Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Elemen yang Membuat Kuliner Vietnam Sehat dan Lezat

List Artikel
20 Januari 2016 | 0 Komentar

Kuliner Vietnam terkenal akan citarasanya yang segar serta sehat. Penggunaan rempah yang minim serta minyak yang tidak terlalu banyak membuat kuliner Vietnam lebih menyehatkan. Meski tidak menggunakan banyak rempah, tapi ada beberapa rempah menyehatkan yang digunakan dalam kuliner Vietnam seperti, serai, jahe, kemangi, serta daun ketumbar. Tapi tahukah kamu kalau dalam kelezatan kuliner Vietnam tersembunyi lima elemen yang menjadi dasar filosofi tradisional Vietnam yang melambangkan lima simbol kehidupan, yaitu:



1. Pedas (Logam)



Sumber: pergikuliner.com


Elemen logam divisualisasikan dengan warna putih. Kamu bisa melihat banyak kuliner Vietnam yang memiliki warna dasar putih. Elemen logam ini sangat penting karena merupakan elemen utama dan wajib ada dalam kuliner Vietnam.



2. Asam (Kayu)



Sumber: www.simplecomfortfood.com


Elemen kayu divisualisasikan dengan warna hijau. Warna hijau yang biasa hadir dalam kuliner Vietnam adalah hijau dari daun ketumbar. Selain itu masih ada sayuran hijau lain yang juga mewakili elemen kayu seperti, daun selada, daun bawang, serta mentimun.



3. Pahit (Api)



Sumber: easyhealthyfoodrecipes.com


Elemen api divisualisasikan dengan warna merah. Namanya juga kuliner Asia, pasti tidak akan jauh dari yang namanya penggunaan cabai dalam masakan tradisionalnya. Sama seperti Indonesia, Vietnam juga kerap menggunakan cabai seperti pada masakan Bun Bo Hue atau yang lebih dikenal dengan Vietnamese spicy noodle soup.



4. Manis (Tanah)



Sumber: chuthapdo.org.vn


Elemen tanah divisualisasikan dengan warna kuning. Warna kuning ini sering kamu jumpai pada kuliner Vietnam yang masuk dalam kategori camilan seperti Banh Xeo, yakni crepes dadar ala Vietnam yang berisi aneka sayuran seperti tauge, daun ketumbar, yang ditambahkan dengan protein dari udang kupas.


 

5. Asin (Air)



Sumber: foodiesharing.com


Elemen air divisualisasikan dengan warna hitam. Meski hitam bukan merupakan warna yang mampu menggugah selera makan, namun hitam menjadi simbol dari elemen air yang ada dalam kuliner Vietnam. Kamu bisa menemukan elemen ini dari aneka kuliner Vietnam yang dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar.


Monviet

Foto Monviet
Foto Monviet
Foto Monviet

NamNam Noodle Bar

Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?