Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Tradisional Segar dari Santan Kelapa yang Cocok untuk Takjil

List Artikel
5 April 2023 | 0 Komentar

Indonesia memiliki banyak minuman tradisional segar yang bisa dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Minuman tradisional Indonesia kebanyakan dibuat dengan bahan campuran santan kelapa. Hal ini dikarenakan santan kelapa sangat mudah untuk didapat dan harganya juga sangat murah. Salah satu alasan mengapa banyak minuman tradisional menggunakan santan kelapa adalah karena awalnya masyarakat Indonesia ingin menggantikan susu yang ada dalam minuman dengan santan kelapa karena harga susu dulunya termasuk minuman yang mahal sehingga sulit dijangkau oleh semua kalangan. Dengan menambahkan santan kelapa di dalam minuman tradisional, maka rasa dari minuman akan menjadi lebih legit dan creamy. Dari sekian banyak minuman tradisional segar dari santan kelapa, ada lima yang cocok untuk dijadikan sebagai takjil karena mengenyangkan dan isiannya beragam, yaitu:

 

1. Es Cendol



Sumber: pergikuliner.com


Minuman tradisional segar dari santan kelapa yang pertama adalah es cendol. Es cendol merupakan minuman khas Jawa Barat yang dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan air daun suji dan daun pandan sehingga warnanya menjadi hijau. Ciri khas es cendol adalah bentuknya yang panjang meruncing dengan tekstur yang kenyal. Es cendol disajikan bersama kuah santan, sirup gula merah, irisan nangka, dan alpukat. Selain nangka, es cendol juga kerap kali disajikan bersama dengan tape singkong dan daging buah durian.

 

2. Es Selendang Mayang



Sumber: fibercream.com


Es selendang mayang merupakan minuman tradisional segar dari santan kelapa yang hingga kini masih sering dijumpai di pasar tradisional hingga pedagang kaki lima pinggir jalan. Pedagang es selendang mayang masih menjajakan dagangannya dengan cara dipikul menggunakan kayu. Minuman asal Betawi ini dibuat dari campuran puding atau kue lapis yang dibuat dari tepung sagu aren atau hunkue yang diberi tiga warna, yakni warna hijau, putih, dan merah. Saat akan disajikan, kue lapis tiga warna akan dipotong-potong lalu disajikan dengan kuah santan dan sirup gula merah.

 

3. Es Laksamana Mengamuk



Sumber: bertuahpos.com


Selanjutnya ada es laksamana mengamuk yang berasal dari daerah Riau. Es laksamana mengamuk merupakan minuman tradisional segar yang di dalamnya terdapat campuran dari santan kelapa encer. Minuman ini berbahan dasar buah mangga kuini atau kweni yang dipotong kecil-kecil lalu ditambahkan kuah santan yang sudah dimasak dengan gula pasir. Untuk melengkapi tampilannya, es laksamana mengamuk ini kerap kali ditambahkan dengan daging kelapa muda, selasih, dan pastinya es batu untuk menambah kesegarannya.

 

4. Es Jaipong



Sumber:dream.co.id


Es Jaipong merupakan salah satu minuman tradisional segar dari santan kelapa yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini dibuat dari bahan dasar adonan hunkue, cincau hitam, mutiara, jenang hijau, dan tape singkong yang nantinya akan disiram dengan kuah santan dan sirup gula aren. Rasanya manis dan legit karena campuran dari sirup gula merah yang ada di dalamnya. Selain rasa manis, juga ada sedikit rasa asam karena adanya tape singkong dalam campurannya.

 

5. Es Goyobod



Sumber: pikiran-rakyat.com


Minuman tradisional segar dari santan kelapa yang terakhir adalah es goyobod. Minuman yang juga berasal dari Bandung ini terbuat dari bahan dasar tepung hunkue yang dimasak dengan air dan dibentuk kotak. Adonan tepung hunkue yang sudah matang ini akan disajikan bersama dengan santan kelapa, tape singkong, kolang-kaling, daging kelapa muda, alpukat, dan mutiara. Dengan isiannya yang banyak, kamu pasti akan kenyang menyantapnya.

 

Itulah beberapa minuman tradisional segar dari santan kelapa yang cocok untuk dijadikan sebagai minuman takjil. Dari kelimanya manakah yang paling ingin kamu santap untuk menu berbuka nanti? Berikut ini, PergiKuliner punya rekomendasi minuman tradisional yang bisa kamu jadikan takjil untuk menu buka puasa!

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

Cendol Pandan

Foto Cendol Pandan
Foto Cendol Pandan
Foto Cendol Pandan

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Sinar Garut

Foto Sinar Garut
Foto Sinar Garut
Foto Sinar Garut

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?