Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Sambal yang Paling Sering Dijodohkan dengan Ikan dan Ayam Bakar

List Artikel
9 Agustus 2018 | 0 Komentar

Sambal bagi masyarakat Indonesia merupakan salah satu pelengkap makanan yang harus selalu tersaji di atas meja makan. Sambal dibuat dari campuran bahan utama cabai yang dihaluskan atau diulek sehingga memiliki rasa yang pedas. Keunikan dari sambal khas Indonesia ini adalah bisa dicocokkan dengan beragam kuliner karena jika dihitung jumlahnya, ternyata ada puluhan jenis sambal yang dimiliki Indonesia. Dari sekian banyak tersebut, ada lima yang kerap kali dijodohkan dengan ikan atau ayam bakar. Penasaran sambal apa saja yang cocok? Ini dia daftarnya!

 

1. Sambal Kecap


Sumber : Resepkoki.co


Pertama ada sambal kecap yang paling banyak digunakan untuk sajian ikan atau ayam bakar. Sambal ini sangat mudah sekali dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meraciknya karena kamu cukup mengiris-iris cabai, tomat, dan bawang merah lalu tambahkan kecap manis. Cita rasanya sudah pasti manis dari kecap, pedas dari sambal, dan ada perpaduan kesegaran yang didapat dari tomat.

 

2. Sambal Dabu-dabu


Sumber : Sajiansedap.grid.id


Di urutan kedua ada sambal dabu-dabu yang beradal dari Manado. Seperti yang kamu ketahui kalau kuliner Manado ada banyak yang menggunakan bahan utama ikan, termasuk ikan bakar. Hal ini dikarenakan hasil laut mereka sangat melimpah. Bahan pembuatnya sama saja dengan sambal kecap, yakni bawang merah, tomat, dan cabai yang diiris-iris. Hanya saja sambal dabu-dabu tidak ditambahkan kecap, melainkan perasan jeruk nipis sehingga ada campuran rasa asam di dalamnya.

 

3. Sambal Matah


Sumber : Sajiansedap.grid.id


Beralih pada sambal matah yang berasal dari Bali. Sambal ini sering kamu jumpai pada sajian ayam bakar khas Bali. Sambal ini juga memiliki nama lain, yakni sambal iris karena kamu cukup mengirisnya dan tidak perlu menghaluskan bahan-bahannya. Bahan-bahan pembuat sambal matah adalah cabai rawit, cabai merah, sereh, dan bawang merah yang diiris tipis-tipis lalu disiram dengan minyak panas sehingga teksturnya jadi lebih renyah dan matang.


4. Sambal Tomat


Sumber : Dailycookingquest.com


Sambal berikutnya yang cocok untuk ayam bakar adalah sambal tomat. Sambal ini memang paling sering digunakan karena citarasanya yang segar dan pedas sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya jadi ketagihan. Sesuai dengan namanya, sambal tomat merupakan sambal yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan pastinya tomat. Semua bahan diulek kasar lalu diberi tambahan garam. Ada juga yang menambahkan sambal tomat dengan perasan jeruk limau agar aromanya lebih wangi.

 

5. Sambal Terasi


Sumber : Vemale.com


Terakhir ada sambal terasi yang menjadi sambal klasik dan pas untuk disantap dengan sajian apa saja. Sambal terasi ini memang memiliki ciri khas yang unik karena aromanya yang wangi dan kuat karena penggunaan terasi di dalamnya. Selain terasi, sambal ini juga menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan gula merah. Cita rasanya sudah tentu gurih dan pedas.


Nah, itu dia kelima jenis sambal yang sering dijodohkan dengan ikan bakar maupun ayam bakar? Kalau kamu lebih suka sambal yang mana nih, teman PergiKuliner? Oh iya! Kalau kamu mau makan ikan bakar atau ayam bakar dengan cocolan sambal-sambal seperti di atas, langsung aja samperin restoran - restoran di bawah ini!

Ayam Bakar Taliwang Rinjani

Foto Ayam Bakar Taliwang Rinjani

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Ayam Bakar Madiun

Foto Ayam Bakar Madiun
Foto Ayam Bakar Madiun
Foto Ayam Bakar Madiun

Ikan Nila Pak Ugi

Foto Ikan Nila Pak Ugi

Seafood Aroma

Foto Seafood Aroma

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?