Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah 5 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil

List Artikel
18 Februari 2017 | 0 Komentar

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si bayi yang dikandung dalam perutnya. Untuk itu, para ibu hamil harus selektif dalam memilih makanan yang sehat dan bernutrisi. Makanan yang sehat untuk ibu hamil cirinya ialah mengandung beberapa elemen pendukung seperti protein, vitamin, dan kalsium. Makanan yang mengandung ketiga elemen tersebut salah satunya bisa kamu temui dalam kandungan ikan. Tetapi jenis ikan apakah yang baik dan aman dikonsumsi oleh  ibu hamil? Yuk simak ulasan mengenai jenis ikan yang baik untuk ibu hamil berikut ini!


1. Ikan Teri



Sumber: www.alodokter.com


Ikan pertama yang dikategorikan aman untuk ibu hamil adalah ikan teri. Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang berukuran kecil dan umumnya sudah mengalami proses pengasinan. Ikan teri bisa dikatakan baik untuk nutrisi ibu hamil karena di dalam ikan ini terkandung sumber protein, fosfor, mineral, dan zat besi yang berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi calon bayi. Jadi, sebisa mungkin para ibu hamil dianjurkan untuk sering mengkonsumsi ikan teri, setidaknya sesekali pada awal masa kehamilan.


2. Ikan Sarden



Sumber: resepcaramemasak.info


Ikan yang tergolong baik untuk ibu hamil berikutnya adalah ikan sarden karena ikan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Disamping itu, ikan sarden ini juga memiliki kadar merkuri yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal yang perlu diperhatikan adalah hindarilah kemasan sarden yang mengandung zat sodium karena hal itu bisa memberikan dampak buruk bagi kehamilan.


3. Ikan Salmon



Sumber: allrecipes.com 


Di antara Teman PergiKuliner pasti ada yang sudah pernah atau bahkan sering menyantap hidangan dari ikan salmon. Nah ikan salmon ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengapa? Karena di dalam ikan jenis ini banyak terkandung nutrisi baik seperti zat omega 3, EPA, dan DHA yang berperan penting untuk menjaga proses pertumbuhan neurologis pada bayi yang dikandung. Selain itu, ikan salmon juga rendah merkuri dan juga membantu pembentukan otak serta kecerdasan pada anak.


4. Ikan Mas



Sumber: www.resepsimbok.com 


Salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi oleh orang adalah ikan mas. Meskipun ikan jenis ini terkenal memiliki tulang halus yang banyak, namun tetap saja penggemarnya banyak. Ikan mas mengandung nutrisi yang baik dan aman untuk ibu hamil. Kandungan protein, vitamin, kalsium dan fosfor pada ikan ini sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga bayi yang dikandung. Maka sering-seringlah para ibu hamil untuk mengkonsumsi ikan mas ya.


5. Ikan Lele



Sumber: PergiKuliner.com


Siapa yang mengira jika ikan lele atau biasa dijuluki ikan berkumis ini ternyata memiliki kandungan bergizi yang sangat penting untuk ibu hamil. Ikan lele mengandung protein dan lemak baik yang bisa memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Di samping itu, ikan lele juga kaya akan fosfor dan mineral yang bisa membantu pembentukan tulang pada bayi. Serta yang terpenting pula, kandungan kalium pada ikan lele dapat menjaga tekanan darah dan jantung pada ibu hamil. Jadi, sangat aman bukan? Para ibu hamil tentunya tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya.

Lele Bakar 88 Organik

Foto Lele Bakar 88 Organik

Lucky Cat Coffee & Kitchen

Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen
Foto Lucky Cat Coffee & Kitchen

Ippeke Komachi

Foto Ippeke Komachi
Foto Ippeke Komachi
Foto Ippeke Komachi

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Lele Crispy

Foto Lele Crispy

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?