Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt

The Moo

Foto The Moo
Foto The Moo
Foto The Moo

Tian Tian Rice Yogurt

Foto Tian Tian Rice Yogurt
Foto Tian Tian Rice Yogurt
Foto Tian Tian Rice Yogurt

Heyo Rice X Yogurt

Foto Heyo Rice X Yogurt
Foto Heyo Rice X Yogurt
Foto Heyo Rice X Yogurt

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?