Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Korea Ini Dibuat dari Mentimun yang Cocok untuk Diet

List Artikel
11 Agustus 2023 | 0 Komentar

Kuliner Korea merupakan salah satu kuliner dari negara Asia yang sangat populer di Indonesia. Teman Kuliner bisa menjumpai deretan restoran Korea yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Keberadaan kuliner Korea ini semakin menjamur semenjak industri K-pop dan K-drama mulai digemari oleh masyarakat kita. Tak heran kalau ada beberapa kuliner khas Korea yang dikenal oleh masyarakat luas seperti kimbab, tteokpokki, ramyun, odeng, dan sebagainya. 


Kali ini kita tidak akan membahas kuliner-kuliner yang populer tersebut melainkan kuliner khas Korea yang dibuat dari bahan dasar mentimun. Kuliner khas Korea yang dibuat dari mentimun ternyata ada banyak ragamnya. Hal ini dikarenakan mentimun sangat mudah dijumpai di Korea dengan harga yang murah sehingga terdapat banyak olahan mentimun dengan rasa yang berbeda. Mentimun memiliki kandungan gizi dan kadar air yang tinggi sehingga cocok disantap sebagai kuliner untuk diet. Yuk kita bahas sama-sama!


1. Oi Naengguk



Sumber: Koreanbapsang.com


Oi naengguk menjadi kuliner khas Korea pertama yang terbuat dari bahan dasar mentimun. Oi naengguk adalah sup mentimun yang disajikan dalam keadaan dingin sehingga banyak disantap saat musim panas karena bisa berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh. Oi naengguk dibuat dari irisan mentimun yang dicampur dengan kecap asin, cuka beras, bawang putih, biji wijen, dan sebagainya. Keunikan dari oi naengguk ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan es batu sehingga sup tetap dingin saat disantap.


2. Oi Bokkeum



Sumber: Koreanbapsang.com


Oi bokkeum merupakan olahan tumis mentimun yang sering disantap sebagai lauk saat makan nasi. Rasa oi bokkeum cenderung memiliki tekstur yang garing renyah karena ditumis setengah matang. Sementara untuk rasanya cenderung gurih. Untuk membuatnya, mentimun yang sudah dicuci bersih harus diiris-iris terlebih dahulu lalu ditumis bersama dengan minyak wijen, bawang putih cincang, garam, dan biji wijen. Oi bokkeum banyak disantap sebagai lauk untuk makan siang hingga makan malam.

 

3. Oisobagi Kimchi



Sumber: Koreanbapsang.cpm


Selanjutnya ada oisobagi kimchi yang merupakan salah satu kimchi khas Korea. Oisobagi kimchi dibuat dari mentimun utuh yang bagian atasnya dipotong tidak putus lalu dibumbui dengan bubuk cabai Korea, kucai, bawang putih, irisan wortel, bawang bombay, kecap ikan, gula, garam, dan biji wijen. Setelah semua bumbu dicampur dan dioleskan ke seluruh bagian mentimun, oisobagi kimchi kemudian didiamkan atau difermentasikan dalam jangka waktu yang cukup lama. Layaknya kimchi pada umumnya, oisobagi kimchi memiliki rasa yang cenderung pedas, asam, dan manis.


4. Oi Muchim



Sumber: Takestwoeggs.com


Oi muchim sering kali salah dikenali sebagai oisobagi kimchi karena keduanya sama-sama dibuat dengan campuran bubuk cabai. Oi muchim merupakan salad mentimun khas Korea yang dibuat dari irisan mentimun, bubuk cabai, bawang putih, garam, cuka, minyak wijen, garam, dan biji wijen. Berbeda dengan kimchi yang harus didiamkan terlebih dahulu, oi muchim ini bisa langsung dikonsumsi setelah mentimun dicampurkan dengan bumbu-bumbu lainnya.


5. Oi Janggaji



Sumber: Koreanpabsang.com


Kuliner khas Korea dari mentimun yang terakhir adalah oi janggaji. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar mentimun yang difermentasikan seperti kimchi. Meski demikian, keduanya ini berbeda karena oi janggaji tidak memiliki rasa pedas. Bisa dikatakan kalau oi janggaji ini termasuk dalam kategori acar sayur khas Korea karena rasanya cenderung asam dan gurih. Untuk membuatnya, oi janggaji dibuat dari mentimun yang diiris dan dicampurkan dengan bawang putih, madu, kecap asin, biji wijen, dan sebagainya. Oi janggaji banyak disantap sebagai pendamping makan ramen atau mie khas Korea lainnya.

 

Itulah beberapa kuliner khas Korea yang dibuat dari mentimun. Buat yang ingin mencicipi aneka kuliner khas Korea lainnya, PergiKuliner sudah siapkan rekomendasi restoran Korea buat kamu. Nikmati kelezatan hidangan tradisional seperti Kimchi, Bibimbap, Samgyeopsal, dan masih banyak lagi di restoran-restoran terbaik di bawah ini!

Korean House

Foto Korean House
Foto Korean House
Foto Korean House

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Mi Sik Ga

Foto Mi Sik Ga
Foto Mi Sik Ga
Foto Mi Sik Ga

Taeyang Sung

Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung

Samwon House

Foto Samwon House
Foto Samwon House
Foto Samwon House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?