Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Tips Jaga Berat Badan Saat Puasa Meski Makan Makanan Manis

List Artikel
25 Maret 2024 | 0 Komentar

Bulan Ramadhan telah tiba. Bagi seorang Muslim, melaksanakan ibadah puasa menjadi hal yang wajib dilakukan saat bulan puasa. Meski berpuasa, uniknya sebagian besar dari kamu pasti berat badannya ada yang bertambah. Pasalnya saat berbuka puasa, kita cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis dengan tujuan bisa mengembalikan kadar gula darah di dalam tubuh dan juga untuk mengembalikan tenaga. Ditambah lagi kita cenderung tidak bisa mengontrol nafsu makan karena kalap menyantap aneka makanan manis saat berbuka. 


Selain makanan berlemak, makanan manis bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya berat badan saat puasa. Tapi tenang saja, karena ternyata ada tips dan trik supaya berat badan tidak naik saat puasa karena makan makanan manis. Yang mau jaga berat badan, simak tipsnya di bawah ini ya!


1. Minum Air Putih yang Cukup



Sumber: Medicalnewstoday.com


Tips yang pertama adala minum air putih yang cukup. Meski berpuasa, tubuh tetap membutuhkan asupan air putih sebanyak 7-8 gelas per harinya. Dengan begitu sistem metabolisme tubuh akan tetap terjaga dengan baik. Jika metabolisme bagus, maka tubuh bisa memproses makanan dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan lemak yang berlebihan. Dengan mengonsumsi cukup air putih, maka keinginan kamu untuk mengonsumsi makanan manis juga berkurang karena perut sudah penuh terisi air putih.


2. Makan Buah dan Sayur



Sumber: Istockphoto.com


Selain minum air putih yang cukup, kamu juga bisa mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Buah dan sayur sangat kaya akan kandungan seratnya. Dengan begitu bisa membuat perut kenyang lebih lama. Jika perut terasa kenyang lebih lama, pastinya keinginan kamu untuk makan makanan manis bisa berkurang. Ditambah lagi, kandungan serat dalam buah dan sayur juga bisa mengikat lemak dari makanan manis yang kamu konsumsi.


3. Hindari Makan Makanan Kemasan



Sumber: nyt.com


Selalu hindari makan makanan kemasan ketika berbuka puasa maupun makan sahur. Makanan manis sudah mengandung kandungan lemak yang tinggi, jika Teman Kuliner mengonsumsi makanan kemasan, maka kadar lemak dalam tubuh bisa bertambah banyak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk mengonsunsi makan makanan kemasan seperti makanan kering snack, sarden, kornet, sosis, bakso, dan lain sebagainya. Lebih baik Teman Kuliner menyantap makanan yang langsung dibuat seperti makanan tradisional Indonesia hingga makanan rumah.

 

4. Hindari Penggunaan Makanan Berkrim



Sumber: Cookieandkate.com


Tips dan trik agar berat badan tak naik saat puasa meski makan makanan manis adalah selalu hindari makanan manis yang menggunakan krim. Krim bisa menambah kadar lemak dalam sajian manis yang kamu santap. Oleh karena itu, selalu hindari makanan yang berkrim. Selain menghindari makanan berkrim, kamu juga bisa menghindari makanan yang menggunakan milk chocolate atau white chocolate karena ada kandungan gula lebih di dalamnya. Sebaliknya pilihlah makanan yang menggunakan dark chocolate karena minum kandungan gulanya.

 

5. Makan dalam Porsi Dikit Tapi Sering



Sumber: Dailymail.co.uk


Tips dan trik agar berat badan tak naik saat puasa adalah makan dalam porsi sedikit tapi sering. Dengan begitu, tubuh bisa mencerna pelan-pelan makanan manis yang dikonsumsi. Kandungan lemak dari makanan manis yang masuk ke dalam tubuh juga  bisa tidak menumpuk. Kamu bisa menyantap makanan manis dengan porsi sedikit dan diselingi dengan minum air putih. Dengan begitu kamu bisa mencegah agar berat badan tidak naik.


6. Selalu Rutin Berolahraga



Sumber: Unsplash.com


Tips terakhir supaya berat badan tidak naik saat puasa meski makan makanan yang manis adalah selalu rutin untuk berolahraga setiap harinya. Jika berolahraga saat berpuasa akan terasa melelahkan, kamu bisa berolahraga setelah berbuka puasa alias di malam hari. Dengan begitu, lemak yang didapat dari makan makanan manis bisa dibakar saat berolahraga.


Itu dia tips jaga berat badan saat puasa meskipun kamu makan makanan manis saat berbuka. Mengurangi makanan berlemak seperti gorengan juga bisa sangat membantu loh. Buat kamu yang ingin jaga berat badan saat puasa, yuk mulai berbuka dengan aneka makanan dan minuman sehat yang banyak dijual belakangan ini. Seperti beberapa tempat makan dan kedai minuman sehat di bawah ini!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Harmony Salad Bar

Foto Harmony Salad Bar
Foto Harmony Salad Bar
Foto Harmony Salad Bar

Hijoo Salad

Foto Hijoo Salad
Foto Hijoo Salad
Foto Hijoo Salad

Kalegreen Salad Bar

Foto Kalegreen Salad Bar
Foto Kalegreen Salad Bar
Foto Kalegreen Salad Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?