Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Museum di Jakarta Rekomendasi Tempat Rekreasi Bersejarah

List Artikel
31 Agustus 2018 | 0 Komentar
Mendengar kata museum pastinya kamu berpikir itu merupakan salah satu tempat bersejarah yang menyimpan berbagai macam benda bersejarah atau menjadi saksi bisu dari berbagai kejadian pada masa lalu. Untuk itulah menghabiskan waktu untuk jalan-jalan ke museum sangat bagus dilakukan karena bisa menambah pengetahuan kamu tentang sejarah-sejarah yang ada di Indonesia atau bahkan di seluruh dunia. Nah, kalau pekan ini kamu berencana jalan-jalan yang edukatif, kamu bisa mengunjungi beberapa museum bersejarah yang sudah PergiKuliner rangkum di bawah ini!

1. Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah)


Sumber : Turwisatajakarta.com

Salah satu museum yang menjadi kebanggaan orang Jakarta adalah Museum Nasional Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Museum Gajah. Museum Gajah ini merupakan sebuah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum Gajah menawarkan wisata budaya dan sejarah dimana di museum ini memiliki koleksi peninggalan dari berbagai era seperti  keramik dari dinasti Han, Tang dan Ming yang menjadi salah satu koleksi keramik terbesar di dunia, keramik-keramik Asia Tenggara dan juga benda-benda kebudayaan Hindu Jawa.

2. Museum Fatahillah


Sumber : Jejakpiknik.com

Nama Museum Fatahillah sudah pasti tidak asing di telinga orang Jakarta, letaknya yang berada di kawasan wisata Kota Tua ini sudah pasti sering menjadi pusat pariwisata bersejarah dan beredukasi yang banyak dikunjungi masyarkat baik dari Jakarta maupun dari luar Jakarta. Museum Fatahillah ini dulunya merupakan Balai Kota (Stadhuis) yang diresmikan oleh Gubernur Jendral Abraham Van Riebeeck pada tahun 1710. Museum Fatahillah menyimpan 23.500 koleksi barang bersejarah, baik dalam bentuk benda asli maupun replika seperti Prasasti Ciaruteun peninggalan Tarumanagara, Meriam Si Jagur, Patung Dewa Hermes dan ada pula berupa sel tahanan  tahanan dari Untung Suropati (1670) dan Pangeran Diponegoro (1830) yang terkenal dengan suasana mencekamnya. 

3. Museum Sumpah Pemuda


Sumber : Finrollnews.com

Museum Sumpah Pemuda merupakan sebuah museum yang dibangun agar masyarakat mengingat sejarah panjang Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tangal 28 Oktober. Museum ini dulunya merupakan sebuah rumah yang ditinggali oleh Sie Kong Liang yang didirikan pada awal abad ke-20. Pada tahun 1908 bangunan yang juga dikenal dengan Gedung Kramat 106 pelajar Stovia (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) dan RHS (Rechts Hooge School) sebagai tempat tinggal dan dikenal dengan nama Commensalen Huis. Sejak saat itulah, kepemilikan gedung ini berubah-ubah. Dan sejak tahun 1927  Gedung Kramat 106 ini digunakan oleh berbagai organisasi Pemuda sebagai bentuk pergerakan. Dan di gedung ini pula lah muncul pergerakan-pergerakan yang dikenal dengan Kongres Pemuda dan juga menghasilkan keputusan yang sekarang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi


Sumber : Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau yang biasa disingkat dengan Munasprok merupakan salah satu museum paling bersejarah di Jakarta. Museum ini merupakan tempat awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Awalnya Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini merupakan tempat tinggal Laksamana Muda Jepang yang bernama Tadashi Maeda untuk dijadikan tempat tinggal bersama dengan keluarganya. Dan saat itulah gedung ini menjadi saksi bisu diantara Ir Soekarno, Mohammad Hatta dan Ahmad Soebardjo dalam merumuskan naskah proklamasi dan kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Maka dari itulah, rumah peninggalan Laksamana Maeda ini kini dijadikan sebagai museum paling bersejarah di Indonesia.

5. Museum Kebangkitan Nasional


Sumber : Idsejarah.net

Museum Kebangkitan Nasional dibangun pada tahun 1899. Sebelum menjadi museum seperti yang kita kenal sekarang ini, gedung ini dahulunya diperuntukan sebagai gedung sekolah dan asrama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA), atau Sekolah Dokter Bumiputra. Untuk itulah, di dalam museum ini kamu bisa menemukan berbagai peralatan kedokteran pada zaman dahulu. Selain itu sari STOVIA lah muncul berbagai organisasi-organisasi kemerdekaan seperti Boedi Oetomo yang didirikan oleh Dr Sutomo dan beberapa Pahlawan Nasional Indonesia seperti Tjipto Mangunkusumo pernah menimba ilmu di sini. Bisa di bilang gedung ini menjadi saksi lahirnya para pahlawan-pahlawan dalam bidang kesehatan di Indonesia. 

Itu dia lima museum bersejarah di Jakarta yang bisa kamu kunjungi ketika ingin rekreasi edukatif untuk menambah wawasan kamu. Nah, biasanya sehabis jalan-jalan perut kamu akan merasa lapar bukan? Maka dari itu yuk buka aplikasi PergiKuliner kamu dan cari tempat makan di sekitar kamu melalui fitur "Cari Sekitarku" dari PergiKuliner atau kamu bisa langsung lihat rekomendasinya di bawah ini!

Cafe Batavia

Foto Cafe Batavia
Foto Cafe Batavia
Foto Cafe Batavia

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Happy Day

Foto Happy Day
Foto Happy Day
Foto Happy Day

Plataran Menteng

Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng

Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Jakarta

Foto Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Jakarta
Foto Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Jakarta
Foto Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Jakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?