Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Tips Jitu Menyimpan Masakan Bersantan Agar Tak Cepat Basi

List Artikel
22 April 2017 | 0 Komentar

Kamu sering membeli masakan bersantan berlebihan? Eits, jangan langsung dibuang ya. Kamu bisa menyimpan masakan bersantan tersebut untuk sarapan esok hari lho. Masakan bersantan memang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan menggugah selera. Terlebih negara kita memang dikenal memiliki beragam jenis masakan bersantan. Sayangnya, meski terbilang sangat istimewa namun masakan bersantan umumnya lebih cepat basi dibandingkan jenis masakan lainnya. Oleh karena itulah agar masakan bersantan yang sudah kamu beli tak terbuang sia-sia, kamu harus menyimpannya  dengan benar. Diperlukan tips tertentu agar masakan bersantan dapat lebih awet dan tak mudah basi. Berikut adalah trik dan cara menyimpan masakan bersantan dari PergiKuliner!



sumber: pergikuliner.com


1. Masukkan Ke Dalam Kulkas

Jika masakan bersantan yang kamu beli terlalu banyak, kamu tak perlu menghabiskannya saat itu pula. Taruhlah masakan bersantan ke dalam wadah tertutup seperti tupperwear atau rantang makanan. Jika masakan tersebut masih sangat banyak, kamu dapat menaruhnya di wadah yang lebih besar seperti panci. Dan pastikan untuk menutupnya dengan bungkus plastik agar kedap udara. Setelah ditutup dengan rapi, barulah masukkan masakan bersantan ke dalam kulkas.


2. Hangatkan Terlebih Dahulu                 

Namun jika kamu ingin menyantapnya beberapa jam kemudian. Kamu dapat menyimpan masakan bersantan di luar kulkas dengan cara memanaskannya terlebih dahulu. Tipsnya adalah panaskan masakan bersantan hingga mendidih dan tunggulah beberapa waktu hingga masakan tersebut kembali ke suhu ruangan. Setelah itu, tutuplah masakan tersebut dan simpan di tempat yang kering.


3. Jangan Diaduk Setelah Dipanaskan

Hal yang perlu diingat adalah jangalah mengaduk masakan bersantan setelah dipanaskan. Jika hal itu terpaksa terjadi, maka kamu wajib memanaskannya kembali hingga mendidih sebelum masakan bersantan akan disimpan. Mengapa demikian? Sebab hal itu justru dapat membuat masakanmu menjadi cepat basi.


4. Simpan Dalam Freezer

Tips terakhir, apabila kamu berniat untuk tak menyantap masakan bersantan selama 2 hari ke dapan. Maka disarankan agar kamu menyimpannya ke dalam freezer. Suhu freezer yang sangat dingin dapat memungkinkan masakan bersantan lebih tahan lama. Namun kamu tetap harus menaruhnya ke dalam wadah tertutup sebelum membekukan masakan tersebut. Ada baiknya pula kamu jangan menyimpan masakan bersantan dalam waktu lebih dari satu minggu jika kamu ingin masakan tersebut tetap enak dan tak berubah rasa.

Kari Lam

Foto Kari Lam

Sop Kaki Kambing Bang Anen 999

Foto Sop Kaki Kambing Bang Anen 999

Sahaja Restoran Padang

Foto Sahaja Restoran Padang
Foto Sahaja Restoran Padang
Foto Sahaja Restoran Padang

Padang Express

Foto Padang Express

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?