Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Olahan Cokelat Terfavorit di Dunia

List Artikel
6 September 2017 | 2 Komentar

Cokelat sebagai makanan yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Pasalnya cokelat mengandung zat-zat yang bisa memicu dopamine dalam tubuh sehingga kamu akan merasakan rasa senang. Banyak orang yang menghubungkan cokelat sebagai penyebab jerawat pada wajah, padahal jika kamu menyantapnya dalam batas wajar, cokelat tak akan membuat kulit kamu berjerawat. Cokelat pertama kali ditemukan pertama kali sekitar 4000 tahun yang lalu. Awalnya cokelat hanya dijadikan sebagai minuman, tapi sekarang cokelat dimodifikasi menjadi berbagai olahan yang tak akan membuat kamu bosan. Dari sekian banyak olahan cokelat, ada lima yang paling terfavorit di dunia. Mari lihat ada olahan cokelat apa saja!

 

1. Praline


Sumber: demandware.net


Praline merupakan olahan cokelat yang sering dijuluki sebagai cokelat berisi. Praline dibuat dari cokelat yang dicampur dengan mentega lalu dicetak dengan diberi aneka isian seperti kacang sangrai, buah-buahan kering, dan lain sebagainya. Praline sudah ada sejak abad ke-17 dan hanya diperkenalkan untuk para bangsawan. Praline biasanya dijual dalam bentuk kotak-kotak persegi kecil.

 

2. Truffle


Sumber: bettycooker.com


Jenis olahan cokelat yang satu ini memang sering salah dikenali dengan praline. Tidak seperti praline yang menggunakan cetakan, truffle menggunakan tangan untuk mencetak cokelat. Truffle dibuat dari cokelat yang sudah dilelehkan lalu dicampur dengan bubuk kakao, kacang cincang, nougat, dan lain sebagainya. Setelah tercampur rata, cokelat dibentuk bulat-bulat menggunakan tangan, lalu dicelup lagi dalam cokelat leleh dan didinginkan dalam lemari es.

 

3. Brownies


Sumber: pergikuliner.com


Siapa yang tak suka olahan cokelat yang satu ini. Brownies sering dijuluki sebagai cake bantat karena teksturnya yang lebih padat dibanding varian cake lainnya. Brownies terbuat dari campuran telur, tepung, cokelat bubuk, dan cokelat leleh. Pada bagian atasnya biasanya diberi topping kacang, choco chips, atau keju. Cita rasanya sangat legit dengan aroma cokelat yang sangat dominan.

 

4. Lava Cake


Sumber: pergikuliner.com


Lava cake dikenal sebagai salah satu kue yang unik karena pada bagian dalamnya terdapat lelehan cokelat saat dibelah. Itulah kenapa kue ini dinamai lava cake karena mirip seperti gunung berapi yang menyemburkan lava panas. Lava cake harus disantap saat masih panas karena jika sudah dingin, maka lelehan cokelat yang ada di dalamnya akan mengeras. Untuk menambah cita rasa, lava cake biasa disajikan bersama dengan taburan gula halus, es krim, dan potongan buah-buahan segar.

 

5. Chocolate Souffle


Sumber: pergikuliner.com


Souffle merupakan jenis cake puding yang dipanggang dalam mangkuk kecil. Souffle aslinya berasal dari Inggris dan mulai terkenal di dunia sebagai menu sarapan atau dessert. Souffle terbuat dari telur, gula, tepung, susu, krim kental, bubuk kakao, serta dark chocolate yang dicincang kasar. Souffle dikenal dengan bagian luarnya yang lembut dengan lelehan cokelat di dalamnya yang mirip dengan lava cake.  


Buat kamu yang ingin menyantap aneka olahan cokelat enak di Jakarta, PergiKuliner punya beberapa rekomendasinya untuk kamu coba. 

Libby Brownies

Foto Libby Brownies

Dapur Cokelat

Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat

Igor's Pastry

Foto Igor's Pastry
Foto Igor's Pastry

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Boleh noh variasi coklatnya tuh, Emang coklat ga ada habisnya klo dibuat kuliner kaya brownis, trufffle, dll.. coklatnya kalo meleleh itu lebih enak pngen nyolek aja bawaannya... http://www.marketingkita.com/2017/09/keuntungan-menjadi-seorang-merchandiser-dalam-ilmu-marketing.html
rotienak79@gmail.com | 06 Sep 2017 pk. 08:23 AM
Foto user umum
Bagus
exporterindo@gmail.com | 22 May 2023 pk. 10:34 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?