Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Negara Penghasil Keju Terbaik di Dunia yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
5 Agustus 2016 | 0 Komentar
Berbicara keju, kita pasti akan teringat akan gizi dan manfaatnya untuk tubuh. Keju terbuat dari zat-zat padat yang terdapat pada susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu seperi protein, vitamin, mineral, kalsium, serta fosfor. Kepopuleran keju di dunia membuat makanan yang satu ini memiliki berbagai macam jenis tergantung dari negara penghasilnya. Dari sekian banyak varian keju yang berbeda di dunia, ada lima negara yang terkenal mempunyai keju terbaik. Negara mana saja ya? Simak ulasannya berikut ini:


1. Keju Gouda dari Belanda


Sumber: topfoodfacts.com

Belanda memang tak lepas dari penyandang predikat penghasil keju terbaik di dunia. Salah satu keju yang paling terkenal dari Belanda adalah keju gouda yang terbuat dari susu yang dipanaskan hingga zat-zat padat susu terbentuk. Nama gouda sendiri berasal dari nama kota Gouda yang ada di Holandia Selatan, Belanda. Tak seperti keju lainnya yang mempunyai rasa asin gurih, keju gouda memiliki rasa tambahan manis karena proses penghilangan sebagian asam laktat. Keju gouda di Indonesia disebut sebagai keju edam


2. Blue Cheese Stilton dari Inggris


Sumber: www.traditionalcheese.ie

Varian keju yang satu ini tak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Blue Cheese alias keju biru ini tergolong dalam golongan keju klasik yang berasal dari Colston Basset, Nottingham, Inggris. Keju biru Stilton yang ada di Colston Basset mempunyai tambahan rasa manis dan lebih creamy dibanding keju biru di wilayah lainnya. 


3. Keju Manchego dari Spanyol


Sumber: www.thespanishhamper.co.uk

Keju manchego memiliki tekstur yang lebih keras dan padat seperti lilin karena menggunakan susu domba atau kambing sebagai bahan bakunya sehingga rasa keju manchego ini jadi sangat tajam. Konon, katanya keju manchego ini ada di Spanyol sejak zaman perunggu atau sekitar 8000 tahun yang lalu lho. Keju manchego biasanya disantap begitu saja dengan olesan madu.


4. Keju Durrus dari Irlandia


Sumber: www.westcorkconnection.com

Penyuka keju dengan rasa alami pasti akan suka dengan keju durrus yang dihasilkan oleh pabrik susu Durrus Farmhouse Cheese di Cork, Irlandia. Pabrik ini sudah beroperasi sejak tahun 1979 dan masih memproduksi keju dengan cara tradisional yakni dengan tangan. Suhu udara yang rendah serta kelembapan di Cork membuat keju ini mengeluarkan aroma alam dan memberikan cita rasa rempah. 


5. Keju Harbison dari Amerika Serikat


Sumber: www.jasperhillfarm.com

Keju harbison merupakan keju krim yang berasal dari peternakan Jasper Hill di Greensboro, Vermont, Amerika Serikat. Tempat ini seringkali dijadikan tempat pelatihan bagi para pembuat keju. Keju harbison jadi keju paling laris di Amerika Serikat karena terbuat dari susu sapi dengan aroma khas pedesaan. Cara menyantap keju harbison adalah dengan mengupas bagian atas dan menyendok krim keju langsung dari kulit yang menjadi wadahnya.

Jeans Chili Chicken

Foto Jeans Chili Chicken
Foto Jeans Chili Chicken
Foto Jeans Chili Chicken

Arasseo

Foto Arasseo
Foto Arasseo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?