5 Jenis Keju Premium Khas Austria yang Masih Dibuat dengan Cara Tradisional

29 Juli 2021 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu kuliner yang berasal dari barat. Kuliner ini awalnya kurang populer di Indonesia karena citarasanya yang cukup gurih asin dan teksturnya yang unik. Selain itu, keju di Indonesia juga dibandrol dengan harga yang agak mahal. Tapi sekarang masyarakat Indonesia sudah banyak menyukainya karena seringkali dipadukan dengan beragam kuliner tradisional dan harganya juga mudah dijangkau karena sudah banyak pabrik keju lokal yang ada di Indonesia.


Berbicara tentang kepopuleran keju di dunia, salah satu negara dari Eropa yakni Austria ternyata punya varian keju premiun klasik yang sudah ada sejak lama dan resepnya diwariskan secara turun temurun sehingga menjadi warisan kuliner lokal. Tak heran kalau keju Austria ini masuk ke dalam jajaran keju terbaik dan terenak di dunia. Ada setidaknya lima varian keju premium khas Austria yang terbilang klasik karena beberapa orang masih ada yang membuatnya dengan cara yang tradisional, apa saja? Cek ulasannya di bawah ini ya!


1. Tiroler Almkase



Sumber: Qualivita.it


Keju premium khas Austria yang pertama adalah tiroler almkase. Varian keju premium khas Austria yang pertama adalah tiroler almkase. Keju ini paling susah dicari dan ditemui di Austria karena tak banyak orang yang menjualnya. Keju tiroler almkase dibuat dari susu sapi khusus yang hanya tinggal di Tyrolean, Austria. Sapi di daerah ini hanya makan rumput dan tanaman herbal alami saja. Pengambilan susu sapi untuk keju ini juga hanya bisa dilakukan pada saat musim panas saja. Inilah yang menyebabkan keju tiroler sangat langka. Aroma keju premium khas Austria ini sangat unik dan agak tajam.


2.Gailtaler Almkase



Sumber: Svgh.at


Keju gaitaler almkase adalah salah satu keju premium khas Austria yang populer di dunia. Pasalnya jenis keju ini masuk dalam jajaran keju terbaik di dunia. Gaitaler almkase banyak dijumpai di daerah Alpine. Wilayah ini memiliki padang rumput yang sangat luas dengan sehingga susu yang dihasilkan oleh sapi-sapi di sini sangat berbeda. Tampilan luarnya agak tebal dan keras, tapi bagian dalamnya lebih empuk dan padat. Keju premium khas Austria ini membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama, rata-rata prosesnya hingga 7-8 minggu.


3.Vorarlberger Bergkase



Sumber: Shop.alma.at


Keju premium khas Austria yang satu ini merupakan keju klasik yang resepnya sudah diturunkan sejak berabad-abad yang lalu. Dinamakan keju vorarlberger bergkase karena memang dibuat di daerah Vorarlberg. Proses pembuatannya sangat lama karena bisa memakan waktu hingga 2 tahun lamanya. Tak heran kalau aromanya sangat tajam dan juga awet. Semakin lama proses pembuatannya, maka semakin bagus keju premium khas Austria yang dihasilkan. Berhubung keju ini punya rasa dan aroma yang tajam, maka cocok dijadikan dalam berbagai macam olahan makanan, terutama kuliner sup atau yang dipanggang.


4. Carrot Rebel


Sumber: Kaeseri-boeserscheidegg.de


Selanjutnya ada varian keju premium khas Austria yang bernama carrot rebel. Dari namanya saja sudah terdengar unik bukan? Keju carrot rebel ini asalnya dari Sulzberg, salah satu daerah yang ada di Austria. Ciri khas dari keju ini adalah warnanya yang orange mirip dengan warna wortel pada umumnya. Carrot rebel memang dibuat dengan campuran jus wortel di dalamnya sehingga warnanya agak orange dan dinamakan carrot rebel. Tekstur dari keju premium khas Austria ini adalah lembut, manis, dan ada aroma buahnya. Hal ini dikarenakan keju carrot rebel dibuat dari susu sapi yang mentah yang sapinya hanya menyantap biji-bijian, jerami kering, dan jagung.


5. Luneberg


Sumber: Theculturetri.com


Terakhir ada luneberg yang merupakan varian keju premium khas Austria. Luneberg menjadi keju klasik yang sistem pembuatannya masih tradisional sekali dan pastinya sangat rumit karena ada beberapa tahapan di dalamnya. Tahapan pertama pembuatan luneberg adalah mendiamkan terlebih dahulu susu yang akan digunakan selama berhari-hari hingga mencapai dadih. Baru dipotong-potong dan dihangatkan. Tahapan selanjutnya adalah disaring dan didiamkan dalam wadah yang diletakkan di ruang bawah tanah. Keju ini punya ciri khas bolong-bolongan pada permukaannya.

 

Bagaimana menurut Teman Pergi Kuliner, keju-keju premium khas Austria di atas cocok disantap menjadi olahan apa ya? Buat Teman Kuliner yang suka banget keju, di bawah ini ada beberapa restoran yang menjual kuliner dengan campuran keju. Simak rekomendasinya di bawah ini ya!

Hokkaido Baked Cheese Tart

Master Cheese Pizza

Cheese Wheel

Richeese Factory

Hei! Cheese


Topik artikel ini: