Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Variasi Olahan Kacang Tanah untuk Kudapan Lebaran

List Artikel
23 Mei 2020 | 0 Komentar

Kacang menjadi salah satu makanan yang sangat identik dengan cemilan saat iseng. Di Indonesia, kacang tanah menjadi jenis kacang yang paling banyak dikonsumsi dibanding dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Alasannya adalah karena mudah didapat dan harganya juga sangat terjangkau. Kacang tanah punya bentuk yang kecil dengan tekstur yang sangat garing dan renyah sehingga saat cocok untuk dijadikan cemilan ketika sedang mengobrol bersama dengan teman, bekerja, menonton tv, hingga pada saat iseng saja. Rasanya tak ada orang yang tidak suka menyantap kacang tanah sebagai cemilan. Berhubung banyak disukai, kacang tanah kerap kali muncul pada saat hari raya lebaran karena dijadikan sebagai snack untuk disuguhkan kepada tamu dan keluarga. Tapi tentu saja dalam wujud yang berbeda-beda sehingga membuat kita tidak bosan menyantapnya. Ada setidaknya lima variasi olahan kacang tanah yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk kudapan lebaran nanti, yaitu:


1. Kacang Bawang



Sumber: Resepkoki.id


Pertama ada kacang bawang yang menjadi variasi olahan kacang tanah paling umum saat lebaran. Sesuai dengan namanya, kacang bawang ini dibuat dengan campuran bawang di dalamnya. Bawang yang digunakan adalah bawang putih. Penambahan bawang putih membuat aroma kacang menjadi lebih wangi dan citarasanya jadi lebih lezat. Selain itu, biasanya akan ada tambahan santan dan garam yang digunakan untuk merendam kacang sehingga rasanya jadi tambah gurih.


2. Kacang Telur



Sumber: Resepkoki.id


Selain kacang bawang, ada kacang telur yang juga sama-sama menjadi kudapan favorit saat lebaran. Kacang telur ini punya tampilan yang berbeda dengan kacang bawang karena ada lapisan lagi di bagian luar kacang. Sebelum digoreng, kacang dibalur dengan campuran tepung terigu, tepung tapioka, telur, bawang putih, garam, dan sedikit gula. Setelah dibalur adonan tersebut, barulah kacang digoreng sehingga bagian luarnya agak keriting. Rasanya gurih dan manis dengan tekstur yang lebih empuk dibanding kacang bawang karena lapisan luarnya membuat bagian dalam empuk.


3. Enting Kacang



Sumber: Kulineria.id


Bagi masyarakat Jawa pastinya sudah tak asing lagi dengan olahan kacang tanah yang satu ini. Enting kacang banyak dijumpai di toko oleh-oleh, tapi kamu juga akan menjumpainya pada saat lebaran. Enting kacang dibuat dari campuran kacang tanah yang sudah disangrai lalu ditumbuk kasar lalu dicampur dengan adonan karamel gula dan dipadatkan kembali untuk dicetak. Enting kacang punya sebutan lain yakni ting-ting atau teng-teng. Bentuknya kebanyakan kotak panjang dengan tekstur garing dan legit.


4. Ampyang



Sumber: Blibli.com


Berikutnya ada ampyang yang seringkali salah dijuluki sebagai enting kacang. Buat yang belum tahu perbedaannya, ampyang punya bentuk bulat dan lebih tebal. Kacang yang digunakan juga utuh. Selain itu, rasanya sangat berbeda. Ampyang dibuat dengan menggunakan campuran gula merah, kayu manis, dan jahe sehingga aromanya lebih wangi dan cita rasanya lebih berempah karena ada rasa pedas-pedasnya. Sama seperti enting kacang, selain saat lebaran, ampyang juga biasanya kerap kali dijumpai di toko oleh-oleh.


5. Kue Kacang



Sumber: Resepkoki.id


Terakhir ada kue kacang yang termasuk dalam jajaran kue kering khas lebaran. Kue kacang ini memiliki bentuk yang bermacam-macam, ada yang berbentuk bunga dan ada yang hanya berbentuk bundar pipih. Dari luarnya kue kacang memang terlihat padat dan agak keras karena ada taburan kacang di atasnya, tapi saat digigit, kue kacang akan langsung hancur karena teksturnya empuk.

 

Ada banyak bukan olahan kacang tanah yang bisa dijadikan sebagai snack lebaran? Dari kelimanya ini, manakah yang ingin kamu santap saat hari lebaran?

Makaroni Ngehe

Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Magi Planet

Foto Magi Planet
Foto Magi Planet
Foto Magi Planet

Pisang Original

Foto Pisang Original
Foto Pisang Original
Foto Pisang Original

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?