Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Manis Khas Indonesia yang Punya Tekstur Lengket dan Legit

List Artikel
28 Februari 2022 | 0 Komentar

Teman Kuliner suka ngemil? Indonesia dikenal memiliki beragam jajanan tradisional yang bisa membuat kita tidak bisa menolaknya karena rasa yang disajikan sangat lezat dan berbeda dari jajanan lainnya. Jajanan manis khas Indonesia ini memang sudah sangat langka, tapi kita masih bisa menjumpainya di pasar tradisional hingga toko kue jajanan khas Indonesia. Rata-rata jajanan manis khas Indonesia ini dibuat dengan bahan campuran gula merah sehingga rasanya menjadi lebih legit. Ditambah lagi jajanan manis khas Indonesia akan lebih enak lagi kalau teksturnya lengket. Perpaduan dari tekstur lengket dan rasa yang legit pastinya bisa membuat jajanan tersebut jadi berbeda. Ada sekitar lima jajanan manis khas Indonesia yang punya tekstur lengket dan legit, kita cek satu persatu di bawah ini yuk!


1. Wajik



Sumber: Cookandrecipe.com


Jajanan manis khas Indonesia yang pertama adalah wajik. Jajanan ini punya tekstur lengket dan legit dengan warna tampilan yang kecoklatan seperti karamel. Wajik adalah jajanan khas dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bahan utamanya dibuat dari beras ketan yang dimasak bersama dengan santan dan gula jawa. Inilah yang menjadikan aromanya wangi dan rasanya manis legit. Teksturnya yang lengket ini dikarenakan penggunaan beras ketan sebagai bahan dasarnya. Biasanya setelah dikukus matang, wajik akan dicetak berbentuk seperti bentuk wajik baru disajikan.


2. Jipang



Sumber: Shutterstock.com


Jipang adalah jajanan manis khas Indonesia yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Tampilannya unik karena berbentuk kotak dengan bulir-bulir yang menjadi coraknya. Jipang dibuat dari bahan dasar beras ketan dengan campuran gula merah. Beras ketan yang digunakan ini adalah beras ketan yang sudah dikeringkan lalu digoreng hingga mengembang dan matang. Bisa dikatakan sistem pembuatannya mirip dengan pembuatan jagung berondong. Setelah digoreng hingga matang, jipang lalu ditiriskan baru kemudian dimasukkan ke dalam gula merah yang sudah dilelehkan. Meski lengket dan manis, jipang punya tekstur yang garing.


3. Dodol



Sumber: Asianinspirations.com.au


Selanjutnya ada dodol. Dodol ini menjadi jajanan manis khas Indonesia dari banyak daerah. Hal ini dikarenakan masing-masing daerah punya ciri khas dodolnya masing-masing, baik itu di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Jakarta. Dodol dibuat dari bahan dasar tepung  ketan yang dicampur dengan gula merah lalu dimasak dalam jangka waktu yang sangat lama hingga mengental dan terlihat kenyal. Setelah matang, dodol akan dicetak menjadi bentuk panjang atau kotak sesuai dengan selera. Perbedaan jenis dodol bisa dilihat dari bahan tambahannya. Ada yang diberi campuran buah-buahan, biji wijen, kacang, dan lain sebagainya.


4. Halua Kenari



Sumber: Indonesiakaya.com


Kalau halua kenari ini adalah jajanan manis khas Indonesia yang sangat populer di Ambon dan sekitarnya. Teksturnya lengket dan agak renyah dengan rasa manis yang sangat legit. Sesuai dengan namanya, halua kenari dibuat dari campuran kacang kenari yang sudah disangrai lalu dicincang kasar. Setelah itu, kacang kenari akan dicampur dengan lelehan gula merah baru kemudian dicetak berbentuk kotak hingga persegi.


5. Gemblong



Sumber: Travelingyuk.com


Jajanan manis khas Indonesia yang terakhir adalah gemblong. Gemblong dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang sudah dimasak hingga matang lalu ditumbuk hingga halus dan diberi campuran kelapa parut dan sedikit garam. Barulah gemblong dibentuk lonjong pipih dan dimasukkan ke dalam adonan gula merah cair sambil terus diaduk hingga gula merah tersebut mengeras. Gemblong yang asalnya dari Jawa Barat hingga kini masih banyak dijumpai di pedagang kaki lima, pasar tradisional, hingga di toko kue tradisional.

 

Itulah beberapa jajanan manis khas Indonesia yang teksturnya lengket dan legit. Teman Kuliner sendiri lebih suka menyantap jajanan yang mana nih? 

Pukis & Bikang Karso

Foto Pukis & Bikang Karso
Foto Pukis & Bikang Karso
Foto Pukis & Bikang Karso

Rica Rico Cakery

Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

lapislapis

Foto lapislapis
Foto lapislapis
Foto lapislapis

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?