Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Dianggap sebagai Zat Ajaib, Inilah Fungsi Madu pada Olahan Makanan

List Artikel
11 September 2023 | 0 Komentar

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam dunia kuliner. Bahan makanan ini dihasilkan dari cairan nektar atau sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Madu memiliki tekstur yang sangat kental dengan rasa yang terbilang sangat manis. Dan yang paling istimewa ialah madu memiliki banyak kandungan nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat ini bahkan kerap digunakan sebagai bahan alami untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Maka tak heran bila banyak orang menganggap madu sebagai zat ajaib. Madu yang menyehatkan tentunya adalah madu murni tanpa campuran bahan apapun. Nah, selain bisa menyehatkan, madu juga memiliki banyak kegunaan pada olahan makanan lho. Yuk, kita bahas bersama fungsi madu pada olahan makanan!

 


Sumber: pexels.com/Valeria Boltneva


Jadi Pengganti Gula

Madu memiliki rasa manis alami sehingga sering kali dijadikan sebagai pengganti gula. Rasa manis pada madu ini berbeda dengan rasa manis yang didapatkan dari gula tebu. Madu memiliki rasa manis yang cenderung legit sehingga penggunaannya cukup sedikit saja. Dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula, maka rasa makanan bisa menjadi lebih kompleks dan berbeda. Madu sebagai pengganti gula kerap kali digunakan pada olahan dessert untuk mengurangi kadar gula. Selain itu, madu memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula sehingga membuat santapan menjadi lebih sehat.


Membuat Aroma Lebih Wangi

Fungsi madu yang kedua adalah bisa membuat aroma makanan menjadi lebih wangi. Tidak hanya bisa menggantikan gula, madu juga memberi aroma wangi yang sangat khas. Aroma wangi dari madu bisa keluar jika kamu menyantap makanan yang dimasak dengan cara dibakar. Biasanya makanan yang dibakar dengan olesan madu akan memiliki lapisan karamelisasi. Saat dibakar, zat manis alami dari madu akan terbakar dan menghasilkan karamel. Lapisan karamelisasi inilah yang membuat makanan dengan olesan madu akan memiliki aroma yang sangat wangi. Selain olahan makanan yang dibakar, madu yang ditambahkan pada olahan tumisan daging hingga seafood juga bisa menghasilkan sensasi aroma wangi.

 


Sumber: nitrocdn.com


Bisa untuk Marinasi

Fungsi madu selanjutnya pada olahan makanan ialah bisa digunakan sebagai bumbu marinasi. Biasanya, jenis makanan yang dimarinasi adalah daging sapi, daging ayam, ikan, hingga aneka seafood. Dengan menambahkan madu pada bumbu marinasi, maka makanan tersebut akan memiliki rasa manis alami. Biasanya, makanan yang dimarinasi dengan tambahan madu akan memiliki tekstur yang lebih lembut tetapi tetap kenyal. Hal ini dikarenakan madu mengandung enzim glukosa oksidase yang dapat membantu melunakkan serat daging dan kolagen. Untuk menggunakan madu dalam bahan campuran bumbu marinasi, kamu tidak butuh madu dalam jumlah banyak. Cukup tambahkan madu sekitar 1-2 sendok teh saja pada bumbu marinasi untuk daging atau seafood dengan berat sekitar 1 kg.

 

Bahan Pengawet Alami

Fungsi madu pada makanan yang terakhir adalah bisa sebagai bahan pengawet alami. Tak berbeda jauh dengan gula pasir yang bisa membuat makanan menjadi lebih awet, hal yang sama pun berlaku pada madu. Madu memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi sehingga jika dioleskan atau dicampurkan pada makanan maka bisa menghambat pertumbuhan bakteri di dalam makanan. Dengan begitu, makanan tidak mudah basi dan berbau. Meski demikian, jika ingin menjadikan madu sebagai bahan pengawet alami, kamu harus menyimpan makanan tersebut di dalam wadah yang rapat dan kedap udara. Hal ini juga berlaku pada makanan yang dimasak dengan menggunakan campuran madu. Karena jika disimpan dalam wadah terbuka maka makanan lebih mudah terkontaminasi oleh mikroorganisme dari lingkungan eksternal, sehingga bisa mengakibatkan makanan lebih cepat basi


Itulah beberapa fungsi madu pada makanan yang perlu kamu ketahui. Seperti yang telah disebutkan di atas, madu kerap berfungsi sebagai pengganti gula pada makanan manis, hingga melembutkan tekstur dan menambah aroma wangi pada olahan makanan seperti daging ayam, sapi, dan seafood. Nah, jika kamu ingin menyantap makanan-makanan tersebut, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat di bawah ini!

YOMS Pisang Madu & Gorengan

Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Honey Comb

Foto Honey Comb
Foto Honey Comb
Foto Honey Comb

Ayam Bakar Primarasa

Foto Ayam Bakar Primarasa
Foto Ayam Bakar Primarasa
Foto Ayam Bakar Primarasa

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?