Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Jepang yang Selalu Ditambahkan Katsuobushi agar Enak

List Artikel
5 Januari 2024 | 0 Komentar

Kuliner khas Jepang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini tak lepas dari peranan kultur anime dan manga yang sangat populer di Indonesia sehingga meningkatkan minat masyarakat kita akan kuliner Jepang. Saking populernya di Indonesia, kuliner Jepang bahkan tidak hanya bisa dijumpai di restoran Jepang saja, tapi juga bisa ditemukan di berbagai tempat makan dan gerai khusus yang menjual makanan Jepang tertentu, seperti sushi, ramen, udon, katsu, dan sebagainya. Kuliner Jepang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kuliner-kuliner Asia Timur lainnya. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan bahan katsuobushi. Katsuobushi adalah bahan makanan khas Jepang yang terbuat dari ikan cakalang yang dikeringkan lalu diserut sehingga bentuknya menyerupai serutan kayu. Katsuobushi sering kali dijadikan sebagai bahan campuran hingga topping pada kuliner khas Jepang. Nah, berikut ini ialah lima kuliner khas Jepang yang selalu ditambahkan katsuobushi agar semakin lezat.

 

1. Takoyaki



Sumber: pergikuliner.com


Berbicara tentang katsuobushi, kuliner bernama takoyaki ini sudah pasti tidak akan terlewatkan. Takoyaki adalah kuliner khas Jepang dengan ciri khas bentuknya yang bulat kecil sehingga bisa disantap dalam satu atau dua gigitan saja. Untuk bahan dasar pembuatannya, takoyaki dibuat dari campuran adonan tepung terigu dan potongan gurita yang dimasak dalam sebuah cetakan bulat khusus. Hidangan ini disajikan dengan rumput laut, mayones, saus sambal, dan pastinya katsuobushi yang menambahkan kegurihan rasa.

 

2. Okonomiyaki



Sumber: pergikuliner.com


Okonomiyaki merupakan kue dadar khas Jepang yang identik dengan kuliner kaki lima karena lebih sering dijumpai di pedagang kaki lima dibandingkan restoran. Biasanya, pedagang takoyaki juga turut menjual okonomiyaki. Okonomiyaki merupakan kuliner khas Jepang yang terbuat dari bahan dasar adonan tepung yang diberi tambahan sayuran seperti kubis dan daun bawang, serta aneka seafood seperti cumi, gurita, dan udang. Semua bahan tersebut dicampur rata dengan adonan tepung lalu dimasak dengan cara didadar hingga matang. Setelah matang, okonomiyaki disajikan dengan mayones, rumput laut bubuk, dan pastinya katsuobushi.

 

3. Hiyayakko



Sumber: wandercooks.com


Selanjutnya, ada hiyayakko yang berbeda dari kedua kuliner khas Jepang yang dibahas sebelumnya karena bukan termasuk kuliner kaki lima. Ini merupakan makanan rumahan yang juga kerap dijumpai di restoran Jepang. Hiyayako adalah tahu sutra dingin berbentuk kotak yang disajikan di atas piring kecil dengan diberi aneka pelengkap di atasnya. Pelengkap tersebut biasanya berupa irisan daun bawang dan katsuobushi. Selain itu, disiram dengan saus yang terbuat dari kecap asin dan wijen sehingga aromanya jadi lebih wangi.  

 

4. Tamago Kake Gohan



Sumber: sudachirecipes.com


Tamago kake gohan merupakan kuliner khas Jepang lainnya yang selalu dihidangkan dengan tambahan katsuobushi. Kuliner ini termasuk dalam kategori rice bowl alias nasi mangkuk karena disajikan di dalam mangkuk. Tamago kake gohan adalah kuliner sederhana yang terbuat dari nasi putih panas yang diletakkan di dalam mangkuk, lalu diberi telur mentah, irisan daun bawang, rumput laut, dan katsuobushi untuk menambah cita rasa gurih asin. Cara menyantap tamago kake gohan adalah dengan mengaduk rata semua bahan-bahan tersebut lalu dilahap menggunakan sendok makan.

 

5. Onigiri



Sumber: allrecipes.com


Kuliner khas Jepang terakhir yang akan kita bahas adalah onigiri, yang juga dikenal sebagai nasi kepal khas Jepang. Kuliner ini terbuat dari nasi putih hangat yang dicampurkan dengan katsobushi dan rumput laut sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Selain dicampurkan begitu saja dengan nasi, katsubushi juga bisa dijadikan sebagai isian onigiri sehingga rasa gurihnya bisa lebih terasa di lidah. Onigiri yang diberi campuran katsuobushi ini disebut dengan nama okaka onigiri dan bisa dengan mudah dijumpai di minimarket Jepang.

 

Nah, setelah menyimak pembahasan di atas tentang 5 kuliner khas Jepang yang ditambahkan katsuobushi, apakah kamu tertarik untuk segera mencicipnya? Dari kelima kuliner tersebut, manakah yang paling ingin kamu santap? Buat yang suka kuliner khas Jepang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang menyediakan aneka kuliner khas Jepang untuk kamu coba!

Naruto Takoyaki

Foto Naruto Takoyaki
Foto Naruto Takoyaki
Foto Naruto Takoyaki

Gindaco

Foto Gindaco
Foto Gindaco
Foto Gindaco

Onigiri Toiro

Foto Onigiri Toiro
Foto Onigiri Toiro
Foto Onigiri Toiro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?