Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Jenis Kopi di Indonesia Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
4 November 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi sebuah minuman yang selalu menjadi bahan perbincangan banyak orang. Pasalnya kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat, tak hanya di perkotaan saja tapi juga di daerah. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus bersyukur karena di negara ini kopi bisa didapat dengan sangat mudah dan pastinya harga jualnya juga sangat terjangkau sehingga dapat dinikmati berbagai macam kalangan masyarakat. Berhubung ada banyak sekali perkebunan kopi di nusantara ini, pastinya ada beragam jenis-jenis kopi di Indonesia yang ditanam. Meski memiliki varietas yang sama, misalkan sama-sama arabika atau robusta, tapi jika ditanam di tanah yang berbeda, maka rasa dan karakteristiknya akan berbeda pula. Hal ini dikarenakan faktor cuaca serta lingkungan yang ada 

di sekitarnya. Dari sekian banyak jenis-jenis kopi di Indonesia, ada delapan jenis kopi di Indonesia yang terbaik dan sa

ngat populer sehingga menjadi favorit banyak orang, yaitu:



Sumber: Zen.yandex.ru

1. Kopi Aceh Gayo

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang pertama adalah kopi Aceh gayo. Jenis kopi ini merupakan varietas dari arabika dan me

njadi pemasok kopi arabika terbesar di Indonesia. Kopi Aceh gayo punya karakteristik yang bold dengan keasaman yang ren

dah dan sedikit memiliki rasa rempah (spice) di dalamnya. Ciri khas kopi Aceh Gayo yaitu memiliki rasa yang tidak konsisten, hal ini dikarenakan perkebunan kopi di Dataran Tinggi Gayo memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Kopi ini punya after taste yang bersih (clean) sehingga sering menjadi favorit banyak kedai kopi. 

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja menjadi salah satu jenis-jenis kopi di Indonesia yang asalnya dari tanah Toraja, Sulawesi. Kopi Toraja sangat mudah dikenali karena memiliki aroma yang khas. Selain itu, kopi ini juga memiliki aroma buah dan tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi. Karakteristik kopi Toraja adalah aroma tanah dan hutan yang sangat khas dengan cita rasa bold atau tebal dan kandungan asam yang sangat rendah. After taste nya tidak pahit dan kamu bisa merasakan sedikit rasa buah di dalamnya meski aromanya adalah aroma hutan.  


3. Kopi Papua Wamena

Sesuai dengan namanya, kopi Papua Wamena ini asalnya dari tanah Papua. Kopi Papua Wamena memiliki karakteristik kopi yang cukup unik karena rasanya nya balance dan smooth dengan aroma cokelat yang bercampur floral. Sementara untuk tingkat keasamannya, kopi Papua Wamena ini memiliki tingkat keasaman yang sedang atau tidak terlalu asam. Kopi Papuan Wamena ini ditanam dengan cara tradisional dan tanpa pupuk kimia serta pestisida sehingga bisa dikatakan kalau kopi ini berjenis kopi organik. Tak heran kalau harganya terbilang cukup mahal.


4. Kopi Kintamani Bali

Beralih ke jenis-jenis kopi di Indonesia yang ada di Bali. Kopi Kintamani Bali menjadi kopi khas Bali yang sangat populer, terutama di kalangan para turis asing. Kopi ini sebenarnya merupakan jenis kopi Arabika sehingga cocok untuk teman kuliner yang menyukai cita rasa kopi yang ringan. Kopi ini memiliki karakteristik cita rasa yang pahit dan ada sedikit rasa jeruk. Aromanya juga beraroma segarnya jeruk karena memang perkebunan kopinya berdekatan dengan kebun jeruk. Tingkat keasamannya sangat rendah.

 

5. Kopi Flores Bajawa

Selanjutnya ada jenis-jenis kopi di Indonesia yang asalnya dari Flores yakni kopi Flores Bajawa.  Jenis kopi ini memiliki karakteristik aroma kayu, buah, dan ada sedikit aroma tembakau pada after taste nya. Cita rasanya termasuk cukup kuat karena teman kuliner masih bisa mencecap rasanya meski sudah 4 jam meminumnya. Kopi ini ditanam dengan cara yang sangat unik karena ditanam pada tanah yang mengandung abu gunung berapi.

 

6. Kopi Java Ijen Raung

Kopi Java Ijen raung menjadi kopi asal Bondowoso yang keberadaannya juga mulai populer di kalangan masyarakat karena sudah mulai diekspor secara intens ke beberapa negara. Kopi Java ijen raung punya karakteristik rasa yang unik karena ada perpaduan sedikit rasa pedas dengan aroma bunga hutan yang khas. Kopi ini punya tingkat keasamannya sedang dengan kadar kafein yang juga sedang.

 

7. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Jenis kopi ini mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang karena kopi rangsang meranti kalah pamor dibanding jenis-jenis kopi di Indonesia lainnya. Kopi Liberika Rangsang Meranti berasal dari Riau dan memiliki karakteristik cita rasa perpaduan buah nangka dan cokelat, padahal kopi ini justru ditanam di perkebunan kelapa. Untuk kadar kafeinnya sangat rendah dengan tingkat keasaman yang tinggi.


8. Kopi Mandailing

Jenis-jenis kopi di Indonesia yang terakhir adalah kopi Mandailing. Kopi ini asalnya dari pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Kopi Mandailing punya karakteristik kopi yang kental dan kuat dengan cita rasa manis dan aroma bunga. Kopi mandailing punya tingkat keasaman. Selai  kopi mandailing, ada kopi sindikalang dan lintong yang sama-sama berasal dari Sumatera Utara.


Itulah delapan jenis kopi di Indonesia terbaik yang perlu kamu ketahui. Sebagai pecinta kopi, tentu kamu juga ingin kan menambah pengetahuan kamu tentang jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia? Nah, kalau kamu jadi kepingin menguji pengetahuan kamu tentang kopi, lebih baik kamu langsung datang ke coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini. Selain itu, di coffee shop-coffee shop ini teman kuliner juga bisa mengumpulkan stamp PergiKuliner berburu kopi yang mana nantinya bisa ditukarkan dengan minuman favorit kamu. Cek informasi selengkapnya di sini!

Terra Coffee and Patisserie

Foto Terra Coffee and Patisserie
Foto Terra Coffee and Patisserie
Foto Terra Coffee and Patisserie

See You On Top

Foto See You On Top
Foto See You On Top
Foto See You On Top

Emji Coffee Bar

Foto Emji Coffee Bar
Foto Emji Coffee Bar
Foto Emji Coffee Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?