Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner yang Cocok Dikonsumsi Saat Hari Pertama Haid

List Artikel
11 Agustus 2023 | 0 Komentar

Hari pertama haid merupakan salah satu hari yang terasa sangat menyiksa bagi banyak perempuan. Pasalnya, pada hari pertama haid, akan ada banyak keluhan yang dirasakan oleh perempuan, mulai dari kram perut, lelah, pegal pada area pinggang, perubahan mood, dan sebagainya. Hal ini dipengaruhi oleh hormon yang terjadi pada tubuh. Perubahan hormon yang tidak seimbang memang bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, hal ini sebenarnya bisa diminimalisasikan dengan mengonsumsi kuliner yang cocok untuk mengurangi efeknya. Di bawah ini, kita akan membahas beberapa kuliner yang cocok dikonsumsi saat hari pertama haid.

 

1. Cokelat Hitam



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner pertama yang cocok dikonsumsi saat hari pertama haid adalah cokelat hitam. Di dalam cokelat hitam, terkandung magnesium yang bagus untuk tubuh karena tidak hanya bisa membantu meredakan kram perut, tapi juga bisa meningkatkan mood saat hari pertama haid. Di dalam cokelat hitam juga terdapat kandungan serat dan antioksidan yang bisa membuat tubuh merasa lebih baik. Cokelat hitam bisa kamu jumpai dalam bentuk camilan seperti kue, biskuit atau snack bar, dan juga aneka minuman seperti minuman cokelat hitam hangat.


2. Kacang-kacangan



Sumber: bbcgoodfood.com


Selain cokelat hitam, ada kacang-kacangan yang juga cocok dikonsumsi saat hari pertama haid. Kacang-kacangan mengandung serat dan protein tinggi sehingga bisa membantu meredakan rasa nyeri dan melancarkan haid secara alami. Kamu bisa menyantap kacang-kacangan yang sudah diolah dengan cara dipanggang atau diolah menjadi beragam makanan seperti dijadikan topping pada smoothie bowl hingga tambahan isi pada chocolate bar. Semua jenis kacang baik untuk dikonsumsi, tapi kacang almond, walnut, hingga kenari yang paling cocok untuk dikonsumsi saat hari pertama haid.

 

3. Alpukat



Sumber: jessicagavin.com


Selanjutnya, ada alpukat yang juga cocok dikonsumsi pada hari pertama haid. Alpukat merupakan buah yang mengandung asam lemak tak jenuh sehingga bisa mengurangi peradangan dan memperbaiki keseimbangan hormon pada saat haid. Dengan begitu, rasa sakit pada saat haid bisa berkurang. Buah alpukat bisa dikonsumsi begitu saja atau dijadikan sebagai minuman seperti jus, atau dijadikan smoothie bowl yang dipadukan dengan kacang-kacangan.

 

4. Pisang



Sumber: medicalnewstoday.com


Tidak hanya alpukat, ada juga pisang yang bisa kamu konsumsi saat hari pertama haid. Pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan kalium yang sangat tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa mengurangi kram perut dan rasa nyeri saat hari pertama haid. Selain itu, buah pisang juga dapat menstabilkan suasana hati sehingga mood kamu bisa menjadi lebih baik. Pisang bisa disantap begitu saja atau diolah lagi menjadi minuman hingga smoothie. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan buah alpukat serta kacang-kacangan untuk dijadikan smoothie bowl.

 

5. Sayuran Hijau



Sumber: verywellfit.com


Kuliner terakhir yang cocok dikonsumsi saat hari pertama haid adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang sangat tinggi sehingga bisa membantu menyeimbangkan hormon dan mencegah terjadinya anemia dan pusing pada saat hari pertama haid. Sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi adalah bayam, kangkung, sawi hijau, pakcoy, kale, daun selada, dan sebagainya. Sayuran hijau ini bisa dikonsumsi dalam aneka olahan kuliner seperti lalapan, sayur kuah bening, hingga tumisan.

 

Wah, ternyata ada banyak juga kuliner yang cocok dikonsumsi saat hari pertama haid. Apakah kamu ingin mencoba salah satu di antaranya saat hari pertama haid? Jika ingin mencicip salah satu kuliner yang cocok disantap saat hari pertama haid, kamu bisa mampir ke salah satu tempat kuliner yang ada di bawah ini!

The RR Chocolate

Foto The RR Chocolate
Foto The RR Chocolate
Foto The RR Chocolate

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Nutrisi Cafe

Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?