5 Jajanan Kue Tradisional yang Dikemas Lebih Modern dan Menjadi Favorit Banyak Orang

24 Agustus 2016 | 0 Komentar
Indonesia memang kaya akan kulinernya. Tak hanya menu masakan serta minuman tradisional saja, tapi jajanan kue tradisionalnya juga sangat beragam. Jika kamu berpikir kalau jajanan kue tradisional sudah menghilang karena tersingkir oleh jajanan dari luar negeri, kamu salah besar! Saat ini sudah banyak jajanan kue tradisional Indonesia yang jadi populer di kalangan anak muda karena dikemas dengan rasa dan tampilan yang lebih modern. Ingin tahu jajanan kue tradisional apa saja yang dikemas menjadi modern dan disukai banyak orang? Yuk, simak!

1. Kue Serabi


Sumber: pergikuliner.com

Jajanan tradisional yang lebih tenar dengan nama surabi ini awalnya hanya memiliki dua rasa yakni manis dan gurih. Serabi dengan rasa asin memiliki taburan oncom di atasnya sementara untuk yang rasa manis hanya disiram kuah santan gula merah. Tapi sekarang serabi dari Bandung ini tak hanya memiliki dua rasa, melainkan puluhan rasa mulai dari serabi greentea, serabi coklat, serabi kornet, hingga serabi sosis yang disiram mayonaise dan ditabur keju. 


2. Kue Cubit


Sumber: pergikuliner.com

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan jajanan tradisional yang satu ini karena sempat menjadi tren dalam bidang kuliner beberapa tahun lalu. Meski bentuknya tak pernah berubah, kue cubit khas Bandung ini sekarang sudah mengalami inovasi rasa dan topping mulai dari rasa red velvet, blackforest, green tea, serta taburan yang beraneka ragam seperti marshmallow, cokelat batangan, hingga wafer. Warna-warni tampilannya terlihat lebih modern sehingga banyak disukai anak muda.  


3. Kue Onde


Sumber: pergikuliner.com

Kue onde khas Mojokerto ini terbuat dari tepung terigu dan tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau tumbuk lalu dibentuk bulat-bulat dan dibalur dengan biji wijen putih lalu digoreng. Sekarang kue yang bisa kamu jumpai di pasar tradisional ini sudah berinovasi dengan beragam rasa, isian, dan juga tampilan yang lebih berwarna. Bahan bakunya juga ada yang menggunakan tepung gandum supaya lebih sehat. 


4. Kue Pancong


Sumber: pergikuliner.com

Kue pancong yang berasal dari Betawi ini terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut. Biasanya kue ini diberi taburan gula pasir di atasnya sehingga rasanya menjadi gurih manis. Saat ini kue pancong bisa dinikmati dengan aneka macam saus seperti saus cokelat, strawbery, hingga keju sehingga rasanya menjadi lebih beragam.


5. Kue Lumpang


Sumber: bacaterus.com

Kue lumpang yang berasal dari Palembang ini sedang ramai dibicarakan di media sosial Instagram dengan sebutan kue ijo karena warnanya yang hijau. Jajanan khas tradisonal dari Palembang ini terbuat dari tepung beras, gula, dan santan yang diberi pewarna alami dari daun pandan dan suji. Teksturnya sangat kenyal dan tidak terlalu manis.

Waroeng Mee

Kue Cubit Aku Dong

Surabi Teras

Waroeng Setiabudhi

Kue Pancong Mang Kumis Dan Mang Dadang

Ms. Choo Brasserie and Bar


Topik artikel ini: