Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Korea Berbahan Jamur yang Cocok untuk Vegetarian

List Artikel
13 November 2022 | 0 Komentar

Jamur menjadi salah satu jenis sayuran yang paling sering digunakan dalam makanan vegetarian. Pasalnya jamur memiliki tekstur yang hampir menyamai tekstur daging dengan tekstur kenyal yang khas. Tak heran kalau sayuran ini sering diolah menjadi berbagai jenis masakan, baik itu ditumis, direbus, hingga digoreng. Pada kuliner Korea, Teman Kuliner juga bisa menjumpai aneka jenis olahan jamur yang cocok untuk disantap oleh vegetarian. Masyarakat Korea kebanyakan menggunakan jenis jamur enoki, champignon, dan shitake. Tentu saja selain ketiga jamur tersebut ada jenis jamur lainnya yang digunakan seperti jamur tiram, kuping, dan sebagainya. Dari sekian banyak olahan jamur dalam kuliner Korea, ada lima yang paling populer, yaitu:

 

1. Gujeolpan



Sumber: Maangchi.com


Saat melihat menu ini pertama kali, pastinya kamu akan langsung teringat pada kuliner yang ada pada drama-drama sejarah Korea. Kuliner Korea berbahan jamur ini terlihat sangat cantik dengan warna-warni yang cerah. Dalam satu sajian terdapat aneka jenis sayuran, termasuk jamur yang sudah dibumbui. Selain jamur, ada jenis sayuran lain yang digunakan seperti wortel, tauge, wortel, dan sebagainya.

 

2. Yachaejeon



Sumber: Deli-deluxe.com


Yachaejeon adalah salah satu kuliner Korea berbahan jamur yang sangat populer. Kuliner ini bisa disantap sebagai lauk, tapi bisa juga disantap sebagai camilan saat sedang minum soju atau makgeoli. Yachaejeon sebenarnya adalah jenis jeon alias pancake ala Korea, tapi dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran. Jenis sayuran yang digunakan tentu saja ada jamur di dalamnya. Jenis jamurnya bisa beragam. Mulai dari jamur portobello hingga shitake. Tidak hanya dibuat dari jamur, tapi yachaejeon juga ada bahan tambahan lainnya seperti wortel, daun bawang, zuchini, ubi, kentang, hingga bawang bombay.

 

3. Beoseot Tangsu



Sumber: Maangchi.com


Di antara kuliner Korea berbahan jamur lainnya, beoseot tangsu memang tidak kalah populer. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar jamur, mentimun, buah plum, dan nanas. Jenis jamur yang digunakan adalah jamur shitake kering. Berhubung ada campuran nanas di dalamnya, maka rasa dari kuliner ini menjadi asam, manis, dan gurih. Biasanya beoseot tangsu ini disantap dengan jajjangmyeon.

 

4. Dubu Janggaji



Sumber: Maangchi.com


Selanjutnya ada kuliner Korea berbahan jamur yang bernama dubu janggaji. Kuliner ini sebenarnya adalah jenis lauk pauk atau banchan yang nantinya bisa disantap mendampingi nasi atau gyran mari alias telur dadar gulung. Dubu janggaji dibuat dari bahan dasar tahu dan jamur yang difermentasi dengan cuka, kecap asin, bawang bombang, dan bawang putih. Untuk jenis jamur yang digunakan adalah jamur shitake kering.

 

5. Neutari Beoseot Bokkeum



Sumber: Maangchi.com


Kuliner Korea berbahan jamur yang terakhir adalah neutari beoseot bokkeum. Kuliner ini termasuk dalam tumisan khas Korea. Neutari Beoseot Bokkeum dibuat dari bahan dasar jamur yang nantinya akan ditumis dengan bumbu khusus hingga matang. Jamur yang digunakan adalah jamur tiram yang diiris-iris memanjang. Selain jamur, akan ada wortel dan daun bawang sebagai campuran sayurannya. Neutari Beoseot Bokkeum biasanya disantap saat masih panas bersama dengan nasi putih hangat.

 

Itulah beberapa kuliner Korea berbahan jamur yang cocok untuk vegetarian. Dari kelimanya, manakah yang sesuai dengan seleramu?

Gongjang Buffet Authentic Korean

Foto Gongjang Buffet Authentic Korean
Foto Gongjang Buffet Authentic Korean
Foto Gongjang Buffet Authentic Korean

Namba Korean Comfort Food

Foto Namba Korean Comfort Food
Foto Namba Korean Comfort Food
Foto Namba Korean Comfort Food

Cafe Jalan Korea

Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea

Kini Korean Bistro

Foto Kini Korean Bistro
Foto Kini Korean Bistro
Foto Kini Korean Bistro

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?