Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Korea yang Berbahan Dasar Kepiting

List Artikel
30 September 2023 | 0 Komentar

Kuliner khas Korea sudah bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia. Kamu bisa menjumpai restoran hingga kafe yang menjual menu masakan Korea, mulai dari yang autentik hingga yang fusion. Mulai dari kuliner berat hingga kuliner ringan yang cocok dijadikan sebagai camilan saja. Masyarakat Korea umumnya lebih banyak mengonsumsi daging ayam dan seafood jika dibandingkan dengan daging sapi, karena di negara tersebut harga daging sapi terbilang cukup mahal. Negara Korea yang dikelilingi oleh lautan ini membuatnya memiliki banyak olahan seafood yang bisa kamu cicip. Salah satu seafood yang banyak diolah menjadi makanan enak adalah kepiting. Buat yang suka kepiting, di bawah ini ada beberapa kuliner khas Korea yang berbahan dasar kepiting!

 

1. Ganjang Gejang



Sumber: saveur.com


Kuliner khas Korea yang berbahan dasar kepiting adalah ganjang gejang. Kuliner ini sangat populer di Korea dan menjadi kesukaan banyak orang, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga remaja dan anak-anak. Pasalnya, ganjang gejang memiliki rasa yang tidak pedas sehingga cocok untuk segala usia. Ganjang gejang dibuat dari bahan dasar kepiting mentah yang diikat lalu difermentasi dengan potongan apel, bawang bombay, jahe, cabai hijau, bawang putih, rumput laut, sirup beras, kecap asin, dan air. Kepiting harus direndam dan difermentasikan selama kurang lebih 24 jam, semakin lama maka semakin enak rasanya.

 

2. Kkotgae Jjim



Sumber: koreafoodgallery.com


Buat yang suka pedas, pastinya kamu akan suka dengan kkotgae jjim. Kuliner ini merupakan olahan kepiting pedas khas Korea yang sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Kkotgae jjim dibuat dari kepiting jenis kepiting biru segar. Kesegaran kepiting biru sangat diperlukan supaya nantinya hasil dari olahan kepiting ini menjadi lebih enak. Nantinya kepiting biru segar ini akan dimasak dengan gochujang, bubuk cabai, cabai segar, pasta kedelai, bawang putih, jahe, kecap asin, dan air.

 

3. Yangnyeom Gejang



Sumber: slshop.co.kr


Masih dengan kuliner khas Korea berbahan dasar kepiting yang memiliki rasa pedas. Yangnyeom gejang dibuat dari bahan dasar kepiting segar yang diberi bumbu campuran utama bubuk cabai, bawang putih, jahe, kecap asin, gula pasir, dan biji wijen. Setelah dibumbui, kepiting akan dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan disimpan di dalam kulkas selama kurang lebih 12 jam. Jadi, bedanya dengan kkotgae jjim ini, yangyeom gejang tidak dimasak. Uniknya, meski tidak dimasak, daging kepiting terasa empuk dan berbumbu.

 

4. Kkotgetang



Sumber: maangchi.com


Selanjutnya ada kkotgetang yang merupakan kuliner khas Korea berbahan dasar kepiting. Kuliner ini memiliki kuah sehingga cocok disantap di malam hari atau pada saat musim hujan karena bisa menghangatkan badan. Kkotgetang adalah sup kepiting khas Korea yang punya rasa pedas dan gurih asin. Kkotgetang ini dibuat dari bahan dasar kepiting yang dipadukan dengan ikan teri kering, irisan lobak Korea, potongan zukini, daun bawang, cabai merah, cabai hijau, bawang putih, bawang bombay, pasta kedelai, pasta cabai, bubuk cabai, dan air cucian beras. Dengan menggunakan air cucian beras, maka rasa dari kkotgetang bisa lebih enak.

 

5. Daege Jjim



Sumber: dreamers.id


Kuliner khas Korea terakhir yang berbahan dasar kepiting adalah daege jjim. Olahan kepiting khas Korea ini sangat cocok buat kamu yang suka makanan dengan bumbu yang tidak terlalu banyak atau rasanya tidak kuat alias light. Daege jjim adalah kepiting kukus berukuran besar yang dikukus dalam keadaan utuh. Nantinya setelah dikukus matang, daging kepiting akan disantap dengan saus cocolan khusus yang dicampur dengan pasta cabai dan cuka. Sementara itu, cangkang kepitingnya akan digunakan sebagai mangkuk nasi karena biasanya akan ada sisa-sisa daging yang menempel di dalamnya.

 

Itulah beberapa kuliner khas Korea yang berbahan dasar kepiting. Dari semua hidangan tersebut, kamu lebih suka yang mana? Nah, buat yang ingin mencicip aneka kuliner khas Korea, di bawah ini ada rekomendasi restoran khas Korea yang bisa kamu coba!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Madam Lee Korean BBQ

Foto Madam Lee Korean BBQ
Foto Madam Lee Korean BBQ
Foto Madam Lee Korean BBQ

Korean House

Foto Korean House
Foto Korean House
Foto Korean House

88 Korean Kitchen

Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?