Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah yang Ampuh untuk Redakan Kembung di Perut dengan Cepat

List Artikel
8 Juni 2020 | 0 Komentar

Perut kembung dan begah memang kerap kali dialami para pecinta kuliner. Rasa kembung di perut memang bisa mengakibatkan rasa tidak enak secara terus-terusan. Rasa kembung diakibatkan dari adanya penumpukan gas pada saluran pencernaan. Alasannya bisa karena berbagai macam faktor. Mulai dari cara makan yang terlalu cepat hingga makanan yang dikonsumsi. Tapi kamu tak perlu khawatir karena perut kembung ini bukanlah hal yang serius karena bisa di atasi. Biasanya orang akan minum obat untuk menghilangkan rasa kembung. Tapi ada cara alami yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan air dan kalium. Di bawah ini ada beberapa buah yang punya kandungan-kandungan tersebut, yaitu:


1. Semangka



Sumber: Pittmandavis.com


Pertama ada semangka yang menduduki peringat pertama dalam daftar buah yang bisa meredakan kembung. Semangka mengandung banyak sekali air di dalamnya. Dalam satu cangkir semangka atau sekitar 200 gram mengandung setidaknya 170 miligram kalium yang bisa meredakan rasa kembung dalam waktu yang singkat. Tak hanya itu saja, semangka juga bisa membantu mengeluarkan natrium yang berlebih dari dalam tubuh sehingga bisa mengurangi rasa begah.


2. Mentimun



Sumber: Doktersehat.com


Mentimun juga menjadi salah satu jenis buah yang ampuh untuk meredakan perut kembung. Sama seperti semangka, mentimun punya kadar air yang sangat tinggi. Dengan kandungan airnya yang bisa mencapai hingga 95%, mentimun ini bisa membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan perjalanan makanan yang sempat terhambat akibat konstipasi, gas, dan kembung. Kandungan kuersetin flavonoid dalam mentimun juga dapat mengurangi peradangan di sistem pencernaan.


3. Nanas



Sumber: Timesofindia.indiatimes.com


Selanjutnya ada nanas yang punya kandungan enzim bromelain yang ternyata mampu memecah protein dalama makanan sehingga bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Dalam satu cangkir nanas yang memiliki berat sekitar 200 gram mengandung 180 miligram kalium dan natrium yang terbukti mampu meredakan serta mengurangi rasa kembung dalam tubuh. Nanas juga bisa meredakan peradangan kolin yang bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit.


4. Pepaya



Sumber: Healthline.com


Pepaya mengandung papain yang ternyata mampu memecah protein dalam saluran pencernaan dengan cepat sehingga rasa kembung bisa menghilang dengan sendirinya. Di dalamnya juga terdapat kandungan anti inflamasi dan kandungan serat yang sangat tinggi sehingga membuat kerja saluran pencernaan jadi lebih optimal. Pepaya sebenarnya lebih bagus disantap begitu saja, tetapi kamu juga bisa menjadikannya jus atau smoothie.


5. Pisang



Sumber: Indianexpress.com


Terakhir ada pisang yang dikenal sebagai buah yang bisa mengganjal rasa lapar. Pisang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Dalam satu buah pisang mengandung 422 miligram kalium sehingga ampuh untuk menghilangkan rasa kembung dalam perut dengan cepat. Jika kamu termasuk orang yang sering mengalami perut kembung, sebaiknya konsumsi pisang sebelum makan untuk mencegah terjadinya rasa kembung.

 

Itulah beberapa buah yang ampuh untuk meredakan rasa kembung dalam tubuh. Dari kelimanya, mana yang ingin kamu konsumsi untuk redakan perut kembungmu? 

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?