Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Pedas Khas Jogja yang Populer, Berani Coba?

List Artikel
4 Juni 2022 | 2 Komentar

Kuliner pedas khas Jogja pastinya sangat cocok di lidah orang yang suka makanan pedas. Kuliner pedas memiliki sensasi yang bisa membuat orang yang menyantapnya merasa lebih bahagia. Pasalnya saat kamu mengonsumsi kuliner pedas, maka produksi hormon serotonin akan semakin meningkat. Hormon ini berfungsi untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain karena manfaatnya, kuliner pedas pada dasarnya memang bisa membuat nafsu makan meningkat sehingga tak heran kalau banyak orang menyukainya. Yogyakarta yang menjadi salah satu kota di Jawa Tengah tidak hanya memiliki kuliner bercita rasa manis, tapi juga ada kuliner pedas khas Jogja yang membuat Teman Kuliner ingin terus-terusan menyantapnya. Di bawah ini ada beberapa kuliner pedas khas Jogja yang paling populer, yaitu:

 

1. Oseng Mercon



Sumber: Detik.net.id


Kuliner pedas khas Jogja yang pertama adalah oseng mercon. Oseng mercon ini sangat populer dan sangat disukai oleh masyarakat setempat serta para wisatawan yang berlibur ke Jogja. Oseng mercon dibuat dari bahan dasar daging sapi dan tetelan yang dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan cara ditumuis bersama bumbu pedas. Dinamakan oseng mercon karena rasa dari kuliner ini sangat pedas sehingga saat di mulut rasanya seperti sedang kemasukan mercon. Konon awalnya oseng mercon tercipta saat orang kebingungan ingin memasak daging kurban. Berhubung bosan menyantap gulai dan sate, maka dibuatlah kuliner bercita rasa pedas.

 

2. Sambal Goreng Krecek



Sumber: Sweetrip.id


Selain oseng mercon, sambal goreng krecek menjadi salah satu kuliner khas Jogja yang punya rasa pedas dan sering dijumpai bersamaan dengan lauk gudeg. Sambal goreng krecek dibuat dari bahan dasar krecek yang merupakan kerupuk kulit sapi atau kerbau. Nantinya krecek akan dimasak dengan bumbu pedas dan santan. Untuk menambah rasa pedasnya akan ditambahkan cabai rawit utuh. Selain krecek akan ada tambahan kacang tolo hingga tahu cokelat dan tempe bosok.

 

3.  Sate Petir



Sumber: Phinemo.com


Mendengar namanya saja pastinya kita sudah tahu kalau kuliner yang satu ini memang terdengar pedas. Sate petir merupakan sate khas Jogja yang punya rasa sangat pedas. Penamaan nama petir di dalamnya ini menyiratkan kalau kamu menyantapnya pasti seolah sedang tersambar petir saking pedasnya. Sate petir pada dasarnya merupakan sate yang dibuat dari bahan dasar daging sapi atau kambing yang dibakar hingga matang lalu diberi kecap manis dan irisan cabai rawit yang sangat banyak.

 

4. Ayam Geprek



Sumber: Pergkuliner.com


Selanjutnya ada ayam geprek yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ayam geprek merupakan kuliner pedas khas Jogja yang dibuat dari bahan dasar ayam yang goreng, bisa dengan dilumuri balutan tepung atau tidak. Nantinya setelah digoreng kering, ayam akan digeprek dan dilumuri dengan sambal pedas yang pastinya dibuat dari cabai rawit serta bawang. Dikarenakan ayam geprek sangat populer, ada banyak inovasi ayam geprek seperti diberi tambahan keju mozarella hingga diberi saus telur asin.

 

5. Mangut Lele



Sumber: bakpiakukustugu.co.id


Kuliner pedas khas Jogja yang terakhir adalah mangut lele. Mangut lele adalah kuliner yang dibuat dari bahan dasar ikan lele yang sudah dibumbui lalu digoreng hingga matang dan diguyur dengan bumbu pedas. Bumbu pedas ini dibuat dari rempah-rempah khas Indonesia yang diberi santan dan cabai rawit sehingga  rasanya menjadi sangat pedas. Mangut lele lebih sering disantap malam hari karena rasa pedas yang membuat kamu berkeringat bisa menghangatkan tubuh.

 

Bagaimana menurutmu tentang kuliner pedas khas Jogja yang ada di atas? Manakah di antaranya yang paling ingin kamu konsumsi?

Warung MJS

Foto Warung MJS
Foto Warung MJS
Foto Warung MJS

Seblak Sultan

Foto Seblak Sultan
Foto Seblak Sultan
Foto Seblak Sultan

Seblak Jeletet Pademangan 4

Foto Seblak Jeletet Pademangan 4
Foto Seblak Jeletet Pademangan 4
Foto Seblak Jeletet Pademangan 4

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Gudeg Pak Atmo

Foto Gudeg Pak Atmo
Foto Gudeg Pak Atmo
Foto Gudeg Pak Atmo

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
NWbwOqvsPMZlBC
gabrielmason6654@gmail.com | 04 Jun 2022 pk. 04:00 AM
Foto user umum
RKtumErU
gabrielmason6654@gmail.com | 04 Jun 2022 pk. 04:00 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?