Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Ada Cabai, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Makananmu Jadi Pedas

List Artikel
9 September 2020 | 0 Komentar

Bagi para penggemar makanan pedas, cabai merupakan salah satu makanan wajib yang tak boleh ketinggalan pada saat menyantap sesuatu. Mulai dari mencampur makanan dengan tambahan sambal, memakan gorengan dengan cabai rawit, hingga mencocolnya dengan saus sambal botolan. Cabai memang memilikicitarasa pedas yang dihasilkan dari senyawa capcaisinnya. Tapi ternyata ada bahan makanan lain yang juga punya cita rasa atau menghasilkan sensasi rasa pedas seperti cabai loh. Jadi kalau harga cabai sedang naik di pasaran, kamu bisa menggunakan bahan-bahan ini dalam santapan makanmu supaya bisa merasakan sensasi cita rasa pedas. Coba langsung lihat yuk apa saja bahan makanan yang  bisa bikin santapan makanmu jadi pedas!


1. Merica



Sumber: Shopify.com


Bahan makanan pertama adalah merica yang sekaligus merupakan bumbu masakan untuk menambah kelezatan makanan. Sepertinya kita sudah tahu kalau merica bisa menghasilkan cita rasa pedas pada masakan. Meski punya cita rasa pedas, tapi rasa pedas dari merica tak sepedas cabai. Rasa pedas pada merica lebih terasa di tenggorokan, bukan pada lidah. Tapi rasa pedas dari merica ini punya banyak manfaat kesehatan seperti bisa menghangatkan tubuh hingga meredakan flu.


2. Jahe



Sumber: Medicalnewsstoday.com


Jahe menjadi salah satu bahan makanan yang sangat identik dengan rempah yang menyehatkan karena punya cita rasa pedas. Jika merica lebih banyak dijadikan bumbu masakan, jahe tak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga sering digunakan sebagai campuran minuman, cookies, hingga dessert. Sama seperti merica, jahe juga memiliki rasa pedas saat di tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk dan pilek.


3. Pala



Sumber: Misterexportir.com


Masih dengan rempah khas Indonesia, ada pala yang juga menjadi bahan makanan dengan cita rasa pedas. Rasa pedas dari pala tak sepedas cabai, merica, dan jahe. Pala banyak digunakan pada aneka masakan yang menggunakan daging sapi serta ayam dan juga cemilan yang terbuat dari campuran kentang atau daging seperti kroket. Selain rasa pedas, saat menyantap pala, kamu juga bisa merasakan cita rasa manis di dalamnya. Pala bisa dengan mudah dijumpai dalam keadaan bubuk maupun bentuk utuh.


4. Paprika


Sumber: Bukalapak.com


Selanjutnya ada paprika yang menjadi salah satu sayuran selain cabai dengan cita rasa pedas saat kamu menyantapnya. Paprika ini terbagi menjadi tiga jenis, yakni paprika kuning, merah, dan hijau. Dari ketiganya, paprika hijau yang punya cita rasa paling pedas. Sedangkan paprika kuning dan merah punya campuran pedas dan manis. Paprika banyak dijumpai pada olahan tumisan bersama dengan daging, dimasak BBQ, hingga dijadikan topping pizza.


5. Wasabi



Sumber: Medkomtek.com


Terakhir ada wasabi yang asalnya dari Jepang. Wasabi merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa menciptakan sensasi rasa pedas saat disantap. Wasabi lebih sering disantap bersama dengan aneka hidangan laut mentah seperti sushi dan sashimi. Hal ini dikarenakan wasabi bisa menghilangkan bakteri serta racun yang terdapat dalam hidangan laut mentah.


Jadi bukan hanya cabai saja ya yang bisa menciptakan cita rasa pedas pada makanan yang kamu santap. Ada bahan-bahan makanan lainnya yang juga menghasilkan sensasi pedas saat disantap. Menurutmu, dari kelima makanan di atas, manakah bahan makanan yang paling mendekati cita rasa pedasnya cabai?

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Seblak Wae-Atuh

Foto Seblak Wae-Atuh
Foto Seblak Wae-Atuh
Foto Seblak Wae-Atuh

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?