Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Fakta Unik Tentang Pizza yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
21 Desember 2018 | 0 Komentar

Apa yang kamu pikirkan pertama kali kalau mendengar kata Pizza? Pasti langsung terbayang kelezatannya yang selalu bikin nagih kan salah satunya? Berawal dari Naples, Italia, pizza kini menjadi makanan global dan banyak penggemarnya. Bukan cuma kelezatannya yang perlu kamu tau bagi pecinta Pizza, ada lho beberapa fakta unik tentang roti pipih yang memiliki macam-macam topping ini. Yuk simak fakta menariknya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Bulan Nasional Pizza

Setiap bulan Oktober di Amerika Serikat diperingati sebagai Bulan Nasional Pizza! Hari Nasional ini sudah ada sejak tahun 1984 yang diciptakan oleh Gerry Durnell, seorang penerbit majalah bernama “Pizza Today”. 


2. Restoran Pizza

Antica Pizzeria merupakan restoran pizza pertama di dunia. Dibuka di Naples, Italia pada tahun 1738. Sedangkan restoran pizza Amerika pertama dibuka di New York City pada tahun 1905.


3. Organisasi Neapolitan Pizza

Taukah kamu kalau di seluruh dunia ada organisasi untuk mengecek keaslian dari Neapolitan Pizza lho! Organisasi ini telah didirikan sejak tahun 1984. Associazione Verace Pizza Napoletana (True Neapolitan Pizza Association) telah menetapkan aturan khusus yang harus diikuti jika pizzeria (restoran khusus pizza) ingin menyebut produk pizza mereka sebagai otentik Neapolitan.


4. Belum Diketahui Asal Kata Pizza

Menurut sejarahnya, sampai sekarang belum ada yang tau darimana asal kata Pizza. Ada beberapa teori mengenai hal ini, bagi masyarakat Yunani kuno kata pizza berasal dari kata pikte yang berarti kue difermentasi dan pitta yang berarti roti gandum. Menurut warga Itali, menyebut pizza berasal dari pizzacare yang berarti memetik dan mengeluarkan dengan cepat dari oven. Sedangkan masyarakat Jerman dulunya menyebut pizza dari kata pizzo yang artinya sesuap.


5. Pizza Terbesar

Pizza terbesar sepanjang sejarah dibuat pada tanggal 8 Desember tahun 1990 di Johannesburg, Afrika Selatan, dan tercatat dalam Guinnes Book of Records. Ukuran pizza ini sepanjang 123 kaki atau sepanjang 4 meter. Pizza tersbebut dibuat dengan 1.100 pound (5kg) tepung, 1.800 pound (815 kg) keju dan 2.000 pound (906 kg) saus tomat.


6. Pengiriman Pizza Terjauh

Rekor pengiriman Pizza terjauh di dunia dipegang oleh Lucy Clough, salah satu pegawai Domino’s Pizza. Ia mengantarkan pizza vegetarian supreme Domino dengan jarak 16.950 km dari Feltham, London ke 30 Ramsay Street, Melbourne, Australia, pada tanggal 19 November 2004. Butuh 2 hari pizzanya tiba ditujuan! Kira-kira rasanya masih enak ngga ya?


7. Pizza Termahal di Dunia

Pizza dengan harga fantastis yang pernah dinobatkan oleh World Records Academy adalah pizza di Margo's Pizzeria, Republik Malta, yang dijual seharga Rp 21.5 juta. Pizza tersebut memiliki topping yang terdiri dari 50-100 gram jamur white truffle, dilapisi oleh keju mozzarella asli dari susu kerbau, dan dihias dengan daun emas 24 karat! Berani merogoh kocek untuk menyicipi pizza unik ini ngga?

Kalau kamu nggak berani mencicipi pizza termahal di dunia, jangan khawatir! Kamu masih bisa menikmati aneka pizza enak yang harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan pizza yang dihiasi daun emas tersebut. Kini PergiKuliner sudah merangkum beberapa restoran pizza paling recommended, di cek ya!

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Panties Pizza

Foto Panties Pizza
Foto Panties Pizza
Foto Panties Pizza

Pizza Grand Lucky

Foto Pizza Grand Lucky
Foto Pizza Grand Lucky
Foto Pizza Grand Lucky

The Kitchen by Pizza Hut

Foto The Kitchen by Pizza Hut
Foto The Kitchen by Pizza Hut
Foto The Kitchen by Pizza Hut

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?